Flashback: Menyapih Alesha

Ada dua hal yang paling saya takutkan saat mengurus anak. Yang pertama, menyapih. Yang kedua, toilet training. Rasanya dua hal ini jadi tantangan terbesar saya ketika menjadi ibu. Saya bener-bener gak bisa bayangin Alesha bisa tidur tanpa nyusu dulu sama saya. Dan saya ga pernah bayangin gimana caranya ngelepas diaper Alesha yang selalu dipakai sejak newborn. Wkwkwk. Ketakutan yang aneh yah. Padahal setiap bayi/anak pasti melewati dua proses tersebut. Hahaha.

Soal ASI ini, saya rasa persiapan saya kurang matang. Jadi kayaknya saya kurang menikmati prosesnya, jujur aja. Banyak banget penyesalan saya tentang ASI ini yang saya harap ga saya ulang di anak saya yang selanjutnya. Wkwk. Sejak awal, saya memang ga berniat mengASIhi Alesha sampe 2 tahun/24 bulan. Rencana saya, saya ingin berhenti menyusui di usia Alesha sekitar 20-21 bulanan lah. Niatnya biar 24 bulan itu udah bener-bener gak nyusu. Wkwkwk.

Nah, hati-hati nih dengan niat kayak gini. Kalo inget lagi rasanya saya pingin bilang "ga gini juga sih ya Allahh" heuehue. Kenapa? Karena ASI saya mulai berkurang ketika usia Ale 12 bulanan kali ya. Pokoknya, semenjak memutuskan untuk tinggal berdua aja sama Alesha, produksi ASI saya menurun drastis tis tis. Kalo dilihat lagi ke belakang, udah pasti dikarenakan saya stress dan kecapekan. Tapi ga pernah dirasa. Jadilah ASI saya berkurang pesat.

ASI sedikit, Alesha masih masa-masa GTM, sempet diare juga; bikin berat badan Alesha susah banget naiknya. Kecilll banget badannya. Huhu. Waktu itu ayah saya udah nyuruh saya untuk kasih susu tambahan. Karena waktu itu Alesha belum genap 1 tahun, rasanya saya belum ikhlas kalo mesti ngasih susu formula. Jadi saya masih ngusahain untuk pumping sedikit-sedikit. Tapi ternyata ga banyak membantu. Karena saya rasanya udah stres banget lihat kondisi anak yang kurus kecil ga mau makan pula. Wkwk.

Ketika Alesha udah genap satu tahun, akhirnya saya memberanikan diri untuk memberi Alesha susu formula. Jadi sejak saat itu Alesha udah campur ASI dan formula. Saya masih tetap kekeuh memberikan ASI untuk Alesha walaupun entah ada isinya atau engga. Wkwk. Alasan lainnya adalah karena Alesha ini, seinget saya dari bayi belum pernah tidur tanpa nenen. Kalo lihat bayi lain ditepuk2 doang langung merem, Alesha ini engga. Melek aja terus sampe dinenenin baru dia mau tidur heuheu.

Sampai akhirnya kami memutuskan untuk pindah dan tinggal bersama suami di pinggiran ibu kota. Saya selalu bilang ke suami kalo ASI saya rasanya udah ga ada isinya. Beliau selalu bilang "kalau mau udahan silahkan aja. Biar sama-sama enak. Kasihan kamu juga capek nyusuin Alesha tiap malem tapi ga ada isinya, Alesha juga kasihan cuma ngempeng doang, ga kenyang dia." Saat itu saya masih bingung gimana cara ngelepasinnya. Hmm.

Sampe suatu malam saya lagi capek banget dan Alesha rewel parah. Dia udah ngantuk banget tapi ga mau tidur karena kekeuh harus nen dulu. Saat itu tiba-tiba saya langsung merasa "inilah saatnya!" wkwkw. Entah dari mana keteguhan hati saya untuk gak ngasih nen dia. Saya gendong-gendong dia (padahal lagi capek banget), dia nangis, gendong lagi, sampe akhirnya dia bisa tidur sendiri! Hahh rasanya bangga banget bisa lihat dia tidur. Yah, walaupun malemnya masih kebangun dan minta nen tetep saya kasih.

Hari kedua, saya ga ajak dia tidur seperti biasa. Saya biarin dia main sampai capek. Ketika udah mati gaya, saya masuk kamar, matiin lampu, lalu pura-pura tidur. Dia ngamuk karena ga ada temen main. Wkwk. Saya dalam posisi tengkurep biar ga ditarik-tarik sama Alesha. Dia loncat-loncat di punggung saya, jenggut rambut dan sebagainya. Setelah 15 menit berlalu, eh kok ga ada suaranya nih anak. taunya dia tidur sendiri! Yeayy.. akhirnya.. Malem masih kebangun minta nen dan siang masih tidur dengan nen. Hehe

Singkat serita, di hari ke 5 dia udah lupa bilang minta nen. Padahal dia baru bisa bilang "bu.. dede mau nenen" beberapa minggu sebelumnya. Eehh udah disapih. wwkwk. Siang pun dia bisa tidur sendiri asal ga diganggu. Ga dipegang-pegang atau dipukpukin. Dia guling-guling sendiri, terus merem. hh,, Alhamdulillah.

Secara keseluruhan dia nangis-nangis drama itu sekitar 4 hari. Dan, yang bikin saya percaya ga percaya lagi, semua proses menyapihnya tanpa ditakut-takutin pake yang pait-paitan. Alhamdulillah alhamdulillah. Kunci yang saya pegang saat saya memutuskan untuk menyapih alesha adalah: ini anak pasti tidur. Mau semalem apa pun, dia pasti tidur. Jadi selalu kusabar-sabarin nemenin dia main sampe capek. Dan beruntungnya, Alesha bukan anak malem. Dia ga bisa bertahan lebih dari jam 10. Wkwkwk. Sebelum jam 10, dia pasti udah teler dan akhirnya bisa ngajak tidur sendiri.

Hal yang saya anggap susah banget dan mengerikan, ternyata tidak seburuk itu. Alhamdulillah, rasanya semua lancar dan cenderung cepat sekali. Huhu. Sampe saat ini dia udah bisa bilang "bu ayo bobo, dede ngantuk" huwaaaa.. Time flies.. Alhamdulillah ya Allah dikasih kelancaran dalam menyapih Alesha.. dan terimakasih Alesha atas kerja samanya selama ini. Maaf ibu banyak sekali salah dan kurangnya. Semoga ibu bisa jadi ibu yang lebih baik lagi lagi dan lagi. Aamiin.

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment