Tentang Dilan

Saya kenal cerita Dilan itu tahun 2013an deh dikasih tahu sama kakak kelas saya. Waktu itu dia ngirimin link blognya Pidi Baiq. Jadilah saya baca di blognya. Ahh kalo ga salah waktu itu ceritanya belum selesai dan akan dilanjutkan jadi sebuah novel. Beberapa bulan setelah novelnya terbit akhirnya saya belilah novelnya. Ternyata bagian yang ditambah itu udah tinggal sedikit lagi dari bagian yang saya baca di blog. Haha.

Pertama kali baca, saya udah sedih duluan sih karena akhirnya udah terpampang nyata ya kalau kisah mereka bakal sad ending. Tapi saya coba baca aja deh. Ceritanya tentang perempuan biasa yang ditaksir sama badboy pada masanya. Aahh.. Ngerasa lumayan related sih sama hidup sendiri karena pernah juga pacaran sama ala-ala bad boy gini. Dan cukup mengerti lah ya jadi Milea; pacaran sama bad boy itu punya kebahagiaan tersendiri. Halah. Tapi sebenernya saya ga dibawa hati banget ya Dilan ini. Biasa aja gitu. Karena tipe saya udah bukan bad boy lagi (wkwkwk). Ketika orang-orang mengeluk-elukkan gombalan-gombalannya dilan, perilakuny Dilan ke Milea, saya sih biasa aja malah cenderung “naon sih”. Gitu.

Lanjut. Ketika Dilan 91 terbit, saya baca juga. Kayaknya saya beli bukunya tapi gatau dimana itu buku sekarang. Kayaknya ada yang pinjem tapi lupa balikin 😓. Di Dilan 91 ceritanya ga sehappy Dilan 90. Kalo Dilan 90 cerita tentang Dilan dan Milea jadian, di Dilan 91 diceritain mereka putus. -____-

Jujur aja sih setelah baca Dilan 91 ini jadi kesel-kesel gitu karenaaa (ini nggak spoiler lah ya, kayaknya orang-orang juga udah baca semua bukunya) Dilan dan Milea ini pacarannya cuma seumur jagung. Yha.. pdkt itu emang lebih asik daripada pas jadiannya sih emang. Saya udah bersiap untuk sad ending, tapi ga nyangka bakal “segitu aja” gituloh hubungan merekanya. Padahal semua orang kayaknya tu mengeluk-elukan Dilan. Asli. 

Disitu saya udah kecewa aja gitu. Ketika novel Milea terbit, saya ga berhasrat buat beli. Tapi akhirnya saya ngintip baca di blog (ga tau blog siapa lupa) tentang pandangan Dilan buat Milea. Ahh.. tapi rasanya itu bukan Dilan 90. Wkwk jadi akhirnya saya juga ga namatin ceritanya.

Ketika beredar berita Dilan mau difilmkan, saya yaa biasa-biasa aja. Karena udah terlanjur kecewa tea. Saya bener-bener udah ga ngikutin Dilan-dilanan sampe pda suatu malam kakak kelas yang “ngenalin” Dilan ke saya tiba-tiba ngirim chat yang isinya link IG gitu berita kalo pemeran Dilan adalah Iqbal CJR. Kemudian dia bilang “yaah iqbal mi Dilannya” yang saya jawab “waah iya euyy :(“ padahal sih sebenernya saya biasa-biasa aja.

Saat itu semua orang bener-bener ngehujat Iqbal. Everywhere. Saya engga ga suka sama Iqbal ya. Dari dia kecil pun saya udah ngeliat dia ganteng sih, apalagi gedenya. Wkwkwk. Saya ga ngikutin Iqbal dan CJRnya jadi saya ga tau juga berita soal dia. Sekali-kali lihat dia nongol di explore IG. Dan emang beneran ganteng kok pas gede. Wkwkwk.

Ketika mereka sedang proses syuting, saya ga ngikutin juga. Yang saya tau cuma yang jadi Mileanya adikny Sisy Priscila. Yang jadi Dilannya, Iqbal. Udah gitu aja. Sampai akhirnya filmnya akan tayang Januari kemaren. Mereka promo di mana-mana. Di segala macem acara TV kayaknya ada. Saya masih ga ngikutin. Cuma pernah ga sengaja nonton The Comment trus guestny Iqbal ma Vanesha.  

Ketika filmnya tayang, saya yaa biasa aja. Udah terlalu lama ga nonton bioskop juga, jadi males aja ngikutinnya. Bisi malah pingin nonton ntar ribet kudu bawa bayi. Haha. Kemudian adik saya ternyata nonton filmnya di hari ke 2 tayang. Saya tanya dong 
👩🏻”gimana de filmnya?”
👧🏼”yaa gitu wee sama kayak novelnya”
👩🏻”hoyah? Ga ada yang diubah?”
👧🏼”mereka masukin part2 yang bagusnya. Jadi bagus”
👩🏻” Iqbalnya gimana de” (tetep nanya Iqbal karena Dilan adalah koentji wkwkw)
👧🏼”Bagus!! Di luar ekspektasi”
👩🏻”hoyaaah?”

Ketika denger Iqbal mainnya bagus, saya mulai tertarik. Terlebih ketika saya lihat komentar-komentar temen-temen yang udah nonton bilang Iqbal bagus banget. Hmmm jadi pengen nonton nih.
Akhirnya bilang ke suami pengen nonton Dilan dan dia hayu-hayu aja. Fyi aja suami saya ini ga tau apa-apa soal Dilan. Bukan tipe yang suka baca novel gitu wkwk.

Hari Jumat, saya ga niat-niat banget sebenernya, tapi suami ngajak ke bioskop.  
Ga punya ekspektasi apa-apa, karena saya bawa Alesha. Kalo dia nangis/rewel di dalem studio, saya pasrah deh.

Ketika masuk ke bioskop, buseeeeett antriannyaaaa.. asli! Saya udah lama ga ke bioskop dan udah lama pula ga ngantri-ngantri di bioskop. Di sana sampe 5studio deh dilan semua 😂 kaget berikutnya adalaah yang nonton banyakan anak SMP SMA. Dan saya nonton bersama bayik. Hiks betapa tua rasanya. Kaget selanjutnya adalahh studionya full sampe kursi paling depan. Ngeri.

Sepanjang film saya ga berhenti senyum-senyum sendiri. Manis abis. Wkwk. Iqbaal? Petjah! Keren abis. Parah bapernya. Entah berapa kali saya bilang Iqbal gemes banger lol. Kayaknya saya malah baper sama Iqbalnya deh wkwkwk.

Keluar dari studio, saya happy sehappynya. Rasanya udah lama ga nonton film Indonesia yang bikin senyum-senyum ketika keluar dari studio. Haha walaupun ada sih yang bikin kecewanya: Mileanya udah main film lagi bareng Adipati Dolken. Apeuuuu banget. Dilan aja baru tayang lah ini udah ada film baru lagi si Mileanya. Sedih sih, sangat disayangkan. Ckck

Demam Dilan berlangsung sampai dua hari kemudian. Yang asalnya ga pernah liat promo-promonya, jadi nonton di youtube. Dan yang ngelakuin semua itu semua siapa? Suami saya! Lol wkwkwkw.

Jadi yaa. Filmnya worth to watchlah.. Ringan, ga banyak konflik, sederhana. (Bikin pengen punya pacar kaya Iqbal. Wkwkwk gemes banget aslii Iqbalnya tuuhh.. Kekeuh) Cukup ketawa aja udah. Yhhaa setidaknya di Dilan 90. Dilan 91? Rasanya saya ga akan nonton, tapi ga tau tuh ya kalo tiba-tiba pengen liat Iqbalnya doang. Wkwkwk.

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment