Riweuhnya Bikin Undangan Pernikahan

Dari sekian banyak persiapan, yang saya rasakan paling ribet adalah soal undangan pernikahan. Baik dari siapa aja yang mau diundang, maupun desain undangannya. Di sini saya ga akan bahas gimana ribetnya kami menghitung dan memilih siapa aja yang akan diundang. Saya mau bahas soal desain undangan yang saya gunakan.

Oiya, walaupun sekarang lagi jaman banget bikin e-invitation, tapi entah kenapa saya dan Kang Imam ga begitu tertarik sama itu. Walaupun kami bedua sama-sama berada di lingkungan IT, yang kalau kami mau bikin web ya tinggal bikin, tapi ga pengen aja gitu. Selain ribet (males), undangan yang kami undang juga ga begitu banyak, terlebih lagi malah takut over yang keundangnya hehe.

Jadi untuk temen-temen saya dan Kan Imam, kami cukup pakai Line atau Whatsapp aja ngundangnya, itupun kami undang personal, gak pake broadcast apalagi tag berjamaah di Path. Adeeeuh gak banget deeh. Nah untuk teman-teman kedua orang tua kami, kami perlu undangan offline dong.

Pembuatan undangan ini lumayan ngelibatin banyak temen-temen saya. Banyak banget yang bantu Alhamdulillah... :)

Sejak awal saya ga mau undangan yang mewah, sayang kalau bikin undangan mewah-mewah dan mahal, ujung-ujungnya masuk tempat sampah. Apalagi kalo dimasukin foto sendiri. Hahha duh saya mah ga cukup cantik buat mejeng di undangan dan gamau juga muka saya ada di tempat sampah :P Hehehehe. Pengennya sih biasa-biasa aja tapi ga mau sebiasa nyetak di percetakan undangan.  Iya, pengen desain sendiri, tapi ga bisa desain. Hiks hiks. Alhamdulillah.. ada teman yang datang membantu. Horeee! Yaaash! Siapa lagi kalau bukan Adam Azkiya. Desainer hits di kantor akhirnya turun juga buat bantu ngedesain undangan saya. Hihi.

Ada 2 undangan yang Adam bikinin buat saya. yaitu bridesmaid invitation dan wedding invitation. Bridesmaid invitation ini buat temen-temen saya yang saya kasih seragam. Kenapa dikasih undangan segala? Yaa biar lucu aja ngasihnya hihi. Perlengkapan bridesmaid ini akan saya bahas di blog post lain yaa (kalau saya sempet :p)

Disclaimer: jasa Adam ini saya bayar dengaaaaan ngisi content di website dia yang baru launching Januari kemarin looooh hihi barter gitu ceritanya :D (promosi :p)

Oke, lanjut. Pertama saya ingin buat bridesmaid invitation dulu, karena yaa kainnya harus dibagikan sesegera mungkin.. hihi. Saya minta tolong Rika, desainer dan ilustrator di bigio, tempat saya kerja untuk buatin ilustrasinya hihi. Lucuuu banget sumpah gambarnya! Untuk kontennya, saya yang buat, lalu akhirnya konten dan ilustrasinya disatuin sama Adam. Daaaan taraaaa ini lah hasilnya:
tampak depan

tampak belakang
Yaa, jadi kartu ini ukuran A5 bolak-balik. Harus dicetak masing-masing karena nama-nama temen saya di custom. Ada 9 lembar bridesmaid invitationnya sebenernya hehe. Untuk warnanya saya sesuai-in sama tema, ijo mint dan pastel peach. hihi. Makasih Rika, makasih Adam (walaupun akhirnya jadi nyetak 2x karena ada kesalahan fatal haha. salah kamii :'))) :)

Percetakan: Tirta Anugrah
Alamat: Jl. Cikapayang No. 14 Bandung
Phone: (022) 2536257
Harga: semuanya disatukan dalam 1 A1 papercraft. Rp. 60.000

Setelah urusan per-bridesmaid-an ini kelar, saya baru mulai ribet sama undangan nikahnya. Sejak awal saya udah nyari referensi undangan yang simpel-simpel aja. Setelah saya dapet referensinya saya kasih ke Adam, berikut saya ceritain konsep undangan yang saya inginkan. Beberapa hari kemudiaaan..... Buset! Lebih bagus dari ekspektasi sayaa.. Kyaaaa lucu bangeeet.. (tentu aja tetep dengan berbagai revisi sana sini) hihi. 

Setelah undangan nikahnya tinggal naik cetak, saya kepikiran nambahin sesuatu di sana saat sedang googling. Yak! Ilustrasi lagi! Haha. Animasi gitu, bukan gambar manusia beneran :D Saat itu udah mepet banget sama deadline, tapi saya kekeuh pengen nambahin itu. Akhirnya saya ngehubungin Kang Kurnia untuk bikinin ilustrasinya. Siapa yang gak kenal Kang Kurnia? Dia adalah seorang master ilustrator yang kemampuannya udah ga diragukan lagi. Dewaaaaa! Hihi. (click the link on Kang Kurnia, and you will amazed by his artwork!) Dia langsung setuju dan menggratiskan jasanya "buat kalian (saya dan Kang Imam) mah gratislah!" Horeee! Thanks kakak :*

Saat itu juga saya langsung ngirimin konsep dan referensinya ke Kang Kurnia lewat Line. Karena dia mesti ke luar negeri, akhirnya kepending beberapa hari. Sempet panik juga karena waktunya udah mepet banget huaaa. Tapi akhirnya beres dalam waktu 30 menit aja -____- (dia masih gagal paham, ngiranya saya minta dibikinin ilustrasi muka saya dan kang Imam hahaha).

Makaaaa, jadilah undangannyaaaa:
ilustration by: Kang Kurnia

tampak dalam 
tampak luar (cover)
Yakkk! Lucu bangettt kaaan? Simple tanpa ada ukiran-ukiran nama emasnya, gak di emboss juga. Hehe. Cuma kertas ukuran A4 bolak-balik. Tapiiii... alhamdulillah banyaaak yang suka dan bilang baguuus desainnya! Hahaaaaa.. Makasih semuaanyaa makasih Adam.. makasih Kang Kur.. Makasih Kang Yayat (percetakan) :)

Oya, cetak di mana? Sesuai paririmbon saya soal persiapan nikahan saya, yaitu blognya Mba Reisha, saya ngikutin jejak beliau untuk nyetak di Azka Pratama Printing. Kebetulan webnya udah die. Kang Imam nghubungin Kang Yayat (owner Azka Pratama Printing) via BBM. Tapi karena saya ga pake BBM, akhirnya kami komunikasi lewat Line. Tapi sayang sekali, di line slow respon banget. Doi lebih aktif di BBM. Jadi kalo ada yang mau kontak Kang Yayat saya saranin lewat BBM aja.
Ini dia kontaknya (saya copas dari blognya mba Reisha):


Yayat Ruhyadi (Azka Pratama Print)

Alamat: Perum Asri Cikawao Blok C1-19, Bandung

Telepon: (022) 61679700 – 085795500704

Email: virouz007@gmail.com 
Pin BB : 30E6388E


Berapa biaya cetaknya?
Sebenernya saya ga ngerti itung-itungannya. Pokoknya saya jelasin kepingin saya. Saat ditanya kertasnya mau kertas apa? Lah saya bingung. Saya ga ngerti juga soal kertas. Saya bilang aja yang kayak Mba Reisha :)) Ehh ternyata dia masih inget! Hahaha. Setelah itu dia langsung ngeluarin harga.

Kebetulan saya cetak undangan sebanyak 600 lembar, harganya jadi Rp 2000/lembar. Ditambah saya juga nyetak kartu ucapan terimakasih dan kartu kupon souvenir. Setelah dijumlahin sama itu semua, jatohnya jadi Rp 2250/lembar.

undangan 600 lembar + kartu kupon 600 lembar + ucapan terimakasih 600 lemba x Rp 2250 = Rp 1350000

Lumayan murah kan? Hehe. Karena waktu itu saya buru-buru banget, Kang Yayat ga sempet sortir semua undangannya, dan belum dimasukkan ke dalam plastik. Akhirnya saya, mama dan adik saya kerja bakti buat masukin itu semua. Ribet? Iya sih, tapi lumayan lah orang rumah jadi ada kerjaan :p

Yaa segitu deh serba serbi bikin undangan yang dibantu banyak temen-temen. Hihi. Bersyukur banget saya dikelilingi sama orang-orang yang punya kemampuan desain luar biasa. Makasih semua! Semoga saya juga bisa bales dengan kemampuan saya di lain kesempatan :)

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

22 comments:

  1. wuoooo,,, udh di share euy ttg bkin undangan ini, ntap kakak,, smoga bisa sedikit membantu teman2 yang sudah ngebantu kita kemarin ya, smoga kakak2 desainernya bisa dapet orderan dari teman2 kita amiiinnn

    ReplyDelete
  2. Teh tami itu undangan cetak sendiri?
    Murah bgt ya jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya na, nyetak sendiri.

      iya, balik lagi ke jenis kertas sama desain undangannya sih na kalo harganya. itu aku pake kertas 230gr aja.. ga pake amplop dan ga diembos. kalo diembos gitu kira2 jatohnya jadi 5000an/lembar na..

      Delete
  3. Oh tapi kayaknya ttp lebih murah ya. Tapi keliatan murah teh tth desain nya k tmn ya
    Aku jg lagi cari vendor undangan murah ini teh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya na.. iya kebetulan ada yg bantu sih aku mah.. lebih murah kalo desain sendiri hehe.. kalo di percetakan paling ngikutin template yg udah ada..

      wooo mangat na! aku mah ga nyari2 sih. pusing kalo banyak pilihan te.. hihi pilih yg udah ada testimoni dari temen deket aja :D

      Delete
  4. Teh yang buat template undangannya itu Rika angkatan 37?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan na, rika bikin ilustrasi bridesmaidnya aja. kalau templatenya temen aku yg bikin..

      iya, rika angkatan 37 na..

      Delete
  5. Teh yang buat template undangannya itu Rika angkatan 37?

    ReplyDelete
  6. Bisa kali ya mi bantu2 nanti pas bikin undangan hihi

    ReplyDelete
  7. suka sama ilustrasi kamu dan suami di undangannya :D keren banget :D

    ReplyDelete
  8. Wooow, baru ngeh nama aku disebutin disini... 😘😘😘

    ReplyDelete
  9. Wooow, baru ngeh nama aku disebutin disini... 😘😘😘

    ReplyDelete
  10. Sumpah itu lucu banget!!! Aku suka... Ih mau bikin kayak gini juga kalau nanti nikah. *mupeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih pipittt :) aamiin.. didoain semoga lancaaar :)

      Delete
  11. Googling2x.. eh nemu blognya sis Hutami...
    Maaf yah untuk web yang dulu udah gak aktif, soalnya pake gratisan, hehe..
    Untuk webnya sekarang udah aktif lagi dan berganti domain. Buat yang mau tahu informasi tentang jasa percetakan Azka Pratama Print, boleh cek saja langsung ke AzkaPratamaPrint.Com

    Makasih sis Hutami buat informasinya..

    ReplyDelete
  12. Halo Para Calon Pengantin Bandung!!!

    Kini HIS Corp. hadir dengan PROMO terbaru bulan Maret. Promo yang kami luncurkan yaitu ALL IN WEDDING PACKAGE. Penasaran ada apa aja sih di Paket weddingnya itu?
    Mulai dari Venue yaitu di Gedung Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung. Catering, Dekorasi, Dokumentasi, Entertainment dan masih banyak lagi...
    Selain Paket lengkap, Calon Pengantin juga akan dapat BONUS!! Seperti Honeymoon (3 Hari 2 Malam) di Bali, dll.
    Selain BONUS, Calon Pengantin juga bisa mendapatkan Lucky Dip (Cincin emas, Voucher Frank N Co, dll)
    Penasaran sama Paket Weddingnya? atau BONUSnya?

    Yuk bisa datang langsung ke :
    HIS Wedding Venue & Organizer
    Gedung BIKASOGA
    Jl. Suryalaya Indah No. 1-3 Buah Batu, Cijagra, Lengkong, Bandung 40265

    Atau hubungi:
    Zulfa whatsapp 089611648377

    ReplyDelete