Terjebak Di Startup

Dulu banget, waktu kecil, pengen kerja di kantor yang gedungnya tinggi-tinggi. Setelah lulus SMK dan ngelamar kerja, ternyata nyemplung di sebuah startup.

Apaan tuh startup? 

Awalnya, saya juga gak paham. Yang saya tahu saya kerja di sebuah perusahaan kecil dengan kantor berupa rumah kontrakan yang lumayan besar, karyawan yabg hanya beberapa belas orang aja, id card ga ada, pake baju bebas-bebas aja, jam masuk kerja ga sepagi orang lain, panggil orang-orang di sana "Mas" bukan "Pak", dan ke-gak-informal-an lainnya.

Bulan-bulan awal kerja saya cuma benar-benar disibukkan dengan proyek-proyek yang banyak banget. Saya masih anak bawang di sana. Ga paham apa-apa. Asli deh!

Sampai suatu saat saya baru mulai mikir "ini kantor sebenernya gimana sih? Kok ga pakai id card kaya orang lain? Terus pola kerjanya kadang berubah-ubah dan kami diputer-puter".

Proyek demi proyek selesai, akhirnya saya mulai ngerti apa yang dilakukan di sini. Kami semua sedang membangun sebuah "culture". Iya, budaya. Kami menciptakan budaya kerja kami sendiri. Apa yang mau kami kerjakan, apa yang mau kami capai, perusahaan impian kaya apa yang ingin kami bangun, dst.

Sempat merasa annoy juga sih, karena sistemnya yang berubah-ubah, kenapa ga punya standar kayak perusahaan lain. Dan ternyata ya itu, kami sedang membangun culture. Yang nantinya akan bikin kami nyaman sendiri.

Yang paling bingung saat ditanya: "kerja dimana?" Sama tetangga dan temen-temen. Saya sebutkan nama perusahaan tempat saya kerja pun mereka ga akan tahu. Karena sebagian besar teman-teman saya kerja di perusahaan besar. Mereka gak paham apa itu 'startup', yaa sama seperti saya pada awalnya. Jadi biasanya saya jawab "kerja di perusahaan IT, yang suka bikin web-web aplikasi gitu". Begitulah..

Jadi startup itu apa? Gampangnya startup itu perusahaan yang baru dirintis. Kebanyakan sih ya IT gitu kali ya? Mereka ngeluncurin produk-produk yang menjawab kebutuhan masyarakat. Toko-toko online dan semacamnya itu yang buat ya perusahaan-perusahaan startup gitu pada awalnya. Tapi sekarang udah pada kaya raya kali mereka. Huehehe.

Lalu you bikin apa Mi?
Banyak.

Yang udah dikenal orang apa?
Belom ada.

Hihihi.

Someday, we will..

Ikutan jadi bagian 'ngerintis perusahaan' itu luar biasa banget rasanya, apalagi kalo udah betah ya. Ga kerasa juga udah jalan 4 tahun kerja. Ngelakuin banyak hal sampe akhirnya nemu yang cocok, walopun menyimpang jauh dari jurusan kuliah. Siapa yg peduli? He?

Orang-orang yang kerja di startup ini udah jelas punya mental yang kuat sih, menurut saya ya. Masa depannya abu-abu, kalo produknya sukses ya jadi kaya, kalo engga yaa berjuang terus sampe menghasilkan produk yang menjual dan bermanfaat pastinya. Semua mesti mikir dan berusaha buat naik bareng. Kadar inisiatif harus ditingkatin terus. Mhehehe.

Coba metode ini, metode itu buat nguatin kerja sama tim, buat kerja lebih efektif, buat bikin nyaman kantor. "It doesnt work, okay try another one". "It's not fit for us, let's try this one" dan seterusnya. Haha~

Saya sendiri kadang ngerasa semangat saya naik turun. Kadang gak sabar pengen cepet-cepet terkenal (halah). Kadang jenuh juga. Tapi kalo diingetin lagi apa yang mau kami buat, buat orang lain, apa yang mau kami kasih buat dunia, hal-hal luar biasa yang bakal kami hasilkan, semangat naik lagi. Apalagi kalo ditambah liburan, pasti naiknya lama. Hahaha.

Saya bersyukur kejebak di sini 3 tahun lalu. Banyak hal luar biasa terjadi, dari mulai menulis lagi sampe mulai olahraga lagi. Hahaha. Kedepannya gimana? I'm doing big project this time. Pengen suksesin ini dan teruuus bikin hal-hal yang bermanfaat buat orang banyak. Semoga dikasih semangat yang berlimpah dan kesehatan yang ga abis-abis. Aamiin...



Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

18 comments:

  1. Aamiin, Semoga ada telor yang pecah biar bisa sukses bareng-bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allohuma Aamiin.. Tetep semangat, Dam :)

      Delete
  2. Wih, keren. Startup culture di Indonesia kan belum begitu berkembang dibandingkan di AS. So exciting to be part of it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa nih, Tan :D
      Jatuh bangunnya warbysak :))

      Delete
  3. itu apa mi lukisan ? apa stiker ? apa banner ?
    semangat ami, someday pasti sukses.
    jangan menyerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. stiker. ntap yah! masa belum liat sih kalo ke kantor?

      insya allah semangaaat :D :D aamiin.. nuhun nisyaaa

      Delete
  4. ngerasa jatuh bangunnya start up bisa bikin mental makin kuat dan lbh smart didunia kerja ya :') proud of you :)

    ReplyDelete
  5. Amin, moga kedepannya bisa makin sukses yah kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. makasih kaang..
      semoga sukses akang jugaa :)

      Delete
  6. Wah, udah 4 tahun. Udah lama... dan masih semangat membara seperti tulisannya. KEREN!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya jalan 4 taunn kang.. makaasiihhh.. semoga semangatnya kejaga selalu :D

      sukses juga buat akaang :)

      Delete
  7. ini perusahaan jasa dibidang IT, gitu bukan, mi ?
    keren euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah kang Erdi...
      Hayu gabung kang hehehe :D

      Delete
    2. ini ngajak gabung serius engga ? :D

      Delete
    3. hayu mau jadi apa kang? hehehe
      kirim cv ma portfolio ke hello@bigio.id ajaah :D :D

      Delete
  8. baru belajar ttg startup dan jadi makin semangat! terima kasih sudah berbagi pengalaman mba :)

    ReplyDelete