Gimana Rasanya Menjadi Seorang..... Ibu?

Belakangan, temen-temen banyak yang nanya "Miiii... gimana rasanya jadi Ibuu?" "Bosen ga di rumah teruuus?" "Seneng yaaa punya boneka idup?"

Guys, being mother is not as happy as you see on sosmed 😂😂

Banyak hal yang pengen diungkapkan yah rasanya jadi ibu. It's hard, but fun. Pokoknya semenjak punya anak, hidup totally changed. Makanya, puas-puasinlah masa gadismu, explore banyak hal yang kamu ingin, pergi ke sebanyaknya tempat yang ingin kamu datengin. Karena ketika udah punya anak.. semuanya tidak lagi mudah :))

Jadi punya anak ribet? Ga bahagia dong? Bahagianya beda ketika bisa pergi kemanapun kapanpun, sama ketika liatin perkembangan anak tiap hari. Halah.

Jujur aja, saya pun ga berekspektasi sama kehamilan saya, rasanya masih banyak yang pengen dieksplor. Tapi Allah berkata tidak "kamu udah terlalu sering main, Ami!" Wkwkwk. Alhamdulillah dikasih makhluk Allah yang super lucu dengan sangat cepat.

Jadi ibu itu tidak semudah dan sebahagia yang seperti terlihat di instagram ato display picture bbm/wa/line 😅😂

Dari mulai hamil, saya tepar di trimester awal. Ga parah emang, tapi lumayan menghambat aktivitas. Di akhir trimester, hadeeuhh badan sakit semua wkwk.
Ketika melahirkan, yaa namanya juga melahirkan yaah, pasti sakit mau sc ato normal. Yang penting dinikmati~~
Ketika menyusui, lecet-lecet sampe berdarah selama beberapa minggu. Haha. "Haha" sekarang bisa haha, dulu waktu ngalamin, jerit-jerit. Wkwk
Belum lagi ketika Ale jatuh dari tempat tidur, nyksruk ke lantai, sakit, dll dll. It's broke my heart 💔

Ini baru perjalanan 7 bulan saya menjadi ibu. Ga ngerti lagi gimana nanti kedepannya. Yang pasti yang saya rasain, ketika Ale lahir ke dunia, rasanya pundak saya kaya ditimpa batu gedeee bangettt. Berat. Iyah punya anak itu berat sekali tanggung jawabnya. Dimulai dari 0; membesarkan, menjaga, mendidik, mempersiapkan masa depan seorang anak manusia. Bukan cuma untuk di dunia, tapi sampe di akhirat. Ngeri ga sih? Ngedidik anak itu jangka panjang, cuma sekali. Ga bisa diulang. Kalo ada yang salah sama anak di masa depan, yang salah siapa? Orang tuanya. Ibunya. Karena Ibu adalah madrasah pertama anak, bukan?

Mau anaknya 2 kek, 3 kek, banyak kek. Membesarkan satu anak itu ya cuma punya satu kali kesempatan. Ga bisalah diulang ato dibenerin ke anak selanjutnya 😅

Yah ini sih pikiran ceteknya emak baru yang mungkin terlalu over thinking. Let it flow ajalah mi..

Setiap orang tua pengen ngusahain yang terbaik buat anaknya ga sih? Anak itu investasi akhirat kita lho. Ga bisa main-main. Pengen anaknya jadi manusia unggul, pinter, soleh, dll. Kalo saya cuma let it flow, membiarkan saya mendidik anak dengan saya yang gini-gini aja? Bisakah?

Ketika saya ingin punya anak yang berkualitas, berarti sayanya juga harus berkualitas. Karena orang tua adalah cerminan anaknya. Ato kebalik sih? Ya gitu deh pokoknya 😂 #notedtomyself

Kalo udah mikirin ini, rasanya saya suka galau sendiri wkwkwk. Bisa ga saya ngedidik anak dengan baik dan benar? Orang lain kaya gini ga sih? Ato sayanya yang terlalu lebay? wkwk.

Kalo cuma galau dan over thinking, rasanya malah bakal jadi orang tua yang gagal yah. Haha daripada meratapi kegalauan ya harus sambil belajar dan berusaha terus untuk jadi orang tua yang lebih baik lagi. 

Saya yakin, setiap ibu itu selalu belajar dari anak-anaknya. Walopun anaknya banyak, akan selalu belajar dari setiap anaknya. Karena perkembangan anak ga sama, sikap sifat dan karakternya beda. Satu rahim lho padahal, tapi harus selalu belajar untuk memahami setiap karakteristik anak-anaknya. Gila ya, belajar terus ga berenti-berenti jadi ibu tuh. Otodidak pula ga ada kuliahnya 🤣

Punya anak bukan cuma bikin, lalu hamil, lalu ngelahirin. Mentalnya bener-bener harus disiapin. Karena banyak banget yang dikorbankan ketika udah jadi orang tua. Prioritas bergeser terus. Wkwkwk.
Ini saya gini-gini amat ya, baru punya anak satu padahal. Masih bayik lagi. Hahaha

Yaah jadi ibu dari seorang bayi berusia 7 bulan.. happy of course.. but it's okay to be not okay kan? Akan datang masa-masanya sedih, capek, bosen, stress. Bukan mengeluh, tapi wajar menurutku. Karena jadi ibu emang ga mudah. Asal ga ngeluh tiap hari yaaa~ hush hussh jauh-jauhin deh orang yang punya negative mind. Nular soalnya 🙈🙈


Di balik foto anak yang stylist, mungkin ada ibu yang kucel belum mandi.
Di balik video anak yang makan dengan lahap, mungkin ada ibu yang kelaperan.
Di balik foto makanan anak yang enak, mungkin ada dapur yang berantakan.
Di balik ragam menu anak yang variatif, mungkin ada suami yang makan pake telor ceplok doang.
Di balik foto liburan happy, mungkin ada ibu yang sebelumnya udah cape berat ngurusin anaknya.
Di balik anak yang aktif, mungkin ada ibunya yang gempor ngejar sana-sini.

Yaah~ mungkin gitulah realitanya. Tak seindah di foto. Cape, tapi sangat worthit untuk dijalani ;)

Berbahagialah Buibuk dan calon buibuk~ Karena di balik ibu yang happy ada anak yang sehat dan happy juga :)



Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment