Mengantarkan Alesha Rawnie Kamania ke Dunia

Waaakk it;s been a week after the big day! haha.
Alhamdulillah sudah pulih kembali..

Sejak awal hamil, bahkan sebelum hamil sih, sering ga sengaja baca-baca tentang proses persalinan. Ketika hamil, ya makin nambah cari informasi soal persalinannya. Gentle birth. Katanya proses persalinan dengan metode gentle birth itu ga sakit. Wah?! Pengen doong! Pas baca-baca tentang itu, ternyata yaa proses persalinan normal biasa, bedaanyaaaa, yang saya tangkep sih dari how to manage ur mindset yah.. Beklah.. Dari situ saya udah niat pengen bisa tuh ngelakuin gentle birth.

Saya periksa kandungan saya ke bidan dan dokter. Iyaah, saya udah "nyirian" bidan di dekat rumah saya. Saya ke dokter buat cek USG aja sih tiap bulannya. Bidannya udah senior banget yah, seumuran mamah saya, eh.. lebih tua malah.. dan beliau sabaaar bangeet. Yak, saya udah klop banget deh sama beliau :D

HPL saya tanggal 1 Desember 2016. Tanggal 19 November saya kontrol ke bu bidan, yang ternyata jadi kontrol terakhir sebelum melahirkan hehe. Saya tanya, kapan saya harus dateng ke bu bidan kalo udah ada tanda-tanda melahirkan? Beliau bilang "nanti aja kalo sakitnya udah 5 menit sekali". Wow. Oke.. Saya juga bilang ke bu bidan kalo dari hasil USG ada lilitan sekali di leher dedek. Kata bu bidan it's okay. Pulanglah saya ke rumah, beraktivitas seperti biasa. Hehe.

Oya, tepat 2 minggu sebelum saya melahirkan, suami saya baru aja resign dari kantornya dan pindah kerja di Jakarta. Hmm,. sejak proses pindahannya, saya udah mengikhlaskan kalau suatu saat saya melahirkan ga ditemenin sama suami. Bismillah lillahitaala aja. Saya berdoa minta dikasih waktu terbaik aja buat ngelahirin, mau ada ataupun ga ada suami saya :)

Hari Jum'at 25 November 2016 saya mulai ngerasain mules-mules, tapi ga begitu saya hiraukan soalnya ga ada keluar darah.. Hingga akhirnya sore harinya ketika mau pipis dan solat, darah itu datang.. kaget.. Bengong sesaat di kamar mandi.. What should i do? Akhirnya saya panggil mama untuk minta pembalut :))

Mama langsung heboh dan ngajak pergi ke bu bidan. Saya yang udah dipesenin sama bu bidan buat ke tempatnya saat udah sakit 5 menit sekali, ya cuek aja. Berusaha tenang, saya kabarin suami kalo kayaknya saya mau melahirkan dan dia ga usah khawatir. Saya juga kabarin bu bidan tentang apa yang terjadi. Tapi bu bidan ga bales-bales.

Saya masih berusaha tenang, nonton tv, makan, santai-santai. Iya, soalnya sakitnya masih kayak dapet hari pertama. Mama saya udah siap-siap beli makanan minuman i                                                           ni itu, katanya takut saya kecapekan saat proses persalinan nanti :D

Sms ga dibales-bales, saya penasaran juga, akhirnya saya telfonlah bu bidan. Bu bidan bilang "santai aja, itu paling masih bukaan 1. Masih lama. Sabar aja ya, yang ikhlas, nikmatin. nanti aja kesininya kalo sakitnya udah 5 menit sekali." Oke! Saya lakuin apa kata ibu bidan. Tenang, sabar, nikmatin dan ikhlas :D

Suami yang awalnya minggu itu ga akan pulang, akhirnya pulang juga. Ga tega juga kali ya dia wkwk. Selama Jum'at malem hingga Sabtu seharian, sakitnya cenderung hilang. Bahkan malem minggunya kami sempet makan di luar sekeluarga. Sepulang dari makan malam itu, naaah mulai kerasa beda sakitnya :D semaleman saya nahan mules. Saya udah install aplikasi penghitung kontraksi. Setiap sakitnya dateng, saya mulai hitung. Jaraknya masih jauh dari kontraksi ke kontraksi, sekitar 10-15 menitan, bahkan kadang 30 menit. Setiap kontraksi hanya sekitar 1 menitan. Jadi saya harus siap untuk nahan sakit selama 1 menit. Setiap sakit itu dateng, saya langsung siap-siap atur pernapasan. Capek, akhirnya saya paksain tidur aja, walaupun lagi enak-enak tidur sakitnya tiba-tiba dateng -___-

Minggu pagi, 27 November 2016, keluarga udah pada ga sabar nyuruh saya pergi ke bidan. Padahal saya masih ngerasa biasa-biasa aja. Males dibawelin, yaudah saya pergilah ke bu bidan sambil jalan pagi sama suami sekitar jam 8an. Belum mandi dan masih stelan piyama haha. Ketika kesana, saya bilang sakitnya belum seberapa sih, tapi orang tua udah nyuruh kesini ngecek. Bu bidan cuma ketawa. Akhirnya saya diperiksa dalem. OMG ternyata ga enak banget rasanya -____- pantes bu bidan nyuruh ntar aja periksanya, biar ga terlalu sering diperiksa dalem. huft. Dan ternyata waktu itu masih bukaan 2, tapi rahimnya udah melunak. Jam 12 juga lahir lah. Hmm..

Jam12, sakit yang saya rasakan masih biasa aja, masih bisa saya tahan. Feeling saya masih sama kayak tadi pagi nih kalo diperiksa lagi, Jam 1 saya pergi ke bu bidan lagi. Diperiksa lagi. Bukaannya belum nambah. Hmm. Bener kaan.. Bu bidan bilang jam 5 balik lagi..

Jam 5, sakitnya udah sakit banget, tapi masih belum teratur. Saya males diperiksa dalem lagi. Saya bilang ke bu bidan kalo sakitnya masih sama aja. Akhirnya bu bidan bilang nanti aja kesananya kalo udah sakit banget dengan durasi kontraksi 2 menit sekali. Aaah, mending begitu deh,, mending nahan sakit di rumah sendiri :)) Yang bikin bete, tetangga-tetangga pada heboh bolak balik ke rumah nanyain saya udah lahiran apa belum. Saat saya lagi sakit-sakitnya, mereka ngumpul di kamar saya sambil cerita pengalaman masing-masing saat melahirkan. Masya Allah.. keseeeel bangeet.. Saat mulesnya dateng, saya cuma bisa istigfar.

Jam 10 malem, ternyata sakitnya udah sakit banget dan berlangsung 2 menit sekali. Saya jalan-jalan keliling rumah. Orang-orang rumah ngajak ke bu bidan. Saya masih bingung, ini beneran kayak gini, gitu sakitnya? ato masih bisa lebih sakit lagi? Tapi yaudah, saya nurut. Saya, suami, mama dan tetangga saya, (guru ngaji saya yang saya panggil bu ade) beramgkat ke bu bidan jalan kaki :)) Dari rumah sampe ke rumah bu bidan, saya sempat berhenti 4x saat mules itu dateng.

Ketika diperiksa bu bidan, ternyata udah bukaan 8. Wow. Kata bu bidan sebelum jam 12 harusnya udah bisa lahir. Selama menunggu bukaan lengkap, masya allah sakitnyaaaa warbyasak. Saya udah ga bisa ngomong lagi. Cuma bisa istigfar dan istigfar. Saya bilang ke bu bidan, rasanya kayak mau buang air besar. Bu bidan cuma ketawa --a

Saat udah ga tahan banget, akhirnya bu bidan bilang "hayu atuh neng ami". Itu jam 12:00. Ketuban dipecahin, mules muncul. Ternyata mulesnya berbeda sama mules kontraksi. Saat itu saya sambil ngahuleng alias ngelamun, "hoo begini rasanya, kok ga heboh kayak di tv-tv ya?" :D

Suami dan bu ade menemani saya di dalam ruang bersalin. Mama dan ayah saya? Nunggu di luar. Bahkan mama saya jalan-jalan keliling komplek saat saya ada di dalem. Wkwkwk. katanya ga tega, takut kalo denger saya teriak-teriak. Padahal saya ga teriak-teriak sama sekali. haha

Saat mules dateng, saya mulai ngeden, dan saat mulesnya ilang, saya diem. Ternyata itu bikin keringetan banget. (yaiyalah). Mulai aneh, kok lama banget ga keluar-keluar. Saya sampe bilang ke bu bidan. "Bu kok lama banget? Saya ga bisa ngeden apa gimana?" soalnya saya pernah nonton orang cuma 2x ngeden bayinya keluar. Udah setengah jam si cantik ga keluar-keluar. Saya ngeden sekuat tenaga.. lalu entah apa yang terjadi.. saya pasrah mau diapain juga sama bu bidan, akhirnya dedek bisa keluar dengan sedikit dipaksa. Hah! Ternyata badannya terlilit tali pusar! Bukan cuma leher, tapi badan! Makanya susah banget keluarnya :((

Senin, 28 November 2016 jam 00:45, tangisnya pecah. kenceeeng bangett. suami ga berenti ciumin kening saya, saya cuma bisa bengong. Antara percaya ga percaya udah ngelewatin pertarungan dengan maut. Alhamdulillah alhamdulillah... kalo bisa sujud rasanya saya pengen sujud syukur. Saya bener-bener bersyukur Allah mengabulkan sebagian besar doa saya. Saya diberi kekuatan untuk menahan rasa sakit kontraksi dan saat proses persalinan, saya diberi persalinan yang nyaman di waktu yang tepat, yang paling luar biasa suami bisa nemenin proses persalinan sampe akhir, di saat saya udah ikhlas kalau-kalau suami ga bisa nemenin :D, yang lebih luar biasa lagi, si dedek lahir tepat di usia pernikahan kami yang ke 9 bulan. 28 November, 9 bulan pernikahan, di usia saya tepat 23 tahun 9 bulan. aahh,, cant thank you enough ya Allah.... jaitan yang gatau berapa jumlahnya ini sangat worth it buat semuanya :D


-------------------epilog--------------------

Jum'at, 25 November 2016
--Chat Line--
Ami: "Jangan panik ya, kayaknya aku udah mau lahiran deh.."
blablablablabla
Imam: "Pek te tanggal 28 brojolnya :)) Kabeh weeee2 28 wkwkwk" 
Ami: " -____________________- jangan atuh, akunya sakitnya lama"



Proudly present, our lovely little princess
ALESHA RAWNIE KAMANIA





Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment