Alesha Sakit

Halo! Akhirnya punya kesempatan buat nulis blog lagi. Hiks. Belakangan lagi riweuh ngurus Ale yang sakit huhu. Iya, Ale sakit lumayan lama. Ada 10 harian kali :((

Rabu, 4 Oktober 2017
Sekitar jam 00.10 saya baru bersiap tidur, dan ketika itu pula Ale kebangun. Karena udah cape banget, saya diemin aja. Anehnya Ale ga bersuara. Diem aja. Biasanya kalo dia pengen nyusu pasti nangis kan, nah ini dia diem dan tau-tau tidur sendiri. Kemudian saya merem lagi. Ga lama setelah itu saya dikagetkan dengan Ale tiba-tiba bangun dan... muntah! Saya kira gumoh biasa, taunya muntah beneran muntah sampe keluar dari hidung :((. Saya langsung bawa Ale ke kamar mandi dan bersihin mulut dia. Dia nangis sedikit. Mungkin kaget :(. Kemudian langsung saya tidurin dia di karpet ruang tengah. Saya ganti bajunya yang lembab kena tangan saya yang basah. Saya lari ke dapur marut bawang merah campur minyak telon dan langsung balurin ke perut dan punggungnya. Ale lemes. Ga bersuara, ga banyak bergerak. Ngantuk. Dia merem-merem sendiri. Fyi Ale belum pernah sekalipun tidur tanpa nenen terlebih dahulu. Ini dia bener-bener lemes sampe merem sendiri.
sesaat abis muntah. lemes

Saya buru-buru beresin bekas muntah Ale dan mindahin Ale ke kamar. Saya ga bisa tidur, takut Ale muntah lagi, mana waktu itu mati lampu pula huhu rasanya malam itu panjang sekaliii :(
Paginya, saya dikejutkan dengan Ale yang bangun duluan, kemudian bersiap turun dari kasur. Karena takut Ale jatoh, saya langsung bangun. Ternyataaaaaaaa... Ale mencret sampe tembus ke sprei. O.M.G. Langsung saya gendong lagi Ale ke kamar mandi, bersihin dan gantiin bajunya. Dia masih lemes, saya buru-buru cuciin sprei dan baju-baju dia yang kena mencretnya. 

Saya kabarin keluarga tentang kondisi Ale. Ayah saya menawarkan untuk dijemput, tapi saya gamau. Saya masih berpikir kalo Ale ga akan lama sakitnya dan saya bisa handle sendiri.
Ketika tiba waktu makan, Ale mulai menutup mulutnya.... rapat-rapat. Oh my god. Ga lama kemudian, dia pup lagi. Dan masih cair. Perutnya kembuung banget. Saya mulai ngerasa ini udah ga bener. Ale mungkin diare. Saya terus-terusan ngasih minum dan nenin dia biar ga dehidrasi.

Akhirnya saya bilang ke ayah saya minta dijemput. Sampailah kami di Cimahi. Sorenya saya bawa Ale ke dokter langganan. Saat itu Ale udah pup 4x. Dan cair semua. Dia bilang yaa mungkin ada bakteri ya, karena saat itu Ale lagi tumbuh gigi juga.
"Udah keliatan dehidrasi belum dok?"
"Yaa sedikitlah, nenin aja yang banyak." 
"Ale ga mau makan sama sekali dok"
"Masih mau nen kan? Ga apapa, nenin aja yang banyak"
Dokter kasih lacto b dan obat kembung. Ini gimana ngasih obatnya anaknya ga mau buka mulut sama sekali. huhu.

Kamis, 5 Oktober 2017
Ale masih gamau makan. Bahkan makin parah. Bener-bener mingkem dan nangis kalo ada sendok mendekat. Waktu itu saya kasih setengah saset promina. Ga abis. Beneran ga mau makan. Huhu sedih banget. Mukanya udah mulai keliatan mungil banget.

mungil dan pucat :(
Saya udah mulai panik karena Ale kelihatan makin lemes dan pucet. Nenin terus masih  berlanjut ya. tapi saya ngerasa cairannya ga cukup ngegantiin yang udah ilang dibawa pupnya. Saya udah berniat sorenya mau bawa Ale ke RS. Tapi sore itu tiba-tiba Ale mau makan beberapa suap dan mau minum obat tanpa ngamuk-ngamuk. Hmm, mungkin mulai membaik.
Magribnya, ada tetangga yang dateng mijit Ale. Masuk angin katanya. Ale dipijet sampe nangis-nangis dan kemudian tidur. hh.. Hari itu total 5x Ale pup dan cair.
Malamnya akhirnya ayahnya Ale pulang xixi. Doi panik juga lihat Ale begitu.

Jumat, 6 Oktober 2017
Ale kebangun jam 5:30 dan langsung diangkut oleh ayah dan mama saya; diajak main. Gak lama kemudian dia pup lagi rembes kemana-mana. Saya yang waktu itu masih tidur (hehe) langsung bangun dan bilang ke suami buat bawa Ale ke RS. Ayah sayapun mengusulkan begitu, keliatannya Ale udah dehidrasi.

Sambil siap-siap saya mikir mau bawa Ale ke RS mana. Asuransi kami cuma BPJS, jujur aja saya males ngurus ini itunya. Dan saya mikir kalo ke UGD pasti lama nih. Belum tentu juga Ale langsung dapet infus, kalo dikasih obat lagi gimana? wkwk.
Akhirnya saya mutusin ke klinik dekat rumah aja, walopun dia ga nerima BPJS, tapi pasti cepet dan pasti diinfus. wkwk. Pergilah kami kesana, dr. Ellen namanya. Bener aja, setelah dia periksa, dia langsung nyuruh diinfus dan tes darah.

Setelah selesai pasang infus. Nangisnya bentar

Saat dipasang infus, nangis ga? Ya nangislah.. kejer. Darahnya udah kentel banget, sampe ambil darah pun susah huhu. Udah dehidrasi banget katanya. Sedih sekali. Saya udah siapin mental buat ngadepin Ale ngamuk waktu pasang infus. Jadi saya ga sedih ato nangis. Yang nangis malah.. bapaknya. 
Kalo saya, saya sih ga apa-apa Ale diinfus. Banyak yang bilang "ngapain sih diinfus segala, nenin aja yang banyak". Hhh. Entah ya saya ga ngerasa ASI saya kurang, tapi saya rasa ASI belum cukup buat gantiin cairan tubuhnya. Jadi saya pikir lebih baik Ale nangis sebentar daripada dia dehidrasi dan lebih parah lagi. Kalo udah gitu siapa yang nyesel? Saya lah. 

Saya pernah dehidrasi dan diinfus, abis diinfus saya ngerasa lebih seger. Makanya saya berharap Ale juga bakal begitu. hehe. Namun ternyata hasil tes darah berkata lain.. Leukositnya naik jadi 14.000. Ada infeksi bakteri katanya. dr bilang kita turunin dulu leukositnya, sampe 10.000 aja, abis itu Ale boleh pulang. Yah.. harus dikasih antibiotik. Tapi yah demi anak sembuh kan. Yaudahlah.. saya sih cuma minta yang terbaik supaya Ale cepet sembuh.

Bangun tidur, agak segeran pengennya jalan

Anak lagi sakit itu waktu berasa lama banget jalannya huhu. Malemnya Ale ga bisa tidur, selain karena ada selang di tangan kanannya, dia jadi ga bisa berguling-guling karena tempat tidurnya kecil. Saya dan suami pun boro-boro bisa tidur. haha.

Cairan infus Ale lamaaaa banget abisnya. Hadeeu karena anaknya ga bisa diem, cairannya sering mampet dan ga jalan. Sampe akhirnya baru habis jam 11 malem. Sekitar 18 jam. Dilanjut deh labu ke dua. Saya bilang ke dokternya pengen Ale bener-bener sembuh sampe mau makan lagi. Karena saya syok banget liat Ale bener-bener gamau buka mulut. Eeh bu dokternya senyum doang.

Ga bisa bobo guling-guling

kasiaannyaa..


Sabtu, 7 Oktober 2017
Ale diambil darah lagi. Alhamdulillah hasilnya bagus. Leukositnya udah turun jadi 9000. Dokter udah nyuruh Ale pulang tapi abisin dulu infusannya. Heee? Itu infusan setengahnya aja belom abis mau kelar jam berapa nih anak pulang. Walaupun saya pengen banget pulang, tapi saya ga yakin juga karena Ale belum mau makan. Takut Ale dehidrasi lagi. Tapi dokternya dengan baik hati menenangkan. "Engga kok gakan dehidrasi lagi. Asal nenin aja yang banyak. Dan minum obatnya. Dia ga mau makan karena dia lagi ga nafsu makan aja. Kita aja yang udah tua kalo lagi sakit suka ga enak/males makan kan? Apalagi bayi. Sabar aja yah." hhh.. doi malah yang nyuruh-nyuruh kita pulang :))

Jam 3an, infusan si Ale rembes di telapaknya. Saya panggil susternya, dia bilang "mau sekalian dicopot aja ga? Kata dokter boleh pulang?" "haaa? seriouslyy??? Copot aja sekalian kalo gitu sus!!" haha.

Yah akhirnya pulanglah kami ke rumah, Ale masih belum mau makan. Minum air putih dia mau. Tapi begitu dikasih oralit, dia langsung ogah-ogahan. Kuganti oralit merk lain. Masih ga mau juga. Hh.. Jujur saya parno banget takut Ale dehidrasi lagi. Tapi kemudian saya mencoba untuk santai dan berpikir positif. Ale will be ok. Ale gamau minum oralit, ayahnya nyekokin air putih terus-terusan. haha.

Alhamdulillah Ale berangsur-angsur pulih lumayan cukup lama karena saya bandel kasi obatnya. Kenapa? Karena dia ngamuk sengamuk-ngamuknya tiap mau dikasih obat. Huhu saya sedih banget liat Ale nangis kayak digebukin tiap minum obat.

Ale bener-bener pulih itu sekitar hari Kamis kayaknya. Pupnya udah mulai jarang dan padat, yah karena Ale udah mulai mau makan, jadi pupnya pun mulai berisi. Hahaha. Alhamdulillah. Dia udah mulai bisa ketawa dan ceria lagi. Selama sakit bener-bener sayu lesu dan manyun aja mukanya sedih banget :(

Apa penyebab Ale diare?
Selama Ale sakit, saya mikir apa yang salah. Ini pasti salah saya karena setiap hari dia sama saya dan cuma makan masakan saya. Awalnya saya pikir dia diare karena minum yakult. Iya, dia nemu yakult trus dia gigitin sampe bocor tumpah kemana-mana. Tapi saya pikir rada ga mungkin soalnya itu udah lama dan sebanyak-banyaknya yang dia minum ga akan sampe sebotol.

Setelah googling sana sini, akhirnya saya menyadari kalo diare Ale berasal dari buah. Kok bisa?
Iya, jadi beberapa minggu ini Ale kan mogok makan, saya pikir daripada ga ada yang masuk mending saya kasih buah. 

Tapi nampaknya langkah saya ini salah dan menimbulkan petaka. Halah. Perut anak kosong, tapi dicekokin buah terus-terusan. Yah. Mungkin perut Ale ga kuat dan jadilah sakit dia :(

Sedih asli liat anak sakit. Anak yang asalnya ceria ga bisa diem barang sedetik tiba-tiba lemes, ga mau senyum, ga mau makan, manyun mulu. Huhuhu. Ngerasa bersalah? Bangetlah. Untungnya suamiku baik sekali. Dia ga pernah nyalah-nyalahin ato ngehakimin saya. Yang nyalah-nyalahin malah... ayah saya huhu. He loves his granddaughter than his daughter zzz.

Sedih, kesel, nyesel, marah campur aduk rasanya. Tapi saya harus tetep berpikir positif demi air susu tetap mengalir deras. Karena itu yang Ale butuhkan. Hhheu. 

Maaf ya Le, gara-gara Ibu Ale jadi sakit hhu. Ale turun 1kg dalam 1 minggu. Sedih sekali. Sekarang PR nya adalah balikin berat badan Ale bahkan mesti naik sih. hyaaa semangat ibukk!
baru sembuh, langsung ikut nemenin ayah lari di pangalengan :D

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment