#INDONESIABRAVE #JAKARTABERANI

Kemarin ada kejadian sedih di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Ada pembomb-an di pusat kota Jakarta yang pelakunya diperkirakan adalah ISIS. Waktu saya buka timeline twitter, cuma ada beberapa teman yang ngetwit "eh ledakan apaan tuh?" yang selanjutnya diikuti berita-berita pembomb-an di sekitar Sarinah. Menurut saya yang buta politik ini, ada kejadian yang rada aneh menurut saya. Bukan, saya bukan masalahin pelaku pembomb-an atau pemerintah atau apa punlah. Saya justru aneh sendiri ngelihat reaksi masyarakat.

Sekitar 15 menit setelah kejadian pembomb-an, Group Whatsapp dan Line mulai ramai. Saling kasih info sana sini, ngirim foto-foto kejadian. Yang parahnyaa.... Gak pake sensor! Ummm, what? Buat apa, gitu? Mereka main forward-forward gambar dan video aja dari group ke group yang lain. Buat apa sih? Buat ngebuktiin kalo dia paling up to date? Oke lah kalo dia ada di TKP saat itu, tapi kalo posisinya lagi di Bandung dan cuma ngeforward doang? Hmmh

Setelah 2 jam berlalu, Group mulai ramai lagi berisi larangan menyebarkan gambar karena tujuan teroris itu ya menyebar ketakutan yang berlebihan ke sesama masyarkat. Ada yang bilang jangan bikin hastag #prayforjakarta karena bakal menaikkan inflasi rupiah hingga 17.000. Dan blablablabla lainnya. Hmmm,

Yang cukup bikin merinding dari kejadian kemarin adalah solidaritas yang mulai bermunculan. Tukang Gojek yang bantu mbak-mbak yang terluka karena percikan bom, gojek dan grabtaxi yang menawarkan fasilitas gratis, dan juga nebengers yang juga ngasih info buat temen-temen yang mau pulang bareng dan ngasih tebengan. Ga terasa sampe berlinang air mata bok. hihi

Beberapa jam kemudian, hastagnya ganti jadi #JakartaBrave #JakartaBerani #KamiTidakTakut dll. Baiklah... Saya udah ga ngikutin lagi perkembangan beritanya --a

Pulang kerja, sekitar jam 8 malam saya buka twitter, dan ternyataaaa.... fokusnya udah ganti jadi polisi ganteng dan polisi fashionable. Segala baju, celana sampe sepatunya dibahas. Terus tukang sate, tukang kopi, dan tukang kacang yang tetep berjualan bahkan di sekitar TKP! Wow! Sampe tahap ini saya masih bisa senyum sih, liat foto-fotonya. Antara sedih, tapi lucu juga liat orang-orang menanggapi kejadian ini..

Yang paling bikin gemes adalahhh.... masyarakat sipil yang nonton! Like.. Seriously? it's not shooting a movie guys! Ngapain lo pada di sana? Polisi aja pada berlindung di balik mobil, lah dia nonton di pinggir-pinggir jalan. Ga abis pikir asli.

Keesokkan harinya saat saya liat di facebook, banyak postingan yang bilang kalo teroris gagal bikin teror di Indonesia, karena masyarakat Indonesia yang woles. Tidak lupa postingannya disertai dengan foto-foto tukang sate, tukang kopi keliling, dan tukang kacang yang tetep berjualan. Yang menurut saya parah dana ga abis pikir, ada foto seorang cewek yang lagi selfie sambil ngejulurin lidah di TKP pos polisi. Sampe sini saya udah mulai ngerasa risih. Ini apaan maksudnya?

Mungkin saya yang terlalu serius nanggepin kejadian ini. Fotoin TKP lengkap dengan mayat dan darah, selfie di TKP, nonton baku tembak antara polisi dan teroris, itu yang namanya woles? Nantangin teroris buat ngebuktiin kalo masyarakat Indonesia ga takut gitu? Terus apa kabarnya dengan keluarga korban? Mereka lupa apa di sana bekas tempat meninggal manusia, kok bisa-bisanya foto sambil melet-melet di sana :(

Benarkah kita woles menghadapi teroris? Dengan nonton di pinggir jalan itu bukti bahwa kita ga takut? Menurut saya itu bukan woles sih, tapi bodoh, ga waspada! Fisik kita gak cukup siap untuk melawan teroris, jadi gausah nambah kerjaan polisi buat bikin blokade untuk menghalangi kita yang pengen liat lah.

Cukup dengan kita ngelanjutin hidup dengan tenang, seperti bapak-bapak yang tetap berjualan, kerja seperti biasa, buat saya itu udah nunjukin kalau kita memang tidak takut. kita berani dan teroris gak mempengaruhi aktivitas kita.

Tolonglah, berbelasungkawa sewajarnya, takut secukupunya, gausah overacting lah.. Kasih info yang valid, jangan nyebar berita hoax.. Tunjukin "woles" yang sesungguhnya. bukan selfie di TKP :(

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment