Privasi

Jaman sekarang, entahlah.. orang-orang semakin banyak "bawa" privasinya. Dompet, Gadget, laptop, dan sosial media. 


Waktu saya masih SD apa SMP, pinjem HP temen, liat gallery HPnya, saling baca sms itu biasa banget. Tapi setelah bertahun-tahun ga ketemu, pinjem HP nya pun ga berani. Bukan ga berani sih, tapi ya buat apa gitu? Mungkin karena udah semakin gede dan tau apa arti privasi.

Saya bukan orang yang suka "ngoprek" barang orang lain sih. Dari awal saya ga pernh kepo untuk pinjem HP, apalagi nanya passwordnya. Kalo pinjem hardisk ato flashdisk juga ga pernah buka folder apa-apa selain yang saya butuhin. Yaa.. Saya rasa semua orang sama seperti saya. Tapi ternyata... Enggak. :D

Saya sendiri tipe orang yang lumayan cuek kalo soal privasi. Saya ga bener-bener punya privasi (di benda-benda yang saya sebutin tadi) sih. Isi dompet saya cuma ada uang dan kartu-kartu. Kalo mau lihat isi dompet saya, ya silahkan. 

Begitu juga dengan HP, laptop, dan sosial media saya. Walaupun HP adalah benda yang sangat pribadi, tapi saya ga pernah bener-bener nyimpen privasi saya di sana sih. Walaupun itu HP saya, saya ga pernah nyimpen yang aneh-aneh di HP saya. Boro-boro foto ga pake baju, foto saya ga pake kerudung pun ga ada. Pernah foto, langsung dihapus. Kenapa? Takut ada yang pinjem  HP saya terus lihat. Kan bahaya. HP saya ini udah kayak HP publik, hampir setiap hari HP saya dipinjam untuk keperluan testing aplikasi. Saya pinjamkan dengan santai. Saya percaya orang-orang mengerti apa itu privasi dan pasti bisa ngejaga itu dengan baik. Yaa sesungguhnya emang ga sopan kan buka-buka privasi orang?

Sosial media saya, kalo mau dibuka, yaa silahkan aja. Ga ada yang aneh sama seksli. Karena yang saya posting di sosial media yaa emang buat konsumsi publik.

Entah saya yang terlalu cuek, ato gimana. Ternyata ada temen saya yang kalo barangnya dipinjem, dia insecure berat. Gak tenang. Kalo misalnya ada yang ngopi film, dia tungguin sampe beres. Dia ga akan bener-bener ninggalin hardisknya berduaan sama si peminjam. Haha. 

Awalnya saya mikir "yaa ampun lebay banget sih, orang juga pasti tau privasi lah ga akan buka-buka yang lain" iya, saya mikir seperti itu karena saya seperti itu. Tapi mikir lagi, yaa mungkin dia nyimpen rahasia di sana, makanya jadi insecure.

Saya masih terus berpikiran kalo semua orang punya pemikiran yang sama sama saya bahwa setiap orang pasti ngejaga privasi orang lain. Prinsip saya, kalo saya ngejaga sikap saya terhadap barang orang lain, orang lain juga akan melakukan hal yang sama pada kita. Walaupun tetep saya pernah hilaf :p

Kayak yang saya bilang, saya tipe orang yang rada cuek sama sosial media. Ada hal yang paling menyebalkan: bajak! Oh come on.. Buat apa sih bajak-bajakan.. Norak banget, apalagi kalo ngebajak kata-katanya ga sopan.

Saya tau itu nyebelin dan ga baik. Tapi bodonya saya pernah juga ngebajak orang lain. Itu juga hati-hati banget tapinya. Saya cuma ngetik "hai" dari akun twitter milik temen yang ternyata dia marah dan balik bajak twitter saya. Saya mah cuma ketawa-ketawa aja karena emang bukan kalimat buruk, tapi tetep langsung saya hapus. Lalu saya lupakan kejadian itu.

Begonya, saya ngulangin kesalahan yang sama pada orang yang sama. Saya bajak path dia dan saya like moment path saya pakai akun dia. Hasilnya? Dia marah besar. Saya kaget sih, dia sampai semarah itu sama saya. Saya juga lumayan ga terima karena saya cuma ngelike moment saya, bukan orang lain. Tapi dia tetep ga terima karena itu tetep pembajakan. Dan karena kejadian itu, kami ribut parah. 

Suatu hari temen saya itu cerita dia pernah pakai akun facebook saya untuk keperluan dia lah. Waktu itu emang saya yg nge-log in-in. Saya ga pernah mikir dia bakal macem-macem. Tapi ternyata dia bikin sesuatu di sana. Saya marah? Enggak. 

Yah mungkin emang karena tipe orang yang berbeda-beda. Saya yang terlalu apatis, atau temen saya yang terlalu protektif. Yang jelas, sekarang harus saling menghormati, karena sekarang sesuatu yang kecil (HP, sosmed), bisa jadi masalah yang besar.

Saya pernah nyimpen laptop sembarangan, lalu teman saya lihat dan ngebajak chat saya-_____-! Saya ga marah banget, cuma kesel aja dan mulai saat itu saya jadi lumayan insecure. Saya jadi lebih hati-hati karena ga semua orang punya pikiran kayak saya. Ada aja orang-orang yang tangannya usil buat ngoprek barang orang lain. Chat sih terutama, itu kan percakapan pribadi. Jadi kenapa harus ingin tau percakapan orang lain sih? 

Yaa pokoknya sekarang sih harus lebih hati-hati lagi dalam bertindak. Kita semua harus tau kalo laptop, hardisk, HP, sosmed adalah barang pribadi yang ga sopan kalo dioprek tanpa ijin pemiliknya. Ini juga selfnote buat saya untuk lebih hati-hati, jangan usil tangannya! Sepele ya? Ga penting ya? Saya juga asalnya menganggap ini hal sepele banget, tapi ternyata ga sesepele itu :)

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

2 comments:

  1. Weeeeh ada 3 blogpost baru ternyata, dan yang ini.

    Kayanya saya kenal deh orangnya itu siapa, mungkin bisa di attach ke blogpost saya sebelumnya xD
    Mudah-mudahan orang itu sadar karena sikapnya yang over itu engga baik, really really bad, worst.

    Tengah malem nulis 2 blogpost laaah hahahaha ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. :see_no_evil: hahahaha duuh jadi malu >,<

      aamiin.. aamiin.. udah sadar sih harusnya :D

      iya nih gara2 ga bisa tidur jadi aja.. ngelamun :))

      Delete