My First Trimester Journey: Mixed Feelings

Alhamdulillah.. minggu ini sudah masuk ke trimester 2. Lumayan lega~~
Kenapa lumayan lega? Karena masa-masa trimester 1 adalah masa-masa yang bikin parno dan deg-degan. Yaa trimester 1 kan rawan bleeding, keguguran dan semacamnya. Apalagi kakak ipar yang usia kandungannya barengan sama saya ternyata bleeding dan harus bedrest 2 minggu. Sahabat saya juga waktu hamil sempet bleeding. Kan saya jadi ngeriiiiii.. Parno banget tiap ke kamar kecil. Hadeeuh..

Tapi alhamdulillah saya tidak mengalami hal itu. Yaa, walaupun saya ga bisa dikatakan "normal-normal banget", karena saya ngerasa mual dan lemes sekitar 4 mingguan. Hihi.

Sebelum hamil, bahkan sebelum menikah, saya udah sering baca-baca tentang kehamilan, gimana kehamilan setiap ibu itu beda-beda. Mereka unik dan punya karakteristiknya masing-masing. Ada yang sama sekali gak mengalami mual alias normal-normal aja (asik ya :D), ada yang gak mual tapi jadi doyan makan, ada yang mual-mual, bahkan ada yang melalui trimester awalnya dengan bleeding. Jadi saya udah mempersiapkan mental untuk apa pun yang terjadi sama saya. Saya bakal menikmatinya dengan ikhlas dan tanpa mengeluh (di media sosial :D).

Mitos Hamil
Saya juga baca tentang mitos-mitos selama kehamilan, yang ga boleh makan ini, ga boleh makan itu, ga boleh ngelakuin ini dan itu. Hingga pada saat pertama kali check up ke dokter kandungan, yang pertama kali saya tanyakan adalah: "ada pantangan ga dok, buat makan yang konsumsi ibu hamil?" beliau jawab: "engga. ga ada pantangan. Tapi diusahakan makan makanan yang sehat." Ya tentu atuh ya itu mah. Hihi. Berbekal dari sana saya pede makan apa aja. Kalo lihat di internet, itu banyak artikel yang apeu banget kan? Makanan yang berbahaya untuk ibu hamil. Hmm.. Kalo saya telen mentah-mentah itu artikel, saya kayaknya banyak gamau makan. Haha.

Mitos yang terkenal di keluarga saya itu bawa penitik dan gunting kuku. Haha. Keluarga besar saya sebenernya, kalau keluarga inti saya sih udah ga percaya yang gitu-gitu.. Saya keingetan ini saat saya ke rumah sepupu saya di Cirebon yang baru melahirkan, saya lihat ada benda-benda itu. Trus saya tanya itu buat apa? Dia cerita dia diomelin sama mama nya karena ga nurut disuruh bawa penitik dan gunting kuku. Padahal sepupu saya itu udah ga percaya sama yang gitu-gitu. Karena bandel gamau bawa, akhirnya mamanya lah yang nyiapin itu penitik dan gunting kuku. Hihi. Katanya buat melindungi kandungan. Hmm. Daripada ribut sama mamanya, akhirnya dia nurutlah bawa itu penitik dan gunting kuku. Hihi.

Saya ngeri kalo bayangin harus bawa-bawa benda kayak gitu dan percaya kandungan saya dilindungi sama penitik dan gunting kuku. Yaah, kadang tradisi, mitos dan semacamnya itu beda tipis sama musyrik. Karena yang maha melindungi itu hanya Allah SWT.

Alhamdulillah keluarga saya, ga percaya sama yang gitu-gitu. Mertua juga! Beruntungnya~ Mama mertua saya gak pernah cerewet sama kondisi saya, beliau selalu ngingetin untuk lebih hati-hati dan jangan capek-cape, ngingetin saya lebih sabar dan enjoy menjalani kehamilan ini. Alhamdulillah..

Makanan dan Mual 
Tapi saya yakin kok ga ada makanan yang berbahaya buat ibu hamil. Karena pada dasarnya ibu hamil itu orang sehat dan ga sakit, boleh makan apa saja ASAL sadar porsinya hehe. Yang disebut berbahaya itu bukan bahaya buat janinnya, tapi lebih ke ibunya. Tau sendiri kan perubahan hormon yang terjadi sama ibu hamil itu gimana dasyatnya. Makan enak aja bisa muntah lagi kalo lagi mual. Nah, si makanan-makanan (yang katanya berbahaya) ini punya gas yang merangsang mualnya si ibu hamil. Jadilah muntah-muntah. Jadi yaa kalo emang perutnya ga kuat, mending dihindari dulu hehe. Kalo udah normal lagi sih, hajar aja hahaha.

Saya tergolong orang hamil yang mual. Iya, saya mual, dan ngerasa payah banget selama awal-awal kehamilan. Walaupun mual, tapi saya gak muntahan. Maksudnya, makan-muntah-makan-muntah. Engga. Saya masih bisa makan walaupun dengan porsi yang sedikit banget haha. Jadi kalo mualnya kambuh, saya tahan biar ngga keluar lagi makanannya. Emang sih, kalo mual enaknya dimuntahin biar plong perutnya haha. Tapi bidan gak menyarankan buat ngeluarin itu makanan. "Tahan aja" katanya. Jadi saya tahan semampu saya aja walaupun perut rasanya penuuh dan begaaah banget huhu. Tapi bukan berarti saya ga pernah muntah sih. Beberapa kali saya muntah di kamar mandi karena berdiri kelamaan kali ya.. haha

Iya, saya syukurin aja kondisi saya yang seperti itu. Karena saya tahu di luar sana banyak yang lebih parah dari saya. Pernah ada yang komen ke saya "kok kamu payah banget sih hamilnya". Jlebb.. Yah namanya lagi hamil yah, sensitif. Dia ga ngerasain aja gimana saya sekuat tenaga berangkat ke kantor. Iya, saya masih ngantor (walaupun datengnya telat banget karena mualnya seringnya pagi-pagi, morning sick tea mereun), uyuhan segitu juga hiks hiks. Saya juga masih kuat ngantri di Imigrasi lho, bolak balik Jakarta, dan pergi ke Cirebon. Saya ga selemah itu kan .__.

Jadi tiap ada yang nanya "Gimana rasanya?" saya jawab "Mual, semoga kamu mah ga ngerasain mual-mualan yah, capek.. aku aja yang ngerasainnyah". saking sensitifnya takut dikatain -payah banget- haha.

Ngidam
Awal-awal hamil saya muaaless banget dandan. Yah emang awalnya juga ga pernah dandan sih, cuma pake lipstik doang. Nah semenjak hamil saya males banget tuh dandan. Kata orang anaknya bakal laki-laki. Alah, itu mah emang sayanya aja yang mager. boro-boro buat dandan.. ngaca aja udah males karena mual haha.

Yang paling sering ditanya orang selain "mabok ga?" adalah "ngidam apa?". Hmm.. saya gatau sih ngidam tuh sebenernya gimana haha. Yang terlintas di pikiran saya kalo denger kata "ngidam" tuh makanan yang dipengenin sama ibu hamil, dan harus diturutin sama suaminya. Hahaha cetek banget pengetahuan saya soal ngidam.

Kata orang-orang ngidam itu bawaan bayi, kalo ga diturutin nanti bayinya ngacay hahahaha. Ada-ada aja. Menurut saya, ngidam terjadi sama ibu hamil karena mereka merasakan mual yang banget-banget, jadinya ngebayangin makanan yang enak yang bisa dimakan sama mereka dengan nikmat. Jadilah pengen ini itu yang aneh-aneh. Hihi.

Saya udah bertekad, kalo hamil gamau ngerepotin suami, ga mau ada cerita tengah malem suami saya beliin makanan aneh-aneh haha. Saya emang kepengen ini itu yang di bayangan saya seger bangeeet haha, tapi selama saya bisa cari sendiri ya saya beli sendiri. Ngidamnya waktu itu.. mie ramen, baso malang keliling, jambu batu putih. hahaha. Mie Ramen saya beli waktu makan siang sama temen kantor. Waktu baso malang keliling saya nemu deket rumah. Karena pengen bangeeet, saya beli banyak ga tanggung-tanggung. Pas sampe rumah, lagi enak-enak makan, baru lima menit mualnya dateng. Akhirnya baso malangnya dimakan sama orang rumah haha. Kalo jambu batu putih tiba-tiba keingetan jambu bangkok yang dijual di supermarket. Jambu batu yg guede-guede banget itu lho.. Waktu kecil saya suka beli, sekarang kayaknya jarang liat. Eeeh, untungnya pohon jambu batu tetangga lagi berbuaah. Yaampun itu yang namanya nikmat, nikmaaaat banget hahaha. Yang saya minta tolong beliin ke kang Imam itu es cendol elizabeth yang di Kalipah Apo, itu juga karena lokasinya deket sama kantor dia. hehe.

Yahh, menurut saya ngidam itu bisa dikontrol. Mual juga, tahan-tahanan aja sama muntah yang mau keluar. Haha. Selama masa-masa itu saya selalu sedia permen di tas. Makanan ringan juga. Karena saya jadi cepet banget ngerasa laper hehehe.

Sekarang? Alhamdulillah udah ilang mual-mual di pagi harinya. Tapi belum bener-bener ilang sih, suka kerasa kalo lagi ngerasa kurang oksigen (di tempat-tempat rame) ato random aja kadang-kadang ngerasa mual. haha tapi over all udah lumayan oke lah udah bisa beraktifitas seperti biasa, udah bisa masak, beres-beres dll. Hhe.

Oiya, ada cerita lucu (kalo saya inget-inget suka ketawa sendiri) di masa awal-awal hamil. Jadi saya mual itu hampir tiap waktu, pagi-siang-malem. Mual dan mager. Haha. Tiap malem, kang Imam ngusap-ngusap perut pake minyak kayuputih. Trus saya nyeletuk "eh gimana kalo bayinya kepanasan terus jadi meleleh?". Seketika muka dia berubah panik, ketakutan dan ngerasa bersalah. Hahahaha kalo diinget-inget mukanya kocak banget. Dia langsung ga mau ngusap-ngusap saya lagi. Sampai akhirnya googling dan minyak kayuputih ga ngaruh ke janin. Hihi. Waktu ngeluh mual ke bidan pun, beliau nyaranin di usap-usap pake minyak kayuputih aja. Dari situ akhirnya dia lega lagi hahaha.

Huaaah akhirnya beres mau posting soal pengalaman trimester awal ini. hihi. Saya ga mood ngapa-ngapain selama 4 bulan kemaren, bahkan buat nulis blog pun. Semoga moodnya udah balik lagi yaa ini. hihi. Selamat puasa btw! Semoga ibadahnya lancaaar... Salam dari dedek di dalem perut yang soleh ikut puasa juga hihi..


Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

4 comments:

  1. samaaa ga percaya yang pamali-pamalian. peniti juga ga pake. soalnya ada indikasi syirik kan ya.

    alhamdulilaaaaah ya allah.. sehat terus ya tamiiii :* HEBAT msh bisa ngantor dll..
    insha allah kalo lahir anak kita mungkin seumuran. Jangan lupa istirahat yaaa..

    ReplyDelete
  2. Huaaa keren banget perjuangannya! Semangat, ya, salam untuk adek bayi di dalam perut :D

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah...selamat yach sdh melewati tri semester yg pertama..semoga tetep kuat dan sabar sampe nnt wkt nya Aaamiin Allahumma Aaamiiin..

    In Shaa Allah anak yg sholehah akan selalu kuat dan sabar...emmmmuuuuaaacchhh..

    ReplyDelete
  4. ami, selamat ya, akhirnya calon dedek sudah hadir di keluarganya ami, alhamdulillah
    semoga lancar persalinannya sampai hari H ya mi, dan anaknya jadi anak yang ganteng kayak oppa korea (kalau cowok), kalau cewek, semoga cantik kayak emaknya, hihihi

    ReplyDelete