Susahnya Jadi Ibu Masa Kini

Semenjak jadi ibu, saya jadi lebih aware sama informasi mengenai per-bayi-an dan parenting. Saya banyak baca dan melihat ya mau ga mau di IG sekarang banyak banget berseliweran bayi-bayi. Haha.
Jadi orang tua itu emang harus banyak belajar sih. Ga bisa cuma ngandelin informasi turun temurun. Tapiii balik lagi kan, setiap anak itu unik; jangan banding-bandingin anak satu dengan anak yang lain.

Tapi, disaat membaca dan melihat beberapa postingan di IG ini kadang bikin saya gerah dan gelisah. Halah. 

Ibu-ibu instagram
Halaman explore instagram saya ini isinya bayiii semua. Lucu lucu bangeet. Yang ga lucu ini ibu-ibunya. Awalnya si ibu bayi cuma posting foto anaknya aja. Wajar dong yaa.. eeh tetiba banyak followersnya yang banyak tanya dan minta saran ini itu. Bandingin anaknya dengan anaknya ibu itu --a Ini bukan nyinyir yah. Gini lho, dia ini sama-sama baru menjadi ibu, sama-sama meraba yang baik buat anaknya.  Kalo saya, saya sih cukup tau aja. Baca, kalo menurut saya baik, boleh lah saya pertimbangkan. Lah ini followers banyak yang adu argumen gara-gara sharing-annya si ibu itu. Cape deh. Akun instagram mahmud yang paling menyenangkan itu punya ibunya kirana @retnohening. Anaknya super lucu, gemesin, sabar, polos sewajarnya anak-anak. Mba Retno ini kalo sharing selalu rendah hati dan ga menggurui sih. Sampe akhirnya bikin buku pun tetep low profile. Komentarnya bersih ga ada yang jualan ato berantem. Wkwkwk.

Iyaa, jadi ibu itu kan belajar ya. Si ibu yang suka sharing itu dia banyak baca dan menggali informasi parenting terkini. Ibu-ibu lain yang riweuh minta saran ini pengen yang gampang aja kali ya belajarnya pake jalan pintas dengan nanya ke si ibu yang baca lebih banyak 😂

ASIP
ASIP, air susu ibu yang diperah. Lagi-lagi gara-gara mantengin instagram, banyak kulkas-kulkas penuh asip bertebaran. Lalu ada akun instagram juga yang sharing untuk memperbanyak asi. Pumping. Ya caranya dengan memompa PD agar produksi ASInya berlimpah. Hmm.

Dari awal, saya bukan ibu yang bekerja. Saya ga berniat mengumpulkan Asip. 
Walaupun akhirnya saya punya karena dikasih oleh kakak sepupu saya. Saya pakai sesekali. Sempet tergoda akun instagram tadi; pumping kalo mau asinya banyak. Hasilnya? Engga diterusin wkwkw. Saya terlalu males buat pumping 2jam sekali. Saya terlalu males buat nyuci-sterilin alat pompanya.

Saya fulltime mommy, saya bisa nyusuin Ale kapanpun dia mau. Lain cerita kalo ibu bekerja ya, saya paham bener betapa pentingnya punya stok asip sekulkas. Tapi untuk full time mommy, sengoyo itukah punya asi berlimpah? Buat apa? Buat pamer di IG? Gausahlah tergiur liat kulkas penuh asip. Saya suka sebel liat orang posting foto hasil pumpingnya yang sampe sebotol penuh. Kan jadi  bikin kepo yang ga bisa menghasilkan sebanyak itu. Zz.

Sepupu saya, mungkin jadi korban ya. Doi full time mommy, dan mencoba untuk pumping. Awalnya hanya untuk malam hari aja biar dia gausah nyusuin anaknya. Akhirnya? Kebablasan. Anaknya bingung puting dan sampai sekarang sama sekali ga mau nyusu langsung. 

Yakinlah Asi gakan abis kalo terus disusuin, makan makanan yang sehat dan bergizi. Apalagi kalo kitanya normal, ga kerja. Gausah menggebu-gebu pengen ngumpulin ASIP berkulkas kulkas lah. Emang mau di minum semua sama anaknya gitu? Kalo emang niat  mau didonorin sih yaa lain cerita ya.

Saya? Saya pumping, hanya ketika mau pergi aja. Jaga-jaga kalo lagi crowded banget dan ga bisa nyusuin Ale langsung. Botol dot comes for the rescue :)) alhamdulillah Ale bisa nyusu dot dan ga bingung puting.

Instagramnya Andien
Saya ga follow instagramnya Andien. Cuma anaknya, Kawa, sering banget muncul di halaman explore. Kaget dong anak umur 1 minggu udah bisa tengkurep dengan kepala tegak. 3 bulan kemudian udah bisa merayap. Wkwkwk. Bisa ditebak gimana hebohnya komentar di foto-fotonya.

Saya juga heboh sih, kaget, dan kadang sedikit merasa kecil hati. "Anakku ga kaya gitu" tapi untungnya saya masih waras. Cuma sebatas itu aja dan saya kembali nikmatin perkembangannya Ale. Tapi ibu-ibu lain heboh ngomentarin anaknya andien dan bandingin dengan anaknya dia. Duh kasian. Udahlah.. perkembangan tiap anak kan berbeda ya.. satu rahim aja beda apalagi ini yang beda ibu wkwk.

Yaudahlah.. apa pun yang dilakukan orang tua pasti yang terbaik untuk anaknya. Buat saya itu yang penting keyakinan dan sugesti. Kalo udah yakin ini baik, insya allah hasilnya baik juga. Saya yakin asi saya cukup tanpa pumping. Insya allah pasti cukup. Bhahak.

Begitulah curahan hati ibu ibu korban instagram wkwkwk.


Cemangat Ibuuuk 😆

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment