Gedung VS Rumah

Sejak dulu, saya ga punya rencana untuk mengadakan acara resepsi pernikahan saya di gedung. Harga gedung di daerah Cimahi-Bandung itu udah ga masuk akal harganya. Haha. Cita-cita saya adalah menikah di lapangan komplek saya. Lokasinya sebelah mesjid. Rencana saya, kami melangsungkan ijab kobul di mesjid, dan kemudian mengadakan acara resepsi di lapangan sebelahnya. Rencana ini sudah saya sampaikan ke mama saya sejak lama. Tapi mama saya gak setuju. Ribet, katanya. 
Mama saya prefer mengadakan acara resespsi di rumah aja. Hmm, saya sempat bete sih, karena rumah saya mungil dan jalan komplek ga terlalu besar, jadinya sempit banget. Tapi yaudahlah, berhubung mama saya udah ngalah soal tanggal nikahnya, kali ini saya yang nurut sama mama.

Sekitar akhir bulan Agustus, Saya dan mama mulai mencari vendor untuk pelaminan dan dekorasi, mereka bilang harga pasang tenda untuk di rumah gak beda jauh sama kalau sewa gedung. What? Saya dan mama saya lumayan kaget juga. Iyaa, katanya kalo nikah di rumah, semua tembok mesti ditutupin pake kain-kain itu kan. Nah itu yang bikin mahal.

Mama berpikir keras. Banyak hal yang pertimbangan mama setelah konsultasi sama vendor tadi. 
1. Harga tenda ternyata mahal
2. Bulan Februari adalah masa-masa musim hujan, kalo tiba-tiba hujan, kasian tamu yang dateng.
3. Parkir di mana? (Ngadain acara resepsi di komplek, pasti ngorbanin jalan-jalan tetangga. kasian kan? Kasian tetangganya, kasian tamunya juga parkirnya jauh banget)

Hmm.. setelah diobrolin sama ayah, ayah ngusulin kalau nikahnya di kantor ayah aja. Ahhhaa! Kenapa ga pernah kepikiran dari dulu kalau salah satu gedung di kantor ayah bisa dipake hahaha. Iya, kebetulan ayah saya kerja di PT. Dirgantara Indonesia. Di sana ada 3 gedung yang biasa disewakan untuk resepsi pernikahan. 1) Gedung Auditorium 2) Gedung PKSN 3) Gedung Dharmawanita.
Ayah mengusulkan gedung Dharmawanita. Saya pernah kesana beberapa kali, Gedungnya bangunan model lama, gak terlalu besar dan atapnya pendek. Lalu saya minta tolong ayah buat nyari informasi harga gedungnya. Sekalian juga saya minta tolong nyari harga sewa Mesjid Habiburahman untuk akad. Hihi.

Beberapa hari kemudian, ayah ngasih informasi harga Gedung Dharmawanita yang ternyata udah full booked sampe tanggal 27 Februari. What? Saya langsung ngabarin A Imam, dia setuju. Saat itu juga tanpa pikir panjang lagi saya minta tolong ayah buat nge-DP-in gedungnya. Iya, tanpa survey, tanpa bandingin gedung-gedung lain, saya langsung setuju dengan pilihan Gedung Dharmawanita ini. Bukan apa-apa, dari awal saya juga ga punya rencana buat ngadain acara resepsi di gedung. Jadi, saya ga masalah kalau gedungnya kecil, atau apalah. Yang penting menjawab pertimbangan mama tadi; kalo hujan tetap aman dan parkiran luas.

Sayangnya, mesjid Habiburahman ga bisa saya gunakan. Ada pengajian rutin setiap hari Minggu di sana, jadi ga bisa diganggu gugat lagi. Aah, ya sudahlah.. masih kebagian gedung pun saya sudah bersyukur hehe. Saya ga tahu gimana jadinya kalau Gedung Dharmawanitanya full booked sampe tanggal 28 Februari. Sedih maksimal pasti, soalnya saya ga punya bayangan untuk gedung cadangan hahaha. 

Alhamdulillah, pencarian gedung ini menjadi "rezeki-orang-mau-nikah" pertama yang saya rasakan. Bagaimana tidak, full bookednya tepat 1 hari sebeulum hari pernikahan saya, harganya cukup murah, dan lokasinya lumayan strategis karena dekat daerah pasteur. Allhamdulillah...

Survey gedung, H-5 haha



lokasi pelaminan

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

15 comments:

  1. alhamdulillah semua lantjar.. cuaca mendukung, makan ga sampai keabisan juga walaupun pengantennya pegel2 dan kelaperan :((

    ohya satu lagi, lumayan sewa gedung + dapat hiburan gratisan yang ga maintream pula, yaitu kontes pesawat take off dan landing haha,, lumayan bikin anak2 kecil nya anteng2 dan betah

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum, boleh saya minta cp untuk sewa gedung ini, krn udah saya browsing2 ga ketemu, mo survey langsung jg saya di luar kota.makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam..
      boleh mba galuh..

      CP gd. Dharma Wanita, PKSN, dan Auditorium:
      Pa Rahayu Sukmawan (022)6055088 atau ibu Enden Surtika (022)6054184

      Delete
  3. harga sewa gedung nya berapa teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun ini untuk umum sekitar 6jt kalo gasalah :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mba mau nanya, gedung dharma wanita itu kapasitas berapa undangan yah? Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. 500 undangan masuk kok. kalo saya kemarin pake tenda lagi di luar jadi ga terlalu penuh. kalo standing party di dalem gedung kayaknya sempit banget..

      Delete
    2. Mba, 500 undangan berarti 1000 org msk ya mb?

      Delete
    3. 1000 orang masuk gedung sih kayaknya engga ya.. soalnya kemaren saya pasang tenda lagi di luar. Dari gedung darmawanitanya nyediain kursi kalo gasalah 200, saya sewa lagi 300 kursi lagi kalo gasalah.. jadi banyak di luar sih tamunya..

      Delete
  6. Mba mau nanya, gedung dharma wanita itu kapasitas berapa undangan yah? Makasihh

    ReplyDelete
  7. mbak boleh liat gedung setelah di dekor?? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... ada sih di laptop saya hehe tapi ga banyak juga.. dan ga full vision..

      Delete
  8. Dear Bride & Groom To Be 💑
    Now HIS Balai Sartika Wedding Venue & Organizer have ALL IN WEDDING PACKAGE!!!👰👰

    Ada 4 paket yg kami tawarkan diantaranya :
    1. Paket Campereunik
    2. Paket Nyentrik
    3. Paket Rumingkang
    4. Paket Rengganis

    Semua paket di atas include :
    💕 Venue (Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung) FULL CARPET & Chandelier - Kapasitas gedung maksimal 1500 orang
    💕 Catering (1000 pax/porsi)
    💕 Dekorasi ALL AREA
    💕 Dokumentasi (*Liputan Siraman & Pengajian, Foto Prewed, Akad & Resepsi)
    💕 Rias Busana (Make up Prewed - Akad - Resepsi - *Siraman+Pengajian)
    💕 Music Entertainment
    💕 Upacara Adat
    💕 MC
    💕 Siraman & Pengajian
    💕 Wedding Organizer (WO)

    Yay or Nay? or it doesn't enough?
    Don't worry, we'll give you HONEYMOON PACKAGE also!!
    And....you'll bring home your Lucky Dip (Golden ring, Home Theater, Bed Cover, Blender)

    For further information (Price list or list our vendor), contact me (Qonitah) as your wedding consultant - feel free to ask :
    Via watsapp +6287889588933
    Via call/sms +6289646301396
    Visit us on Instagram : @his_balaisartika

    Let's book your wedding date and get more special gifts!!! 😊

    Warm Regards 💕,
    Qonitah FR
    HIS Balai Sartika Wedding Venue & Organizer

    ReplyDelete
  9. Terimakasih, Artikelnya sangat bermanfaat.
    Oh ya sekedar informasi, bagi yang membutuhkan Sewa Misty Fan Jakarta untuk berbagai event yang akan diselenggarakan bisa hubungi kita Arthur Teknik.

    Salam Blogger Min.

    ReplyDelete