Cerita MP-ASI Alesha

Sudah sebulan Ale mulai makan. Yeaaay haha..

Semenjak umur 5 bulan, Ale (kayaknya) udah nunjukin kesiapan makannya. Halah. Dia selalu ngejar kalo lihat orang bawa piring. Nemu benda apa pun pasti dimasukin mulut. Haduh haduh. Sampe mama mertua saya nyuruh saya beli biskuit bayi; kasian katanya. Haha. "Bayi jaman dulu juga 4 bulan udah dikasih makan kok". Yang selalu saya tanggapi dengan nyengir doang :D

Gereget banget emang lihat anak yang keliatannya udah pengen banget makan. Tapi yaa idealisnya kan tunggu sampe 180 hari. Semakin kesini, Ale semakin susah dikontrol haha. Sekarang selain ngejar, dia nangis kalo saya jauhin piring ato apa pun yang dia masukin mulut. Hoalah..

Ale mulai makan itu harusnya tanggal 26 Mei 2017. Tapi hari itu, tanggal 24 Mei, tetangga ngasih pepaya. Ketika saya lagi ngupas pepaya, beeeuh itu yang namanya si Alesha busseet ngejaaarr teruuusss kaya orang kelaparan. Nangis parah. Ckckck. Akhirnya bismillah ajalah 178 hari mah ga apapa mereun. Wkwkw. Saya blenderin tuh pepaya buat Ale. Hasilnya? Ogah. Cuma makan beberapa suap. Hahaha. Ale.. Ale..

Akhirnya secara resmi Ale makan tanggal 26 Mei :p
Dasar Ibu sotoy blahbloh banget bikinin makan buat anaknya. Haha. Walaupun sebelumnya baca sana sini, tapi tetep dalam prakteknya, gagap sendiri :D
Yaah namanya juga baru mulai yaah, masih bingung sama tekstur dan takaran. Masih banyak parno ini itu. Yang paling parno sihh takut Ale sembelit. Haha.

Pertama kali makan, saya kasih Ale beras merah. Yang dengan sotoy dan gagapnya langsung dimasak aja, terus bingung sendiri kenapa bentuknya begini. Wkwkw. Yang ternyata harusnya itu beras merah direndem dulu sebelumnya. LOL.

Kebingungan selanjutnya adalah.. Ale duduknya gimana ya? Ale ga punya bouncer, kursi makan pun belum beli. Gimana sihhh persiapan MPASInya buuuk :)) Terus gimana dong? Ale kutaruh di baby bather. Wkwkwkwk. Ngeri-ngeri sedep sih, soalnya itu ga ada seatbeltnya kan. Fokus jadi kebagi-bagi antara nyuapin dan jagain Ale kalo tiba-tiba Ale bergerak. Haha. Rempong.

Setelah dibeliin baby walker sama akung, akhirnya Ale makan di baby walker. Ternyata eh ternyata, anaknya loncat-loncat kesana kemari. Mainin mainan yang ada di baby walkernya. Fuihhh..

Akhirnya setelah 2 minggu makan, Ayah baru sempet beliin kursi makan buat Ale. Yeaayy makasih ayaah~
Pas pertama kali di dudukin di kursi makan, dia bingun. Tapi tenang. Alhamdulillah. kegiatan suap menyuapi jadi sedikit lebih mudah. :D


Sebelum mulai MP-ASI, saya kayaknya stress berat gitu loh mikirin MP-ASI, entah terlalu excited ato terlalu cemas, sampe kebawa mimpi terus. Haha. Excited karena Ale mau makan, cemas karena takut salah ini itu. Yah gitu deh akhirnya kan kejadian tuh kebegoan kayak yang diceritain tadi. Haha.

Saya banyak baca buku dan artikel soal MP-ASI, follow akun IG soal MP-ASI, dan sharing sana sini juga. Semakin mendekati waktu MP-ASI saya malah bingung sendiri. Makanan apa yang harus saya kasih ke Ale pertama kali? Menurut bukunya pa Wied, it's fruits. Tapi menurut buku ensiklopedia mini MP-ASI, apa aja boleh haha. Lalu akhirnya saya sadar kalo pa Wied itu panduannya FC. wkwk blunder deh.

Kalo saya sih yaa ngikutin WHO aja yaah, hehe. Soal metode, saya lebih memilih konvensional aja sih; disuapin! Wkkwk. Udah mah saya orangnya males berantakan (bersih-bersihnya sih tepatnya), saya juga belum siap kalo Ale keselek -__-". Karena cuma berdua doang ma Ale, saya takut kalo saya ga bisa handle kalo ada apapa. hiih amit-amit.

Oiya, saya udah berniat kalo Ale makan harus sambil duduk. Saya ga mau gendong-gendong Ale kalo makan. Untungnya, mama saya ga nyuruh-nyuruh saya ngajak makan Ale sambil jalan-jalan. Soalnya, dulu saya dan adik-adik saya disuapin sambil jalan-jalan gitu. Huh saya ga mauuu masih kecil sih enak yaah sambil jalan-jalan. Kalo udah gede? Ngejar sana sini capelah..

Sampe kemarin pas mudik saya bawa kursi makan Ale dan saya suapin Ale sambil duduk. Lalu ada om yang komentar: "Aduuh Ale kasian.... Ibunya MALES yaa gamau sambil jalan-jalan makannya". What? Yasudahlah yaa~ selalu ada orang yang komentar kan yah~ hahah

Setelah stress dan gagap menghadapi MP-ASI Ale, akhirnya saya ga berekspektasi apa-apa. Saya ga punya ekspektasi tinggi soal MP-ASI. Ga berekspektasi bisa posting di IG ato dokumentasi lainnya, ga berekspektasi sama menunya. Yaah sesantai mungkin lah pokoknya, saya ga mau acara MP-ASI nya Ale nambah keribetan saya. Wkwkw. Tiga minggu pertama sih saya masih sempet nyatet makanan Ale apa aja. Tapi selanjutnya yaah Ale makan apa aja yang ada di rumah. Haha. Yang penting menu 4* terpenuhi :) Sekarang lebih santai masak buat Ale, yang asalnya bingung takarannya pun, akhirnya berdasarkan insting aja deh wkwkwk

Saya juga ga terlalu spesialin menu makanan Ale. Ga semua serba organik. Yang penting dicuci bersih dan bismillah aja. Haha. Kenapa? Yaa simpel karena saya juga ga makan makanan yang spesial. Ketika Ale udah bisa makan makanan keluarga ya menunya sama kaya menu saya. Hihi. Jadi yaa yang biasa ajalah, dengan harapan Ale mau makan apa pun yang ga susah dan ribet, ga pilih-pilih makanan dan yang terpenting gizinya terpenuhi. Aamiin. 

Alhamdulillah, sejauh ini Ale selalu lahap dan ngabisin makanan yang saya buat. Itu aja sih modal semangat masak saya. Ale lahap, ibu semangat! Haha.

Semoga kedepannya Ale selalu lahap makannya, seneng banget kalo nyuapin Ale dia mangap terus haha. Semoga seterusnya yaa nak.. Semoga Ibunya juga istiqomah terus masaknya, istiqomah terus jalanin idealisme makan-harus-di kursi-nyaaa hahaha. Semoga Ale makin pinter makannya. Aamiin..

pertama kali makan; muka males "apaan neeh?"












Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment