Kenalan Sama Alesha

Balada emak2 baru.. suseh beneer nyari waktu buat ngeblog wkwkwk.. pengennya tiap bulan ceritain perkembangannya Ale.. tapi apa boleh buat.. sudah telat seminggu lebih wkwk.. ga apa apa lah yaaa..

Setelah sebulan shock jadi ibu wkwkwk akhirnya sekarang mulai bisa lebih santai..

Di bulan pertama Ale lahir, rasanya waktu kerasa lamaaa banget. Sungguh tidak menikmati masa-masa itu hiks. Ditambah saya anaknya baperan, dikit-dikit orang ngatain apa, kepikiran.. haha.. Sampe Ale saya pakein diepers dari lahir aja jadi omongan.. katanya saya ngedul. a.k.a pemalas. Saya galau liat Ale keriput, mukanya merah. Saya takut Ale kuning. Ale bau tangan, apalagi wkwk. Waktu itu Ale bau tangan nin. Iya itu lebih bikin saya galau lagi. Masalahnya Ale lebih nyaman sama nin nya daripada sama saya karena saya ga mau gendong.. iya idealisme saya bilang kan saya gamau ale bau tangan.. saya gamau dikata-katain orang kalo saya gendong-gendong ale terus.

Tapi ternyata saya jadi lebih galau liat Ale digendong terus sama ninnya. I cant handle my own daughter. Makin stress.. Saya ngerasa makin ga becus jadi ibu sekaligus ngerasa durhaka sama mama karena ngurus anak saya terus. Saya berusaha ga pernah manggil mama saya kalo Ale rewel, tapi mama saya selalu lari dan ambil alih Ale dari saya. Hihi. Iya mama saya terlalu sayang sama saya, kasian sama saya katanya. Tapi justru bikin saya makin ga nyaman sama Ale.

Waktu Ale umur sebulan, saya dan suami pergi ke rumah mertua. Rencananya mau nginep semalem. Saya udah parno duluan karena Ale masih suka rewel kalo malem, dan kalo rewel pasti bagian mama saya, saya ga bisa apa-apa. Bener aja, mindset saya udah negatif dari awal, menjelang magrib Ale reweel nangis kejer sejadi-jadinya. Saya? Mewek. Malu sama mama mertua karena gabisa ngehandle anak sendiri sampe akhirnya dianter pulang sama papa mertua saya. Kembali ke pelukan nin. Huft..

Beruntungnya, saya dikasih mama mertua yang luar biasa baiknya. Ketika anak bayik saya rewel luar biasa, beliau malah minta maaf karena cucunya ngerepotin saya. Hiks tambah malu kan.. beliau rajin nyemangetin saya kalo saya pasti bisa jadi ibu yang baik dan sabar buat Ale :") Makasih mamaa 😘

Kesalahan saya yang bikin saya ga nyaman dan ga menikmati hari-hari new born baby adalaaahhh nyusuin Ale sambil duduk. Karena ketika Ale ketiduran sambil nyusu berada di posisi duduk, ketika dia dipindahin ke kasur dia kaget dan bangun. Gitu terus yang bikin malam jadi terasa berat. Hiks. Dan saya terus nyusuin Ale sambil duduk, tidur di pangkuan saya sehingga bikin dia susah tidur di kasur.

Setelah sharing sama temen yang lebih dulu punya anak, disaranin nyusuin sambil tiduran. "Ntar juga tidur sendiri. Gausah ribet pindah-pindahin dia." Hmm bener juga. Pernah saya coba beberapa kali waktu Ale baru lahir, tapiii saya pegel miring-miring terus dan tangan pegel nahan beban badan. Kemudian saya dengan mudahnya menyerah..

Akhirnya saya coba lagi. Saya biasain nyusuin sambil tiduran dalam rangka mentraining Ale supaya bisa tidur langsung di kasur wkwk. Awal-awal gagal. Selalu gagal. Ketika dia lepas, dia langsung uget-ugetan lagi. Tendang sana sini. Huft.. Sabaar.. Namanya juga bangun kebiasaan baru lagi, ga akan cepet jadi. Kalo Ale udah gamau nyusu tapi masih nangis kejer, akhirnya saya gendong. Yaah.. saya berdamai dengan idealisme saya. Walaupun tetep gendong Ale adalah jalan terakhir banget kalo Ale udah ga mau diapapain wkwk.

Hasilnya? Iya saya jadi lebih kenal sama Ale. Saya lebih nyaman gendong Ale karena udah ikhlas kali ya wkwk sebelumnya buset kagok banget yang namanya gendong Ale haha. 

Jadi saya putuskan untuk ga dengerin lagi apa kata orang. Yaa harusnya emang gitu sejak memutuskan punya anak mi! Wkwk. Sekarang saya rela gendongin ato mangku Ale. Karena ini ga akan selamanya.. bakal dateng nanti masanya Ale udah ga mau dipangku ato digendong. Jadi saya lebih menikmati waktu-waktu gendong Ale, liatin mukanya, hiks jadi melow.. telat banget yak sadarnya hhahaa..

Yaah jadi di bulan kedua ini alhamdulillah udah mulai beradaptasi sama Ale. Ale udah mulai pinter bobonya ga dieyong-eyong nin lagi, ga terlalu sering dan lama bangun tengah malemnya, udah banyak ngoceh, udah tambah berat, udah bisa liat-liatan, aaah pokoknya udah seneng..

Kalo dibaca ulang tulisan ini, rasanya lebay banget ya saya jadi ibu baru. Wkwkwk tapi begitulah.. Terlahir sebagai anak sulung, tapi ga sempet kebagian ngasuh adik-adik karena masih kecil juga. Tinggal jauh dari sodara/keponakan-keponakan bikin saya hampir (bahkan kayaknya emang ga pernah) ga pernah pegang bayi. Terus abis nikah langsung dikasih anak. Shocking therapy banget. Ditambah anaknya ga selow banget alias gampang panik haha jadilah lebay.

Bismillah ya Le.. semoga ibu bisa jadi ibu yang lebih baik lagi.. lebih sabar lagi.. Ale yang sabar juga ya sama ibu hehehe..

Ps: maafkan kualitas tulisan yang sangat tidak rapih ato ada typo-typonya. Ditulis pake hape saat Ale lagi bobok. Ga sempet banget pegang laptop cyin hiks hiks

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment