Akhirnya Memilih Menerima

Seorang teman pernah bertanya: "Mi, apa yang bikin kamu yakin kalo he's the one?" saat saya cerita saya akan menikah.
Waktu itu saya bingung ngejawabnya, dan masih terus kepikiran setelah hari itu. Pertanyaan itu terus teringiang sampai akhirnya ditulis di blog :D

Sejujurnya, sampai tulisan ini saya publish pun saya engga tau apa yang bikin saya yakin kalau he's the one. Saya juga gak tahu apakah dia bener-bener jodoh saya. Hihi

Saya berpacaran 5 tahun, dan itu rekor pacaran terlama saya; tanpa putus nyambung. Buat saya, pacaran lama tanpa putus nyambung itu luar biasa. Engga putus nyambung bukan berarti tanpa drama. Temen-temen mungkin lihat kami baik-baik saja, tapi sebenernya entah berapa puluh liter air mata yang tumpah, entah berapa ratus episode drama yang terjadi.

Sering saya merasa ingin menyerah saja. Dia yang semakin ga ada waktu, dia yang ga pernah nelfon sama sekali, dia yang ga pernah nyambung kalau ngobrol, dia yang yaah... selalu salah di mata saya. Apa pun yang dia lakukan, saya ga suka, lalu marah dan berakhir berantem.

Itu semua terjadi karena saya punya ekspektasi sendiri. Saya punya dunia khayal sendiri tentang setiap hal. Sehingga kalau hal itu ga sesuai, saya kecewa dan akhirnya menyalahkan orang lain. Sialnya, dia yang selalu jadi target ekspektasi saya.

Capek? Bangetlah! Capek sama dia, capek sama diri sendiri, tapi terlalu males buat putus dan adaptasi sama orang baru. Waktu itu mikir, udah 4 tahun, tapi masih ngerasa gak nyambung, ga cocok, ga satu frekuensi, beda pendapat, dan lain-lain. Sampai akhirnya...

Kami ribut besar di depan mama saya, mama bilang "kalau kamu ngerasa nggak cocok kenapa ga bilang dari dulu? kenapa diterusin sampai sekarang?" Duaaarrr! Kejadian itu jadi titik balik buat kami. Hati saya plong, dan dia ngerti apa yang saya mau.

Doa yang ga pernah berhenti, nasihat-nasihat orang tua, dan keinginan kami untuk memperjuangkan hubungan ini akhirnya ada jawabannya. Ajaib banget, semua masalah tiba-tiba ga lagi jadi masalah, perbedaan pendapat akhirnya bisa dikomunikasikan dengan baik, ketidak cocokan akhirnya membaur gitu aja. Semua terasa mulus banget. Ringaaan banget. Bulan demi bulan kami lalui tanpa drama, yang bikin saya berpikir, I'm fine, tanpa kabar tiap jam dari dia saya baik-baik saja. Terus dulu kenapa bisa sampai kaya gitu?

Yaa, pada akhirnya saya memilih menerima. Bukan menerima dia apa adanya, tapi menerima untuk melihat suatu hal dari perspektif lain. Menerima untuk menggulingkan ego diri sendiri, menerima untuk menyamakan langkah dengan dia, dan menerima diri sendiri untuk menerima orang lain...

Mungkin itu jawaban saya buat "is he the one?" yang gak bisa saya jawab dengan "yeaaa. bcause he's smart, he's mature, blablabla" terlalu panjang buat jawabnya. Hahaha.. Bismillah aja deh, semoga lancar-lancar aja kedepannya :D :D

Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk ngejaga semuanya. You're amazing, indeed. Terimakasih untuk ngejaga saya dari orang lain, dan diri kamu sendiri.
Sehat-sehat terus yaaah!



Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

18 comments:

  1. Baca ini, kok gue jadi iri yah :(

    ReplyDelete
  2. i need 6 years to make sure he's the one. kalo cow udah setia, tanggung , pasti bisa dijadikan imam buat kita. selamat yaa... smg lancar smp hari H. saya udah follow blog kamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. so happy to ur wedding too teteh... aamiin.. makasih doa dan semangatnyaa :) makasih juga udah followw hehe :D

      Delete
  3. Semoga lancar sampai hari H :) semoga pernikahannya sakinah, mawaddah wa rahmah :)

    ReplyDelete
  4. Kalau udh istikharah dan makin yakin, insyaa Allah he is the one :) salam kenal, smg menjadi keluarga sakinah mawaddah warrahmah.. amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. makasih yaaa hihihi.. salam kenal juga teh nalanda :)

      Delete
  5. Ahahaa dek ami udah ada calonnya. Dan mayan ya rekor 5 tahun tanpa putus nyambung itu sesuatu lho, hohoho. Smooga disegerakan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaah nih mbaak lisna alhamdulillah udah menikah sekarang. hehehe.

      Delete
    2. Alhamdulillah, selamat ya neng. Semoga sakinah, mawadah dan warrahmah yaaa.. :D

      Delete
  6. Oke fix teh Ami, bacain cerita di sini udah kek baca sinopsis sebelum besok nya mau nonton film. :DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahaa aldyyyyy.... makasih yaa udah dateeng :)

      Delete
  7. Tami....makasih inspirasinya yaa...mudah mudahan keluarga barunya sakinnah mawaddah warrohmah...aminn...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah makasih zulfa... aamiin aamiin.. makasih yaaaaah :)

      Delete
  8. Tami....makasih inspirasinya yaa...mudah mudahan keluarga barunya sakinnah mawaddah warrohmah...aminn...hehe

    ReplyDelete