Achievement Unlocked: Wisuda!

Tolongg! Aku kira setelah beres urusan TA bakal lebih enjoy buat blogging. Tapi nyatanya? Buka laptop aja mualeeesssnyaaa luar biasa. Wkwkwk. Padahal cita-cita abis beresin TA pengen kembali ngeblog dan nonton drama korea. Tapi yaah cuma wacana aja. Hihihi. Yaudahlah yaa~ excusenya diceritain di lain kesempatan aja. Sekarang mumpung lagi ada mood buat nulis, mari menulis :D

Alhamdulillah tanggal 13 Oktober 2016 kemarin akhirnya aku wisuda setelah jatuh bangun terseok-seok kuliah 4 tahun. Hihi. Bukan perjalanan yang mudah untuk bisa lulus. Yaah, kuliah itu adalah seni mengakhiri apa yang udah kita mulai emang yah.. Walaupun susah, banyak tantangan dan godaan, tapi harus tetep diselesaikan. Hihi.

Iya, kuliah itu dasarnya belajar kan, sama aja kayak sekolah SD SMP SMA, tapi tanggung jawabnya beda :D Kuliah itu bentuk tanggung jawab ke diri sendiri, mau masuk apa engga, mau titip absen doang apa engga, mau lulus kapan, itu gimana kita.. apalagi yang kuliahnya biaya sendiri yah.. Kalo dibiayin orang tua,, beuh tanggung jawabnya tambah tuh ke orang tua.

Aku mulai kuliah tahun 2012 dan memutuskan untuk ambil kelas karyawan, which is kuliahnya sabtu dan minggu only. Padahal waktu itu aku belum kerja xixi. Selama belum kerja aku ngabisin weekday aku dengan les bahasa inggris ampir tiap hari di deket rumah. Biar gak gabut-gabut amatlah.. haha. Dan akhirnya 2 bulan kemudian diterima kerja di sebuah perusahaan start up. Ngambil jurusan teknik elektro dan kerja sebagai QA di perusaan tersebut. Ga ada nyambung-nyambungnya yah~

Kerjaan dan kuliah ga sinkron, tapi tetep harus dijalanin. Selama 4 tahun mengorbankan weekend untuk main sama temen-temen. Kayak yang sedih banget ya 4 tahun tanpa weekend.. tapi sebenernya ga semenyedihkan itu kok. Haha. Ada aja celahnya sih :p

Sempat kepikiran ingin menyerah di tengah jalan? Alhamdulillah engga.. Aku masih harus berkali-kali bersyukur untuk bisa kuliah dengan tenang, bisa ngerjain tugas dengan santai dibanding temen-temen lain yang kerja di luar kota. Yang dateng kuliah cuma bisa 2 minggu sekali, atau yang tiap minggu bolak balik Jakarta-Cimahi supaya bisa kuliah. Mereka pasti lebih capek dari aku yang kerja masih di Bandung, tinggal masih di Cimahi. :D

"Capek kuliah... Pengen nikah ajaaa" sering baca begituan ga sih di path? Hahaha. Emangnya nikah itu jalan keluar? Emangnya nikah itu ga capek? Emangnya dengan nikah semua masalah selesai? Wkkwkwk
Sebagai orang yang nikah saat jadi mahasiswa tingkat akhir, pernyataan itu cuma bisa disenyumin aja. Hahaha. Aku nikah bukan karena capek kuliah ya, btw hahaha. Nikah dan kuliah itu punya tanggung jawab yang berbeda. Halah.. Lagian orang tua aku ga ngasih syarat "harus lulus dulu" buat nikah. Nikah mah nikah ajeee~

Menjalani peran sebagai mahasiswa tingkat akhir dengan status sebagi seorang istri, ditambah lagi ternyata hamil. Wakwaw. Hahhaa. Ga pernah kebayang sama sekali asli! Tapi yaa Allah maha baik.. ngasih suami yang ngerti sama TA yang aku kerjain, jadi kalo bisa dibilang ini TA hasil kerja kelompok wkwkkw. Mungkin ada untungnya ngeTA sambil hamil, karena suami jadi ga tega wkwk. Padahal waktu masih pacaran, dia sama sekali gamau bantuin tugas aku "googling aja" selalu gitu jawabannya. Hahaha. Draft TA selesai, mual-mual mulai ilang, masuk trimester 2. Alhamdulillah badan udah balik kondisi fit lagi, bisa bolak balik ke kampus buat bimbingan, pra sidang, sampe akhirnya sidang dengan badan yang sangat sehaat.

Nyelesein semester akhir kuliah ini emang banyak ceritanya.. dari hamil, sampe akhirnya memutuskan resign, ga boleh bawa motor jadinya kemana-kemana dianter mama. Ngerasain banget lulus kuliah itu bukan perjuangan aku sendiri, tapi dari keluarga dan temen-temen. Beraaaaaattt tapi akhirnya terlewati jugaa :D

Yaah walaupun udah sarjana malah jadi pengangguran, karena resign tepat saat masa-masa ngerjain TA, aku ga nyesel. Hihi. Entah kapan kepakenya gelar ini, yang penting tanggung jawab sudah selesai. Kalau gelar ini belum kepake buat orang banyak, seengganya kepake buat ngajarin anak. Hehe.

Terimakasih a Imam as suami dan pembimbing wkwk, udah sabaaaar bangeet ngadepin ke-cranky-an aku selama ngerjain TA, mama yang selalu siaga nganterin bahkan kadang nungguin anaknya ini bimbingan >,<, de ari yang walaupun sambil manyun tetep sabar nganter jemput ke kampus, de hadi yang selalu dimintain tolong beli cemilan, dan ayah sebagai donatur utama yang bayarin kuliah >,< wkwkwk. Akhirnya satu lagi pencapaian tahun ini yang berhasil direalisasikan: Wisuda! Warbysak! Alhamdulillah! Allahuakabar!








Oiya, Kemarin teman adik aku komen di foto wisudaan aku begini "duuuhhh ada dedek bayi+wisudaaa.. indah banget hidupnyaaaaa" hahhahhahaaha. Dek, kamu ga lihat perjuangan saya dek. Kuliah dulu yang bener sanah! wkwkkwkw

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment