Achievment Unclocked: Jakarta Marathon 2015

Hyaaaah! I have done my first 21k run in Mandiri Jakarta Marathon 2015!!! One of my resolution's checked! Huoooo. Sounds cool yay? Actualy it's not! Hahahhaa....

Tahun lalu, seperti biasa, pengusik rasa tenang saya, my boss, ikutan JakMar 2014 dengan kategori half marathon. Doi nantangin anak-anak kantor buat ikutan tahun 2015. Yeaaa.. Gatau kenapa saya ngerasa ketantang aja :D

Saat memasuki 2015, saya nulis "ikut half marathon" di salah satu resolusi 2015 saya. Saya mulai rajin latihan lari. Karena jarak jauh, ga mungkin latihan didadak. Yaaa walopun semangat di awal doang sih latihannya. Sebulan sampe 60km. Kesananya memble :p Hahaha

Bulan Februari 2015, saya iseng cari informasi soal Jakarta Marathon 2015. Daaan ternyata pendaftarannya udah mulai dibuka! Buset! Padahal eventnya diselenggarain Bulan Oktober, tapi dari bulan Februari pendaftarannya udah dibuka!

Ternyata ada beberapa kloter pendaftaran. Dari bulan Februari-Maret, biaya pendaftarannya lebih murah, makin mepet, makin mahal. Saya lupa harga pastinya. Pokoknya waktu saya mau daftar itu harganya masih 250.000 untuk kategori half marathon 21k dan 350.000 untuk full marathon 42k. Saya ga merhatiin yang lainnya hehhehe pokoknya sampe 450.000 kalo ga salah. Gila aja bayar setengah juta buat capek-capekan. Hahahhaa.

Waktu itu saya ga langsung daftar, saya ngajakin temen-temen saya dulu buat ikutan. Males juga sih kalo ga ada temen nginep di Jakartanya. Hedeeuh tapinya gada yang mau ternyata! Yaudahlah, ikutan dulu aja. Urusan di Jakartanya dipikirin nanti. Haha.

Tanggal 7 Maret akhirnya saya daftar. Mas Alfin ikut kategori full marathon, Saya, A Imam, dan Mas Sigit daftar di kategori half marathon. Yeaay!

Singkat cerita, saya latihan biasa-biasa aja, semau saya, sekuat saya. Saya ga pernah maksain diri saya buat lari. Kalo saya udah ngerasa capek, saya berenti. Kalo saya ngerasa lari saya terlalu cepet sampe bikin dada saya sesek, saya pelanin lari saya. Pokoknya ga pernah ngotot.

Sampe akhirnya bulan Oktober tiba! Waktu event semakin dekat daaannn saya malah kekurangan waktu untuk latihan! Hixxx. Saya cuma bisa latihan tiap weekend, karena weekday saya harus berangkat lebih pagi. Hhh... Yasudahlah, saya pasrah.. 

Saat itu saya lagi sibuk-sibuknya. Seminggu sebelum hari H, saya maksain latihan, waktu itu saya dapet 10km dengan waktu 1jam 30menit. Lumayan laah, kalo saya stabil, saya bisa nyelesein race selama 3jam. (Batas waktu half marathon adalah 4jam) Eeehhh setelah lari itu, saya malah sakit! Flu dan panas dalam! Beeeuuh saya panik laaah. Saya minum obat aja terus supaya sembuh. H-4 saya belum sembuh juga, padahal saya butuh surat keterangan sehat dari dokter. Kalo saya periksa ke dokter karena sakit, tapi sambil minta surat keterangan sehat kan ga lucu juga --a. Akhirnya H-1 saya udah lumayan sembuh dan dapet lah surat keterangan sehat! Haaah alhamdulillah..

Saya berangkat ke Jakarta hari Sabtu jam 2 dari Cimahi, bareng A Imam, Adam dan De Ari. Mas Sigit batal ikut karena ternyata bentrok sama acara lain, jadilah Adam iseng-iseng berhadiah gantiin Mas Sigit :D

Sampai di Jakarta kami langsung menuju Balai Kartini buat ngambil racepack. Di sana lumayan ketat juga sih. Mau masuk aja harus nunjukin KTP dan hanya runners yang boleh masuk. Jadilah De Ari nunggu di luar. 

Proses pengambilan racepacknya cepet banget. Karena udah sore dan hari terakhir juga, jadinya sepi banget boothnya. Saya ngasihin dokumen-dokumen yang diperlukan dan ditukarkan dengan tas transparan yang berisi nomer dada dan produk-produk sponsor. Lalu saya mengambil baju. Ada warna orange dan hijau. Saya ambil orange aja deh. Neon banget warnanya. Ngejreng! Hahaha.

Selain ngambil racepack, di sana juga ada running and sport expo. Yaudahlah ya, udah masuk, sekalian keliling-keliling dulu.


Area pengambilan racepack



:D

Hotel tempat saya menginap lumayan jauh dari Monas, tempat startnya. Lalu Mas Alfin ngusulin buat nyimpen mobil di hotelnya, daripada susah parkir di area Monas karena pasti macet bangeet. Yaaa secara puluhan ribu orang yang dateng --a. Ide bagus, kami nurut. Semaleman saya ga bisa tidur nyenyak. Yang harusnya sebelum lari kami istirahat yang cukup, malah ga bisa tidur. Saya sendiri takut kesiangan hahaha. Akhirnya kami semua bangun jam 3 subuh, siap-siap, dan langsung check out dari hotel, lalu pindah ke hotelnya Mas Alfin.

Setelah sholat subuh, kami semua dianter istrinya Mas Alfin ke Monas. Start lari tuh dimulai jam 5:00, itu jam setengah 5 Monas udah penuuuuuhhh banget! Buset dah! Katanya sih total pesertanya ada 15.000 orang dengan 2000 peserta full marathon, 4000 peserta half marathon, dan sisanya mungkin kategori lainnya :D

Menuju garis start yang muter-muter
Ngantri  giliran lari :D
Menunggu start wuuu
Acara dibuka oleh Menpar. Saya juga ga gitu jelas sih MC dan orang-orang di depan ngomong apa. Too crowded soalnya. Hhhft. Jam 5:00, peserta full marathon mulai lari, dilanjut dengan half marathon 10 menit kemudian, dilanjut dengan 10k, dan seterusnya. 

Saya mulai lari dengan ribuan orang lainnya. Gilaaa beda banget sensasinya! Saya masih percaya diri dan lari dengan semangat. Sampe di KM 10, saya masih yakin dengan target awal saya finish 3jam 30 menit.  



Waktu terus berjalan, dan saya udah mulai capek. Ditambah lagi jari-jari kaki saya mulai perih karena lecet. Aaaasli! Perih banget! Saya mulai susah untuk lari dan mulai jalan. Sampe KM 13, saya udah bener-bener capek, hari makin siang dan matahari mulai terik. Badan saya udah basah sama keringet. Saya mulai ngerasa mual.
Udah kayak anak ilang :( Kasian :(

Si Adam mah masih bisa ketawa sambil lari dengan gemulai ckck
Di KM 15, pelari half marathon makin dikit, water station mulai tutup karena habis. OMG. Saya udah paling belakang nih. Keyakinan saya mulai gugur. Waktu udah berjalan selama 2.5jam. Masih ada 1.5jam lagi, sisa jaraknya tinggal 6km aja. Tapi pelari udah mulai sepi. Huhuhu. Kalo kondisi saya masih fit, harusnya saya masih bisa ngabisin 6km dalam waktu 1jam. Tapi nyatanya? Enggak.

Saya mulai hopeless. Saya mulai rewel karena ga kuat lagi. Kaki rasanya mati rasa. Sialnya saya dan A Imam ga bawa uang sepeserpun. Hedeeuh.. Saya mulai nyerah. Saya udah takut banget kena cut off. Tiap ada ambulan lewat, saya udah mikir "aaah, udahan ini mah. Bakal dievakuasi ini sih" tapi ternyata engga. Saya udah pasrah sekalipun kena cut off. Perse**n sam medali, yang penting nyampe finish! Tapi ga mungkin kayak gitu sih, saya pasti kesel kalo kayak gitu hahaa.

A Imam terus ngeyakinin kalo waktunya belum selesai, dan kami masih punya waktu buat sampe ke garis finish. Adam udah jauuh di depan, tinggal nyisa saya dan A Imam. Saya ga pernah ngerasa 5km rasanya sejauuuh itu. Jaaaauuuhhh banget! Ya Allah.. Padahal biasanya saya latihan juga sekitar 5km-an. Tapi itu rasanya jauuuh banget!

Emosi saya udah mulai gak stabil. Dari mulai pengen nangis, pengen berhenti, pengen manggil gojek aja, pengen digendong, sampe marah-marah karena ga nyampe-nyampe. Huhuhu. Saya udah ngerasa paling belakang aja, walopun ternyata di belakang saya masih banyak peserta lain :D

Akhirnya kami sampai lagi di Monas! 500 meter dari garis finish! Sayangnya, race belum selesai sampe di situ, kami harus menyelesaikan 3km terakhir! Kami harus mengelilingi bunderan HI, dan balik lagi ke Monas. Omygod. Udah keseeel banget rasanya pengen motong jalan muter buat balik lagi ke Monas. Tapi ga mungkinlah! Hahaha. Di sana saya dan A Imam ketemu lagi sama Adam dan akhirnya kami bareng-bareng lagi. Saya udah makin ga karuan. Kesadaran saya kayaknya tinggal 20%. Tangan saya digusur sama A Imam. Saya udah ga kuat lari lagi. Saya istigfar aja terus sambil jalan semoga dikuatin. Hahaha. Iyaaa saya selemah itu! 

2km terakhir, Adam kram! Haaah... Setelah diregangin bentar, akhirnya dia bisa jalan lagi. Dan kami muterin bundaran HI. Saat muter, ada time counternya. Waktu menunjukan 3jam 30 menit. Artinya saya hanya punya waktu 30 menit lagi buat finish sebelum kena cut off. Keseeel banget. Harusnya saya bisa lari 17 menit buat nyelesein 2km. Tapi ternyata jalan saya aja udah kayak kura-kura. Lambat bangeeet. A Imam dan Adam makin bawel nyemangatin saya. Kalo finish setelah cut off, saya bakal sakit hati banget karena udah lari jauh-jauh tapi ga dapet medali. Hixx.

Akhirnya saya kumpulin lagi tenaga saya. Saya mulai lari dikit-dikit. Jalan. Lari. Jalan lari, sambil sesekali nanya waktu yang tersisa ke A Imam. Saya juga ga mau nyesel kena cut off. Sakit hati banget rasanya kena cut off tuh! Hahahah.

Dua ratus meter menuju finish saya udah ngerasa ga kuat banget. Sagala karasa. Pengen pipis segala lah. Hadeuuh. Tapi akhirnya saya lewatin itu garis finish. Dan pas lewat saya lihat waktu menunjukkan 4:00:11. What? Kami kena cut off 11 detik? Udah pengen nangis, pas lihat ke belakang, ternyata itu waktu untuk peserta full marathon! Dan waktu untuk half marathon adalah 3:51:xx!! Gilaaaa saya finish beberapa menit sebelum cut off! Saya langsung lari dan dikasih pocari swea*, lalu dikalungin medali oleh panitia. 

Omygod. I did it? I did it?! Yeaaaayyy!!! Sayup-sayup kedengeran suara si MC nutup kategori half marathon. Ya Allahhh.... Dramatis banget siiih finishnyaaaa.. Yay! Saya finish dapet medali walopun waktunya ga sesuai target! Selamat sampe finish, ga kram, ga pingsan, dan dapet medali aja udah syukur alhamdulillah. Saya berhasil ngalahin diri saya sendiri! Pengen pipisnya apa kabar?! Hilang ga kerasa apa-apa lagi. Hahahaha.
fresh from the finish line. Tingkat kesadaran: 50%
10 menit kemudian. tingkat kesadaran: 70% :))
Saya nyalain handphone, ngabarin orang-orang kantor dan keluarga kalo kami udah finish dengan selamat! Alhamdulillah.. Pengen nangis kalo inget tuh.

Jadi finisher 21k keliatannya emang keren banget, tapi ternyata perjuangannya juga edan-edanan banget! Apalagi buat orang yang lambat kayak saya. Hadeeuh.. Parah banget! Capeknya masih kerasa sampe sekarang. Keluhan-keluhan saya pengen berentinya tuh masih inget banget. Hahaha. 

Selama lari, saya ga mood buat foto-foto atau sekedar selfie. Si Adam bawa yi cam sepanjang jalan pun gak kami pake sama sekali. Muka saya udah manyuuuun aja karena capek luar biasa. Ga bisa senyum sama sekali. Etsss beda cerita sama waktu udah finish mah. Hahhahaha.


Terimakasih aja sebesar-besarnya buat A imam dan Adam yang sabar nungguin saya. Apalagi A Imam yang udah gusur-gusur saya dan mental mau saya ngomong apa juga. Ga pernah berhenti buat nyemangatin terus. Kalo ga kayak gitu, kemarin kita ga mungkin finish yaaa... :)


Terimakasih juga Mas Alfin yang udah jadi motivator buat ikutan half marathon! Kalo ga liat postingan IG mas Alfin mungkin hari Minggu kemarin saya lagi tiduran aja di rumah, ga capek-capekan panas-panasan di Jakarta. Hahaha. Mas Alfin sampe finish 3jam kemudian! Proud of him! 42km dong! Taun depan saya ngikutin jejak Mas Alfin lagi engga? Gak tau dehhh.. Saya ga kebayang lari 42km. Mungkin saya udah ngesot-ngesot di KM 22 Hahahahaha :D :D :D

Buat saya, ikutan lari half marathon bukan buat ajang gaya-gayaan, cari eksistensi, pamer, apalagi jadi juara. Enggak. Saya berhasil sampe di garis finish sebelum waktu yang telah ditentukan itu udah jadi pencapaian buat saya. Ngeliat kemarin perjuangan saya ngelawan diri saya yang sering pingin nyerah di tengah jalan, tapi akhirnya sampe juga, itu udah luar biasa banget. So proud of my self :) Dan beruntungnya saya, saya ga sendirian, ada orang lain yang ga berhenti-henti semangatin saya :') Dari awal sampe akhir gak ninggalin saya sedikitpun. Haaah Alhamdulillah :)

Lari capek-capekan, pingin nangis, dan kesel panas-panasan, langsung kebayar saat sampe garis finish dan dikalungin medali. It's priceless. Sumpah! Semua rasa capek panas pegel (gak ilang sih) lupa :D Mungkin rasanya kayak ibu yang kesakitan saat melahirkan, terus lihat anaknya. Gitu kali ya? Saya juga belum pernah ngelahirin sih --a Yaaa pokoknya gitu deeh,, Hahahaa. Banyak orang yang bilang "buat apa bayar mahal-mahal buat lari doang". Sensasinya bedaaa kaaakk.. Perasaan berhasil ngumpulin satu medali lagi itu ga bisa dibayar sih :D
A photo posted by Hutami Widyastuti (@hutamiwidyaa) on



Daaan yaaah yg penting mission completed! Congrats, Ami! Jangan trauma lari ya! Hahahahah

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

8 comments:

  1. wuihhhhh aku kapan ya wkwkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    ReplyDelete
  2. Wuidiiihh foto saya yang tampak belakang itu udah bak ksatria banget. \o/

    Tapi itu ada gemulainya segala lah, ga banget ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuidihh siapa dulu potograpernyah :))

      lah emang iyahh hahaha

      Delete
  3. cie ciee selamat ya kak, krna berhasil menuntaskan 21K tanpa kena cut-off :D wlpn dr 8KM terakhir ampun galak bener haha,, harus diseret, dipencetan, direcokin segalarupa terus biar ga menyerah sampai finish wkwkw,,, sampe ada acara ribut pengen pipis segala bbrapa saat sebelum finish -____-! pdhl waktu udh mau abis -,- eh ai setelah finish mah ilang rasa pgn pipis nya =)) aneh pisan :))

    next year ikutan lagi ah yg halfnya, pgn menguji brapa cepat kekuatan sesungguhnya tanpa banyak jalan nya :)) sugan ada rejekinya lagi :)

    ohya, untuk itu ak foto2 pas lari, klo ga gada foto yg kamu pajang di postingan ini hahaha,,, hrs dpt royaliti ini mah :D

    sekali lg selamat ya, next kalau ikutan event running lagi, jgn nyerah sebelum finish ya kak,trus semangat garis akhir, finish what you started !!!

    bye

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah panjang beneran komennya hahahaha..

      terimakasih terimakasih.. semua ini gakan terjadi kalau bukan karena omijul yg bawel muluk. hahahhaa. gapapa, justru disitu seninya. kalo ga gitu, kamu mana bisa komen kayak gini? wleee :p

      next year ikutan full marathon dong! kalo kamu aku yakin bisa sih. hahaha kemarin kan judulnya nemenin aku, jadi belum dikeluarin semua tenaganya :p aku ikutan 10K aja lah taun depan. *lah hahaha

      no! royaltinya kalo foto akunya pake DSLR ;p

      yu yu yu yu.. cari medali lagi hahaha...
      finsih what you started.. hmmm sounds good :D makasih omijul :) :)

      Delete
  4. kaka ini emang keren (Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha hayu lari bareng tea kang den, brigif?

      Delete