Cerita Ibu Newbie

Ga kerasa udah sebulan menyandang status baru sebagai ibunya Alesha Rawnie Kamania, anak bayik mungil yang kulitnya meraaah banget, matanya sipit , idungnya pesek, dan mukanya bulet yang gemesin banget. Wkwk. Sebenernya kerasa banget sih pas ngejalaninnya. Lamaaa bangeeet. Pas liat lagi ke belakang, eh kok rasanya cepet banget --a Life..

Setelah sebulan jadi seorang Ibu, banyak banget hal yang berubah ternyata. Haha. Rasanya duniaku jungkir balik. 

Sabar
Sebagai anak yang panikan dan gampang stres, mengurus bayik bener-bener menguji kesabaran. Setiap harinya ada aja yang mengharuskan saya bersabar. Waktu tidur yang berkurang drastis dan ngadepin Ale yang nangis ngegoak-goak bener-bener hal terberat buat saya. Haha. Kalo Ale udah ga berenti-berenti nangisnya, saya ya ikutan nangis wkwk frustasi rasanya. Mungkin kalo saya lebih tenang dan rileks, saya harusnya lebih enjoy ngejalanin ini semua. Hehe..

Baby Blues
Baby blues, awalnya saya aneh sama orang-orang yang mengalami baby blues. Kok bisa sampe begitu ya? Sampai akhirnya saya mengalaminya sendiri. Wkwkwk. Dengan kondisi dasar saya yang panikan dan gampang stres, baby blues ini dengan mudahnya menghampiri saya.

Di minggu pertama gak begitu terasa. Saya menikmati peran baru saya, begadang bareng suami, gantian jagain Ale, saya nyusuin Ale, dia pijitin saya. Ideal banget yak. Kebetulan selama seminggu suami ada kerjaan di Bandung, jadi bisa nemenin saya. Masuk minggu kedua, suami balik ke jakarta, saya sendirian, dan drama pun dimulai.

Tentu saja, saya ga bener-bener sendiri, karena saya tinggal sama orang tua saya, yang siap bantuin saya. Tapi tetep rasanya ga seperti di minggu awal. Keberadaan suami ternyata punya pengaruh besar walaupun sering nyebelin wkwkw. Saya jadi lebih melow. Sering nangis. Sering punya perasaan negatif.

"Saya bisa ga ya jagain ale?" "Kalo ada apa-apa sama ale gimana?" Dan lain sebagainya. Semenjak Ale lahir, saya jadi sering banget ngerasa khawatir. Rasanya kayak ada beban beraat banget, tanggung jawabnya besar banget punya anak. Huft. Saya sering ngerasa takut, takut Ale kenapa-kenapa. Ale nangis aja rasanya hati saya sakit banget, apalagi kalo ntar Ale sakit, ato demam efek vaksin? Pengen kabur aja rasanya. Saya juga sering ngerasa sedih karena hidup saya udah bener-bener berubah sejak Ale lahir. Ga jarang saya takut sama Ale, seringnya di minggu-minggu awal, saya takut sama Ale kalo Ale mau nyusu (karena perih banget man!), saya takut liat Ale nangis, saya takut liat Ale melek ga tidur-tidur wkwkw.

Sesungguhnya punya anak ga semudah yang saya bayangkan sebelumnya. Begadang, nangis, ga mau tidur, it's hard! Saya sering mikir "ya allah ini kapan selesainyaaa pengen Ale cepet gedeee" saat liat Ale yang mungil ringkih palaur megangnya. Haha,

Yaah mungkin saya aja yg terlalu lebay dan kurang menikmati prosesnya. Walaupun sekarang saya udah jauh mendingan dan lebih nanemin pikiran positif di otak saya. Ale juga udah lebih berisi, jadi tambah seneng liatnya. Hehe.

Bau Tangan
Seminggu Ale lahir, saya begadang bedua sama suami. Hari-hari pertama dibantu mama karena Ale nangis kejer nyusu ga kenyang-kenyang karena ASI saya yang belum keluar. Setelah ASI keluar, sebisa-bisa saya nidurin Ale sendiri. Hampir selalu berhasil dengan ngASI sambil tiduran. No timang-timang. Saya tau, kalo ditimang-timang, anak bakal bau tangan dan saya juga bakal pegel kalo gendongin Ale terus..

Semua berawal ketika suami saya balik ke Jakarta, saya tidur bedua sama Ale. Ale nangis dan kemudian mama saya dateng sambil bawa kain jarik.. "sini gendong sama nineuuu". Dilema. Satu sisi saya ngantuk berat, tapi satu sisu saya tau ini adalah awal dari bau tangan..

Kalo Ale tetep nangis setelah saya susuin, nineunya selalu ambil alih. Hmm. Ini selalu bikin saya galau. Rasanya saya jadi ga mandiri, saya ga berhasil nidurin Ale dan sering ngerasa jadi Ibu yang ga becus. Nidurin anak aja harus sama neneknya. Saya ga pernah sekalipun bangunin mama saya kalo malem Ale bangun, tapi beliau langsung lari ke kamar saya ketika denger suara Ale nangis dan ngambil Ale dari saya. Saya bisa apa? Heuu.

Maksud mama saya tentu aja baik, bantuin saya. Saya tentu sangat terbantu dengan mama saya. Tapi tau kan, si Ale jadi bergantung terus sama neneknya. Huft. Saya selalu galau dan ngerasa bersalah. Serba salah juga. Mau ngelarang mama saya pegang Ale, ga enak. Dari sebelum Ale lahir, bahkan sebelum saya hamil, mama udah bercita-cita gendong cucuknya pake jarik. Terus sekarang cucuknya udah lahir, lucu pula. Yasudah deh.. terlaksana itu cita-cita. 

Lucunya, mama saya itu tipe orang yang sering ngeluh sakit ini itu. Tapi gendongin Ale, beliau bisa kuat berjam-jam dan bangun tengah malem jam berapa pun, tanpa ngeluh! Malah seneng! Saya ngerasa serba salah lagi, takut mama kecapean, tapi seneng juga kalo mama seneng.

Akhirnya? Yaah saya biarin dulu aja beginilah.. Ale yang kalo mau tidur mesti digendong sama neneknya. Walaupun tetep kesel sama omongan orang-orang yang ngatain Ale anak bau tangan. Ambil positifnya aja, saya terbantu. Walaupun saya tau ini bakal jadi boomerang kalo saya cuma bedua aja sama Ale, tanpa nineunya. Saya harus nebelin kesabaran saya lagi :)

Me Time
"Mandi aja jadi me time banget buat aku" -kata temen yang sudah punya anak duluan. Ternyata benar. Wkwk.
"Anak tidur, ibu harus ikutan tidur" iyaa, idealnya begitu. Tapi kerjaan rumah juga marathon minta diberesin. Haha. Setelah Ale tidur, saya ngerjain ini itu, kejar-kejaran sama waktu, takut Ale keburu bangun. Saat kerjaan saya beres, harusnya saya ikutan tidur, ehh si cantik bangun. Wkwk. Ketika ale tidur dan banyak yang jagain, saya ga ngantuk. Saat ngantuknya hilang, Alenya bangun. Gitu aja terus :)) Jadi beneran, makan eskrim aja udah jadi me time bangeet.. baltooosss, wait for me yaah! :))

Yaah sebulan berlalu. Perjalanan masih sangat panjang. Harus lebih sabar dan berpikir positif. Saya beruntung ASI saya keluar banyak walaupun gak melimpah seperti isi kulkas orang-orang. Setidaknya, cukup buat Ale bt kesel gara-gara doi ga santai ngASI nya, keselek. Saya beruntung masih punya mama yang bantuin saya jagain Ale, adik-adik yang mau nungguin Ale kalo lagi tidur. Saya beruntung punya suami yang mau ikut ngasuh anak walaupun cuma 2 hari dalam seminggu. Saya beruntung Ale ga nangis meraung-raung kalo malem. Setidaknya gak kayak emaknya waktu bayi yang nangis kejer semaleman 40 hari. Ngeri. Saya beruntung punya mertua yang luar biasa baik dan pengertian. Aahhhh.. saya emang harus lebih banyak bersyukur supaya bisa berpikir positif, biar hidup terasa lebih mudah untuk dijalani. Halaah..

Selamat 1 bulan, Alesha. Makasih udah jadi anaknya ibu. Emang bener adanya bukan kita yang ngajarin anak, tapi anaklah yang ngajarin kita. Ibu jadi mulai belajar sabar sejak Ale lahir. Maafin ibu yang masih sering ga sabar dan panik ngadepin Ale. Tumbuhlah jadi anak yang sehat ya Le, yang tenang dan sabar. Tenang kalo lagi bobok, sabar kalo lagi nyusu :))

Petuah untuk Ale? Selalu ibu ucapin kalo lagi ngobrol sama Ale, dan selalu ibu panjatkan saat Ibu berdoa. Ibu ga pinter merangkai kata. Wkwkw.

Sehat-sehat terus yaaa Alesha cantik anak ibuuuuu..
cintanya ibuuuk

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

4 comments:

  1. Uuuuuuuu so sweett...
    Cepet gede ale.. biar bisa diajak ketawa hhha

    ReplyDelete
  2. Aleeee kita belum ketemuu hiks, duh ketemu teteh Lanay pasti di gabrug ��

    ReplyDelete
  3. Lagi iseng baca blog sendiri, terus baru sadar ada komen ini belum dibales wkwkwk

    Sekarang alenya udah bisa diajak becanda, ateunya udah ripuh ga bisa bebas kemana2 wkwkw

    ReplyDelete