Karena Teman Adalah Tempat Pulang..

22 tahun, berapa teman yang sudah saya buat? Berapa musuh yang sudah saya punya? Ah. males juga ding, mikirin musuh mah. Hahaha.

Selama 22 tahun hidup, efektifnya sekitar 17 tahun bersosialisasi, dari TK sampai kerja, berapa banyak teman yang saya punya? Sedikit. Saya bukan tipe orang yang eksis di sekolahan, semua orang kenal saya, curhat sana sini, enggak. Saya gak gitu. Temen saya tergolong sedikit dibanding temen-temen saya yang lain. Saya gak bisa bersosialisasi dengan baik, jadi hanya segelintir orang saja yang akhirnya bisa berteman dengan saya.

Temen-temen saya itu-itu aja. Bisa dihitung dengan jari. Tapi Alhamdulillah, semuanya manjang sampe sekarang. Semuanya baik-baik aja. Walaupun selalu ada yang pergi, tapi selalu kembali untuk "pulang".


Yang namanya berteman, ga mungkin selalu lurus-lurus aja. Selalu ada drama, terlebih lagi saya perempuan. Halah. Hahaha. Waktu SMP, karena sering nge-gank gitu, kalau salah satu punya temen yang lain, akhirnya jadi berantem karena dianggap lupa temen lama. Padahal kan gak gitu -__-a
Semakin dewasa, drama itu disebabkan oleh pacar, atau gebetan. Hahaha.

Ada beberapa pengalaman yang bikin saya sadar kalau temenan itu ga perlu drama, mau seberapa jauh pun mereka pergi, mereka pasti kembali..

Seperti yang saya tulis tadi, kebanyakan konflik pertemanan itu diawali oleh pacar. Saya pun demikian. Saya pernah dimusuhin, ga dimusuhin juga sih, cuma didiemin, hampir ga dianggap, dan dikucilin sama sahabat-sahabat saya karena saat itu saya sedang dekat dengan seorang cowok. Karena kebetulan kami semua sekelas, dan si cowok ini pintar di kelas, dia hampir selalu bantuin tugas-tugas saya #eaaa, dan mungkin temen-temen saya kesel juga lihat saya dibantuin terus sedangkan mereka susah-susah kerja sendiri. Heee, setelah akhirnya saya merenggang sama si cowok itu, saya balik ke temen-temen saya. Mereka marah? Engga.

Teman saya bertahun-tahun pacaran dengan seorang cowok, selama bertahun-tahun pula kami hampir gak pernah nongkrong bareng. Enam bulan menjelang pernikahannya, ada musibah kecil, akhirnya, siapa yang kembali dicari? Kami, teman-temannya. Kami marah? Kami memojokan dia? Kami menyalahkan dia? Kami menganggap dia datang saat ada butuhnya saja? Enggak. Kami menyambutnya dengan hangat.

Teman laki-laki saya naksir temen perempuannya dari SMP, selalu galau karena ga pernah bisa ngungkapin perasaannya. Setiap galaunya dateng, dia selalu ngechat saya, nelfon saya, dll. Lalu akhirnya mereka pacaran. Saking senengnya, dia sampe lupa sama saya dan temen-temen yang lain. Hingga pada suatu ada suatu insiden yang akhirnya bikin dia sadar dan ga pernah ninggalin kita lagi. Kapanpun dibutuhin, he always stands for me :)

Yang terakhir mungkin yang terparah, kasusnya sama gara2 pacar, halah. Setiap berantem ato ada masalah, baru bisa diajak nongkrong. Kalo engga... pacarnya mesti ikut kemanapun dia pergi. Hufft.

Tapi mungkin di umur segini, drama-drama sama temen itu udah lewat masanya. Sekarang lebih nikmatin hidup aja tanpa diribetin sama drama soal temen. Dia dateng saat butuhnya aja? Saya ga ngerasa ada masalah sama itu, karena mereka juga selalu ada saat saya butuh. Ga perlu selalu bareng, kemana-kemana harus ngumpul, tapi saat saya telfon mereka angkat, saat saya chat mereka bales, saat saya nangis mereka dengerin, saat ada kabar baik mereka orang-orang yang saya beritahu. Begitu juga sebaliknya. Karena bagaimanapun, teman adalah tempat untuk pulang..
best friends >,<


A photo posted by Hutami Widyastuti (@hutamiwidyaa) on

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

No comments:

Post a Comment