"Biar Kayak Ayah" - Hadi Widya Sentosa

Apa ya rasanya terlahir sebagai anak bungsu laki-laki yang punya dua kakak perempuan? :D Dia pasti bukan anak bungsu biasa. Disaat anak-anak bungsu lainnya adalah anak yang paling dimanja, tapi ini justru harus ngejaga dua kakak perempuannya :D

Iyaaa... punya kakak yang keduanya adalah perempuan mau ga mau bakal nularin sedikitnya sifat-sifat perempuan. Hahaha. Adik bungsu saya, De Hadi. Sampai usianya sekarang 13 tahun, saya ngeliat dia laki-laki yang luaaaaar biasa! Sometimes dia mirip sekali sama saya. Pundungan, sensitif, dan kadang-kadang panikan. Hahaha.

Hebatnya, doi gak manja sama sekali. Walaupun ayah sama mama kadang manjain dia, tapi pada dasarnya dia gak manja sama sekali.

Di umurnya yang masih 13, rasa tanggung jawabnya udah ngelewatin kakak-kakaknya kayaknya. Haha. Dia bangun jam 4 subuh tanpa drama. Berangkat ke mesjid, rebus air buat mandinya sendiri, kadang nyiapin sarapannya sendiri, dan berangkat jam 6 pagi naik sepedanya. Im a proud sister indeed :)


Yang paling mengharukan adalah kemarin.

Dua tahun lalu, dia ribut pengen  beli hp smartphone. Dia beli dari uang lebarannya. Waktu itu uangnya cuma cukup buat beli hp smarfren yang harga 600ribuan. Setelah dipakai, ternyata hp nya cepet rusak, makin sini makin ngaco. Dan akhirnya ga dipakai lagi sama dia. Lebaran kemarin, dia beli hp lagi hasil uang lebarannya, dengan ditambahin sama ayah, mama dan saya, akhirnya dia beli lah hp yang lumayan.

Hari Sabtu kemarin, tiba-tiba aja dia ngeluarin hp smartfrennya lagi. Saya mikir hp barunya rusak nih mesti, kalo hp lamanya dikeluarin. Saya tanya dia "kenapa hp nya dikeluarin lagi de?" "buat eksperimen." Jawabnya. Yaudahlah yahh..

Hari Minggu sore, ada Kang Imam di rumah. Dia nanya-nanya soal instal OS Android sama Kang Imam. Dia pinjem laptop saya. Hmm.. Saya sih ga begitu nyimak apa yang mereka obrolin. De Hadi banyak tanya dan kang Imam jawab seperlunya. Saya masih penasaran kenapa dia ngoprek hp lamanya. "Dibenerin de? Kenapa? Hp barunya rusak?" "Engga.. mau diganti OS nya" hmmm ok lahh..


Tiba tiba tadi malem saat saya pulang kerja, mama saya cerita "Teh, hp ade yang kemarin dibenerin, dikasihin ke temennya. Temennya ga punya hp katanya". What? Saya speachless. Ternyata dia nguyek-nguyek hp itu buat dikasihin temennya :O

Saat lagi ngumpul di ruang tamu, dia lagi ngoprek hp mama. Dijadiin percobaan juga sama dia kayaknya. Iseng-iseng saya tanya lah dia.

Ami: "De, hp smartfrennya katanya dikasihin ke Agam?"
Hadi: "Iyah.. buat apalah di rumah juga. Kan aku udah punya yang baru"
Ami: "Emang udah bener gitu? Kan katanya dulu keyboardnya suka gerak-gerak sendiri? Udah ngaco kan?"
Hadi: "Kan kemarin dibenerin."
Ami: "Di downgrade OSnya?"
Hadi: "Hmmmmh? Engga laaaah.. Diupgrade OSnya jadi galaxy S5!" sambil nunjukin muka khasnya kalo lagi belagu :))
Ami: "Emang bisa gitu? RAMnya kuat emang?"
Hadi: "Kuat dooong" Dilanjutin dengan dia cerita gimana pertamanya dia browsing di internet tetntang cara ngeroot OS, cari tutorialnya, dan lain-lainnya. Saya dan adik perempuan saya cuma bengong aja dengerinnya. Gak begitu ngerti juga apa yang dia omongin.
Ami: "Kamu emang bilang mau ngasih hp ke Agam?"
Hadi: "Bilang, tapi aku bilang "tapi aku benerin dulu hpnya soalnya rusak." Gitu"
Ami: "Terus gimana Agamnya?"
Hadi: "Agamnya ya bilang "beneran yeuh di? Teu nanaon?" gitu. Terus kata aku teh teu nanaon santai aja. Pake we"
Ami: ......

Iya, dia ga minta izin dulu sama ayah atau mama kalo dia mau ngsihin hp nya. Dia baru bilang setelah ngasihin hpnya. Yaaa karena itu hp dia beli pakai uang dia sendiri juga sih :D

Lalu dia sibuk lagi dengan hp mama dan komputernya. Kayaknya dia ketagihan ngulik Android. Beberapa kali dia ngegerutu sendiri "aaahh gagal", "hmmm ada yang salah nih", "gak support yang ini maah". Dan tau sambil ngulik hp mama dia ngapain? NGEJAIT! 

Dia duduk di depan meja komputer, nungguin download-an dia, sambil ngejait tugas PKK nya. Saya ketawa aja liatnya. Saya samperin "Sini aku bantuin ngejaitnya" dan dijawab dengan "No. no. Don't touch!" "Itu ga rapih gitu ih. Sini sama aku aja. Aku juga pernah bikin kayak ginian". "Enggaaa! Aku juga bisa sendiri!" Awkay.. Sambil nyubitin dia, saya bilang "Uuuww si ganteng, benerin sepeda bisa, benerin hp bisa, ngejait bisa, mau jadi Mick Gyver?" dia jawab "iyaa dong! Biar kayak ayah!"


How sweet :') 

Jadi laki-laki yang bertanggung jawab ya de, sayang sama teteh-tetehnya, jadi anak yang soleh dan teruuusss jadi inspirasi buat orang-orang disekitar ade :) Jangan marah-marah muluu kalo disuruh belajar tuuuh... I love you sayangkuuuu :*

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

5 comments:

  1. Love you too, my lovely little boy..hihihihi...boleh khan jadi Mamah nya De Hadi juga...ngarep.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibooooooo baru aku baca laaah komen ibuuu hihihihi...
      boleh atuh buuu jadi mamah aku juga boleh da hahaa

      Delete
  2. masya allah so sweet banget adiknya :D semoga kebaikannya dibalas sama Allah :D
    makasih udah sharing cerita inspiratifnya :D

    ReplyDelete