Pre Wedding Syndrome


"Kayaknya kamu lagi ngalamin ini deh" kata dia setelah ngirim link di atas buat saya suatu malam.

H-1 bulan sebelum hari pernikahan, entah kenapa saya ngerasa kondisi saya down banget. Fisik, hati, semangat, ngerasa tiba-tiba ngedrop karena satu dan lain hal. Saya sempat nggak nafsu makan beberapa hari hingga berat badan turun drastis. Diet? Engga, saya ga berencana diet. Orang-orang yang udah lama ngga ketemu saya banyak yang bilang saya kurusan. Kemudian saya diomelin buat gak diet-dietan sampe hari H. Takut sakit katanya. Iya, saya juga sebenernya ga ada niat diet-dietan, tapi nafsu makan tiba-tiba menghilang entah kemana.

Pulang kerja saya selalu ngerasa sedih, tiba-tiba nangis dan segala macem. Semangat saya hilang... Pikiran jadi macem-macem. Sampe puncaknya saat saya ngeluh ke dia soal apa yang saya alami ini.

Selama saya ngedown itu, otak saya jadi tiba-tiba dihinggapi pikiran-pikiran negatif. Banyak hal yang saya takutkan. Saya takut ga punya temen setelah nikah, saya takut ga bisa ngelakuin hobi dan kegiatan saya setelah nikah, saya takut diem di rumah sendirian, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Aneh deh pokoknya. 

Saya ngerasa saya lumayan stress sih. Bukan karena hari H, kalo hari H, Insya Allah saya positif thinking sama teteh-teteh vendor yang ngurusin acara saya. Tapi setelah hari H, saya takut ga bisa jadi istri yang baik dan bener. Beuuh. Selama H-1 bulan itu saya ngerasa sendrian dan tertekan banget. Sendirian karena saya mulai sibuk ngurus ini itu dan akhirnya jarang ketemu sama temen-temen saya yang biasanya hampir ketemu tiap minggu. --a Lebay yah? :(

Pokoknya banyak hal yang bikin saya jadi gampang sedih dan gampang nangis. Cepet banget bapernya. Apalagi kalo udah nyangkut orang tua ya. Selama 23 tahun hidup bareng mereka, terus harus pindah walaupun cuma terpisah 15km aja sih.. Tapi yaa, tetep aja. Hiks hiks.

Memang, kata orang-orang mau nikah itu ada aja cobaannya. Dari mulai tiba-tiba ga yakin, ketakutan, orang ketiga, dan masalah sepele lainnya. Inikah cobaan saya? Kalo iya, ga apa apa, saya nikmatin aja. Hihihi. Selama 3 mingguan deh kayaknya saya ngerasa kayak gitu. Hehe.
Thanks, Nisa. Masih utang eskrimnya :p
Teruuuss? Sekarang kondisi saya gimana sekarang? Feel sooooo muchhh better! Hehhee. Gimana ngatasinnya? Mungkin ini bisa jadi tips buat temen-temen kalo misalnya ngalamin juga. Hihi

Ibadah
Ini sih udah mutlak yah, gausah saya jabarin lagi karena takut jatohnya jadi ria. Preet. Hahahaha

Positif Thinking
A Imam selalu ngingetin saya buat selalu positif thinking tiap saya mulai ngeluh ini itu. Dia juga "menjawab" semua kekhawatiran saya. Kami banyak ngobrol dan bikin kesepakatan yang akhirnya lumayan bikin saya tenang. Hahaha.

Yaa, emang ga tenang-tenang banget, tapi dia berusaha buat ngimbangin saya yang jadi super mellow dan sensitif banget --a. Thanks, btw! :D

Back to friends
Saya sibuk kesana kemari, teman-teman saya sibuk dengan urusannya masing-masing. Group chat sepi. Ngerasa kehilangan banget yang biasanya ketemu tiap minggu, chat tiap hari, ini sepi banget, sepii.. Sayanya sibuk ngurusin nikahan. Huaaa pokoknya pengen cepet-cepet selesaiii. Ketika temen saya ngajak keluar karena muak mungkin ngeliat saya galau, sayanya ga mau. Entahlaah,, ga pengen ngapa-ngapain aja, padahal lagi ngerasa kesepian banget. Haha gak jelas maunya apa.

Sampai akhirnya saya udah ga shanggup lagi ngurusin perintilan untuk nikahan (yang suatu saat nanti mungkin saya bikin blog postnya :D), saya kontak lagi mereka. Group chat kembali ramai, hidup saya gak sepi lagi, dan mood saya kembali naik. Hahaha. Emang pada dasarnya saya seneng cerita, sekalinya saya diem tuh malah stres sendiri. Buat saya, ternyata ngobrol sama temen tuh udah paling mood booster lah. Sharing lagi soal mimpi, soal cita-cita, pencapaian, hidup.. Itu bener-bener open my mind banget lah.. Ngurangin pikiran-pikiran negatif banget :D

Blogging
Katanya orang kalau galau malah makin kreatif. Saya ga ngerasa makin kreatif sih, tapi jadi ngerasa banyak yang pengen saya tulis aja. Dikit-dikit saya nulis, punya pikiran ini nulis, pengen ngeluapin itu nulis. Tapi ya sebatas nulis. Nongkrong jadi draft dan gak dipublikasiin. Kenapa? Yaaa karena terlalu menyek-menyek dan kebanyakan mengeluh. Ga mau juga dong, blog saya jadi ada aura-aura negatifnya. 

Sampai akhirnya saya ngeberaniin buat ngepost salah satu tulisan saya yang ga mellow-mellow amat laah, cukup layak buat dibaca publik. Hahaha. Dan ternyataaa, responnya bagus. Trafik blog naik, yang komen banyak. Wooo itu beneran lift my mood banget! Dari situ mulai deh banyak banget yang pengen ditulis dan diceritain, termasuk tulisan ini. Hehe.

Yaaah, jadi kalo menurut artikel di atas, saya mestinya dateng ke psikolog. Tapi kayaknya saya belum sampe ke tahap itu deh, hehehe. Setiap orang pasti nemuin sendiri jalan keluar dari keterpurukannya. Hampir sebulan saya ngerasa kok yaaaa terpuruk banget. Tapi saya sadar saya mau menghadapi hari paling bahagia, jadi ga ada alasan buat sedih ato takut. Hihi. Nikah bukan akhir segalanya kok, statusnya aja yg ganti. Hehehe Semangat! Counting days..... few days to go... Let's begin the journey... Doakan yah teman-temannnn! :D
credit: Kang Taufiq :D

Kalo kamu yang udah nikah, pernah ga siih ngalamin kayak giniii? Huhuhu



Ps: Maafkan kalo beberapa minggu kedepan, postingannya berhubungan sama pernikahan mulu :D

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

15 comments:

  1. Huaaaa so excited for you! Semoga lancar terus, saya bantu doa dari sini, ya :') Ikut bahagia dengarnya. Ditunggu blogpost lengkap soal pernikahannya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuhh titan ga pulang yaah :")
      Makasih yaaa taan.. aamiin.. aamiin... Duh kok jadi tiba-tiba deg-degan gini --a :D

      Delete
    2. Haha, pulangnya seminggu doang bulan Juni sebelum intern di Singapura. Kabarin kalau mampir Singapura ya :)

      Delete
  2. mendadak ngeluarin air mata ya baca blog ini .
    lagi lagi aku ditinggal nikah, seneng sih sebenernya tapi jadi takkut semuanya berubah :(
    nanti siapa yang nemenin aku kalau aku galau , aku butuh temen .
    emang sih masih dicimahi tapi kehidupan setelah nikah pasti beda .
    apalagi kalau nanti udah punya dede bayi. huhuhu
    tapi da hidup mah harus tetep jalan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anisyaaaa jangan sediiiiihhhhhh..
      berubah kemana atuhh, nikahnya juga sama ijul :)) u will be our kamcong forevah hahahaha
      ntar bantuin jaga dedek bayi yahhh ntong kabur! hahahaha
      semangat nisya! Mungkin taun depan giliran kamu yang nikah aamiin.. hihihihihi

      Delete
    2. Aaamiiin..semoga selanjut nya Neng Nisyaaaaa..nach sebelum nya, latihan dulu ikut jagain dede nya neng Ami dulu yach..hahaha...

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Dee selamaattt iihh turut senengg, sing lancar yaa aamiinn :*****

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh mayaaaaa makasih iiihhh makasih udah dateng udah nyemangatinn udah jadi bridemaiid hihihihi :**

      Delete
  5. Wah manten baru, selamat ya mbak, moga bahagia sampai kakek nenek :)

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
  6. syg selamat yaaa... turut senang ngeliat progressnya :) btw emg menjelang hari H itu sumpah deh banyaaaaaaaak banget cobaan yang dtg menguras pikiran dan persaan dan itu terjadi sm gw huhuhu :( H-2 msh nangis ya bok krn stress dan ngurus kluarga ginigitu. Tapi tetep sama calon kudu kompak slg nyemangatin :* suksess lancar ya sampai hari H

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh euliiss :)
      alhamdulillah lancar teeeh :) iya emang semakin dekat hari H tekanannya makin dasyat huhuhu.. makasih yaaa doanya hihihi..
      duh mesti banyak sharing nihhh sama mahmud satu ini. hehehe.

      Delete
  7. Teeh aku seneng bacanya hihi dari satu post lanjut ke postingan lainnya jadi ikut pengen baca jugaaa. Keep writing teeh! Happy wedding juga btw! Hehe :) mau nanya teeeh itu yang gambar save the date itu undangan yang elektronik apa sebates bikin biasa aja bukan buat apa apa teh? Soalnya lagi galau nih pengen undangan pake bhs inggris gt tapi takut ortu atau kolega yang emang gak terlalu ngerti bhs inggris ngerasa gimanaaaa gt.. Mohon petuah nya teh.. :D Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe makasih ririsss seneng deh dengernya :)

      kalo foto itu sebenernya itu dibikinin sama temen, hehe. sama aku itu dishare ke temen-temen lewat line/whatsapp. undangan cetak formal tetep bikin buat temen-temen orang tua hehe

      bisa dibaca disini tentang undangan -> http://hutamiwidyaa.blogspot.co.id/2016/03/riweuhnya-bikin-undangan-pernikahan.html

      lagi nyiapin wedding juga nih riris? semoga lancar yaaa :)

      Delete