Drama Menyusui

Setelah ngidam mual-mual di awal kehamilan, stress skripsi di pertengahan kehamilan, sakit badan di akhir kehamilan, dan perjuangan melahirkan, ternyata dramanya belum selesai sampai di situ :') masih ada lagi.. menyusui..

Sewaktu hamil saya udah persiapan untuk memberikan ASI ekslusif untuk anak saya nanti. Saya banyak baca dan nanya-nanya soal persiapan menyusui ini. Pejuang ASI. Yah, ternyata menyusui itu emang ga gampang yah.. pantes disebut pejuang :')

Lihat orang-orang menyusui anaknya, kelihatannya gampang-gampang aja yah, tapi sebenernya kita saya ga tau, dibalik itu ada perjuangan yang luar biasa. Wkwkwk.

Setelah Ale keluar, bayangan saya langsung IMD kan, yang bayinya disimpen di dada ibunya. Ternyata itu hanya ekspektasi aja wkwk. Di sesi kontrol sebelumnya, saat saya tanya-tanya soal ASI sama bu bidan, beliau bilang IMD itu rentang waktunya selama 3 jam. Jadi, sebenernya ga langsung di deketin ke ibunya juga ga apa-apa asal dalam rentang waktu 3 jam.

Ditambah lagi, saat itu saya pendarahan. Badan saya udah mandi darah aja :)) rasanya malah ga nyaman kalo sambil pegang Ale. Setelah urusan saya selesai, saya udah dijait dan udah dibersihin, Ale baru dikasihin ke saya, langsung belajar nyusu. Luar biasa yah, itu bayik baru lahir bisa langsung bisa ngenyot :)). Laper sekali kayaknya. Kenceng banget nyedotnya.

Saat itu, saya kira ASI saya udah keluar, lihat si Ale semangat banget ngenyotnya. Ternyata.. ga ada isinya wkwkkw. Bu bidan bilang wajar, nanti juga keluar sendiri kalo makin sering disusuin ke Ale. Baiklah..

Sampe rumah, saya terus nyusuin Ale sambil berharap ASInya cepet keluar. Mama saya masakin saya sayur-sayuran biar ASInya cepet keluar. Sampe malem, dia rewel terus, nangis kejer setiap abis nyusu. Saya pencet-pencet, ternyata emang ga ada yang keluar. Pantes dia bt. Semaleman dia nangis kejer. Saya tau bayi bisa bertahan selama 3 hari tanpa makan apapun. Tapi siapa yang tega denger anak nangis kejer begitu? Hiks.

Sampe pagi, dia masih nangis kejer. Saya mulai panik. Mama saya nyaranin pakai sufor dulu. Duh. Galau. Idealisme saya bilang anak saya harus ASI ekslusif. Tapi saya juga ga tahan denger anak nangis kejer begitu. Akhirnya saya nurut sama mama saya buat ngasih Ale sufor, dengan syarat disendokin. Ga boleh pake dot. 

Untungnya saya pernah baca artikel soal realita menjadi ibu. Jadi saya ga terlalu ngerasa bersalah ngasih Ale sufor. Kenapa? Soalnya saya tau, saya hanya bakal tambah stress kalo denger Ale nangis kejer begitu entah berapa lama. Semakin saya stress, ASI saya bakal makin susah keluar. Pokoknya, Ale pakai sufor hanya sampai ASI saya belum keluar. Selama itu saya berusaha terus biar ASInya cepet keluar. Saya makan daun katuk, bayem, pepaya muda, apa pun lah yang bisa bikin ASI saya cepet keluar.

Ale minum sufor dikit banget. Asal dia bisa tidur, sufornya distop. Alhamdulillah, ASI saya mulai keluar di hari ke 3. Perlahan tapi pasti, akhirnya Ale says bye to sufor :D. 2 hari is enough ya Le, alhamdulillah..

Drama belum selesai sampai di situ. Setelah lepas dari sufor, Ale full menyusu sama saya. Dan ternyata menyusui ga segampang yang saya lihat  dan saya bayangkan :)) Menyusui itu... menyakitkan :))

Di awal-awal menyusui, it was a really hard time. Lecet sampe berdarah :(( Rasanya menyusui adalah kegiatan yang paling bikin galau buat saya. Saya takut banget saat Ale nangis minta susu :(( Parno banget rasanya saat udah hadap-hadapan sama Ale, sampe pa tarik-tarik :)) dia nangis udah mangap-mangap, saya narik-narik menjauh. Ngerriiii :))

Asli! Perih banget rasanya. saya sampe nangis tiap kali nyusuin. Padahal waktu nahan kontraksi aja saya ga nangis sama sekali. Tapi nyusuin ini rasanya menyiksaaa banget. Tiap orang lain liat saya nyusuin, mereka bilang "emang begitu mi, sabar aja.. obatnya cuma terus disusuin. Dilema emang, tapi itu satu-satunya cara". Yah.. beneran dilema. Sakit banget, tapi harus tetep nyusuin.

Untungnya, semua orang selalu nyemangatin saya buat ga nyerah. Ngusap-ngusap saya ketika saya mulai menyusui dan ngeringis kesakitan :') Alhamdulillah.. sekarang udah jauh lebih baik. ASI mulai lancar walaupun ga berlimpah-berlimpah amat, insya allah cukup buat bikin Ale kenyang, dan saya udah lebih santai nyusuin Ale :)

Dukungan orang-orang sekitar emang penting banget buat kesuksesan menyusui :D
Yah, walaupun sempet pakai sufor, saya ga nyesel kok :D apakah saya gagal memberikan ASI ekslusif karena pakai sufor? Entahlah.. gak peduli :p Apapun namanya, yang penting Ale udah mimik ASI sekarang :D

Bismillah yaa Leeee.. semoga kita sehat-sehat teruss dan ASI ibu lancaar biar Ale cepet geudeee :D

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment