Gadget untuk Alesha (?)

Dulu, duluuuuu banget jauh sebelum nikah apalagi punya Ale, (hahahaha) kadang suka ada obrolan sama suami (yang waktu itu masih jadi pacar) tentang gadget untuk anak. Hmm.

Ketika saya kerja di tempat sebelumnya, tim saya lagi berencana ngembangin aplikasi membaca untuk anak-anak. Mau ga mau, saya jadi banyak eksplor dong soal game-game edukasi anak-anak. Kesan soal game-game edukasi itu saat itu: wow kerenn! Ntar anak aku kukasih ini aah!

Sempet saya bilang ke kang imam waktu itu kalo punya anak ntar HARUS beli tab ato ipad lah untuk anak saya ntar. Hahaha dasar bocah ya. Saya ceritain aplikasi-aplikasi keren-keren buat anak-anak. Walaupun reaksi kang imam sih yaaa datar aja, dia masih ga kebayang ada ga budget buat beli tab buat bocah :)) rasanya dulu mikirin buat nikah aja udah susyeh. Hahaha.. 

Kemudian ketika lihat anak teman saya nonton mema pig (?) saya bilang saya minta filenya doong. Haha.

Ato kemudian saya gemes sama bayi yang nonton di laptop ayahnya dengan serius. Hahaha.

Namun seketika semuanya berubah ketika saya akhirnya punya anak. . . .

Saya jadi takut ngenalin Ale sama gadget. Saya takut ngenalin Ale sama film-film anak-anak. Saya malah gamau Ale dekat-dekat dengan laptop :))

Belakangan ini, udah makin banyak banget kasus balita-balita yang kena speech delay karena gadget.

Akhirnya semua ucapan-ucapan saya di atas tadi saya tarik semua deh. Wkwkw saya gamau punya tab/ipad :)) saya gamau ngopy film-film mema pignya. Haha.

Saya dan suami sepakat untuk ga ngenalin gadget dulu ke Ale. Kami hanya ngasih lagu-lagu anak-anak ke Ale, itu pun kami simpan di TV. Kenapa TV? Supaya sebisa mungkin Ale ga pegang handphone untuk sekedar nonton. Karena kalo game, saya dan suami bukan tipe orang yang suka main game di hp, jadi hp kami bersih dari game 😂

Memustuskan cuma ngasih lagu-lagu anak-anak aja ke Ale karena gamau Ale terlalu fokus sama film. Kalo lagu, setidaknya ada yang beneran dia bisa ikutin, bisa nyanyiin. Tapi kalo film, rasanya dia ga akan dapet apa-apa. Dari bahasa aja udah bahasa inggris, kalo ga ada bahasanya, cuma gerakannya doang, manfaatnya dimana? Hmm.


Walaupun ga saya pungkiri, kami masih kasih Ale hp ketika kondisi udah ga kondusif. Seringnya kalo lagi di luar ato di mobil ya, kalo udah cranky parah, hp (youtube) adalah pilihan terakhir 😂

Yah. Yah. Yah. Itu kami biasakan di rumah yah. Lain cerita ketika Ale ketemuuuu... nin dan akungnya!! Ale dicekokin youtube!! Hhhhhh... Sedihhhh..

Cape-cape di rumah saya ngajak main Ale ini itu, berusaha sebisa mungkin main fisik sama Ale. Tapi ketika di rumah ninnya, dikit-dikit "ayoo nyanyi dulu leww" lalu dikeluarkannya lah hp dan mulai nyanyi dari youtube.

Adik saya bahkan marah sama mama saya karena keseringan ngasih Ale youtube yang dibalas dengan "ya biar anteng anaknya" HHHHHHH

Lihat? Ini bukan salah generasi masa kini.
Mama saya dulu besarin saya dan anak-anaknya tanpa gadget. Sekarang udah kenal gadget dan internet, cucunya dicekokin. Yah ini salah godaan teknologi. Siapapun bisa kena, mau tua mau muda.

Bener aja loh, kalo udah dengerin lagu-lagu di youtube, Ale anteng banget. Fokus. Saya malah ga suka lihat Ale kaya gitu. Kalo di rumah saya stelin lagu di TV, dia paling fokus cuma 10 menitan, abis itu sambil main ngoprek yang lain. Lah ini kalo udah youtube-an di hp, anteeeng banget. Bisa ga kedip rasanya. Yang paling bikin sedihnya, dia bisa marah kalo hp nya diambil. Sedih kan? Kesel.

Itu berlangsung parah kaya gitu ketika Ale sakit kemaren, kami ngungsi di rumah nin, lalu Ale mabok youtube. Cuma 2 minggu. Kebayang ga sih kalo tiap hari dicekokin youtube terus si Ale bakal kaya gimana? Ngeri abis. Ga berani bayangin deh.

Yah akhirnya balik ke rumah ya dia puasa gadget lagi. Walopun tetep pegang-pegang hp saya. Yaa cuma pegang-pegang mencet-mencet random. Karena gimanapun juga dia pasti ketemu hp karena tiap malem video callan sama Ayahnya. Tapi seengganya ga bikin dia jadi fokus sama hp. 5 menit bosen dia lempar hpnya huhu. Hpkuuuu..

Sekarang dia udah bisa minta tolong kalo lagu di youtubenya udah abis, minta diplay lagi. "Hah hah hah" sambil ngasong-ngasongin hp.
Kemudian posisi nelepon; hpnya disimpan di telinga. Entah belajar darimana, padahal saya hampir ga pernah nelepon rasanya. Seringnya kan video call.

Begitulah.. semoga Allah selalu melindungi kami-kami dari teknologi ini.. semoga kami bisa memanfaatkan teknologi ini cuma dalam hal-hal baik aja.. aamiin..


Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment