3x Trail Run, 3x Mabok :P

Fun Trail Run, is it really fun run? Hahaha. Ga ada lari yang menyenangkan. Lari itu melelahkan. Tapi, lari sama temen-temen itu beda cerita sih. It's really fun! Seriously! Hahaha.

Saya pernah cerita kalo saya lagi seneng sama olahraga lari. Saya seneng doang ya, bukan udah expert. Haha. Stamina saya masih jauh lebih payah dibanding orang-orang. Kenapa trail run ini buat saya lebih berkesan dibanding event lari di jalan raya? Karena event lari pertama yang saya ikutin adalah trail run! Hahaha kebayanglah ya yang asalnya cuma lari beberapa kali doang, sekalinya ikutan event di.... hutan.

Charitree Fun Run 2014

Charitree Fun Run ini adalah event lari pertama yang saya ikutin. 1 November 2014 di Taman Hutan Raya Ir H Juanda alias Dago Pakar. Eventnya diselenggarakan oleh SBM ITB. Dari namanya aja, udah keliatan kan kalo ini adalah event lari seneng-seneng sambil beramal pohon. Jadi setiap 1 orang peserta lari akan menyumbangkan 1 pohon yang akan ditanem di... lupa gatau dimana :D. Jarak larinya adalah 10km. Hehehe

Waktu itu saya lihat dari temen path saya ngeshare pamfletnya, saya langsung ajak temen-temen saya daftar. Dan ternyataa... quotanya habis! Kami masuk daftar waiting list. Lumayan sih, banyak banget temen-temen saya Kang Imam yang ikutannya. Hahaha. Setelah menunggu, akhirnya kami bisa ikut serta dalam event Charitree Fun Run ini. Fuiihh.

Dari kantor saya, kebetulan cuma bertiga. Hehe dikit banget yah.. Ditambah Nova dan Sadam. Jadinya berlima. Temen-temennya Kang Imam mungkin lebih dari 10 orang xD
Lumayan deg-degan juga sih, saya belum punya bayangan sama sekali soal event lari. Gimana startnya, ada water station apa engga, gimana tracknya, ada batas waktu ato engganya, saya ga tau. Blank. Parah kan? Haha.
Sebelum tepar

Start dimulai dari dalam Tahura, dan finish kembali di tempat yang sama. Setelah mulai start, ternyata tracknya nanjaaaakkk terus! Pernah ke tebing keraton? Nah! Kesitu lah jalurnya. Walaupun 2 minggu sebelumnya saya berusaha latihan rutin, tapi ternyata ga ada apa-apanya. Eh, ga juga ding. Mungkin kalo saya ga latihan sama sekali, saya bisa pingsan saat pertama kali nanjak. Hahaha. Untungnya temen-temen saya pada baik. Mereka nungguin saya dengan sabar kesel.
Di jalan :p

Saya ga kuat lari. Saya ga berenti untuk duduk pun saya udah bersyukur. Saya jalan terus. Selama perjalanan kalo ga salah di sana ada water station 3x. Sekitar 3 jam, akhirnya kami sampai di finish. Dan ketika sampai finish ternyata........ kita kena cut off! Iya, waktu lari kita lebih 3 menit dari batas waktu yang panitia tentukan. Dan kami ga dapet medali! Sedih? Keseellll! Hahaha. Gendok bangetlah asli udah capek sampe mau pingsan, ga dapet kenang-kenangan medalinya. Padahal kan judulnya juga fun run yah uhuhhuhu.


Engga apa-apa, namanya juga event pertama. Masih ada pengalaman yang bisa diambil. Seenggaknya saya tau kalo yang namanya event lari itu ada batas waktu maksimalnya. Haha.
ga dapet medaliiii :((

Run Forest Run - Jayagiri Fun Trail 2014

Run Forest Run ini acaranya di Jayagiri, Lembang. Waktu itu tanggal 6 Desember 2014. Acaranya diselenggarakan oleh Javaulindo-Outdoor Actvity Service. Di judulnya, jarak larinya adalah 7.5km. Saya ngerasa PD aja karena sebelumnya saya sanggup nyelesein 10km, walopun kena cut off sih :p

Meeting pointnya adalah di Cikole, dekat Tangkuban Perahu. Kelompok saya yang ikutan adalah temen-temen kantor dan temen-temen main saya, semuanya berjumlah 10 orang termasuk saya. Saya dan temen-temen saya naik motor dari Cimahi, sedangkan temen-temen kantor saya bareng berangkat dari kantor.
The team


Tempatnya asik bangeeeet.. ademm.. Pine everywhere... Banyak bangku-bangkunya pula. Di sana masih banyak orang yang baru registrasi ulang juga sih. Pesertanya jauh lebih banyak dari charitree kemarin, soalnya penyelenggaranya juga EO outing gitu sih, run forest run mah :D

Ternyata startnya bukan dari Cikole. Kami diangkut naik truk tentara ke Jayagiri. Entah jadinya berapa kloter karena pesertanya banyaaak banget! Kali ini waktu cut off nya adalah pukul 12:00. Manusiawi laah yaa.. Hahaha.
Start!


Saya dan teman-teman dapet kloter kedua kalo ga salah. Begitu start, kami langsung masuk hutan. Bahkan karena cuma jalan setapak yang kecil banget, orang-orang harus ngantri. Hehehe. Saya lumayan pusing mual juga di situ, jalan nanjak, crowded sama orang-orang, larinya kebawa cepet pula. Hix. Sempet berhenti sebentar karena saya udah pucet banget -___-".

Setelah semakin jauh, jarak tiap orang pun semakin jauh. Saya udah mulai kuat lari. Kami terus menembus hutan pinus. Naik bukit turun bukit, melewati jalan-jalan setapak yang kecil banget. Tapiiiii pemandangannya mantaapp! Ini dia kira-kira jalur larinya.
Mantap!

Nanjak bukit

Di tengah hutan

Menyusuri hutan pinus

Kami bener-bener disuguhin sama hutan pinus dan pemandangan bandung dari atas bukit. Makanya, selain lari kami juga sempet buat foto-foto. Lumayan, ngilangin capek. Hehe.
Pemotretan dulu yah


Begaya di puncak bukit setelah naik sambil merangkak

Selfie dulu biar ga panik :D


Waktu itu saya gak bawa handphone, jadi ga bisa ngetrack pakai running+, tapi kami ngerasa kok ini rasanya 7.5km gak nyampe-nyampe.. Sialnya, ga ada petunjuk jaraknya sama sekali. Waktu di charitree run, setiap KM selalu ada tandanya. Nah, ini ga ada. Setiap ketemu marshal kami selalu nanya "masih jauh nih, kang?" dan mereka selalu jawab "dikit lagi teh!" "Di bawah turunan terakhir kok!" hadeuuh tapi rasanya jauuh bangett.

Sekitar 2.5 jam berlari, akhirnya kami sampai di finish juga! Yeaaayyy! Finishnya tuh ternyata di dekat meeting point. Dan setelah nanya ke temen yang ngetrack larinya, ternyata jaraknya 9km, bukan 7.5km! Pantes aja kerasa banget jauhnya! Huft.
Fresh from the finish line!


Setelah istirahat sebentar, kami kumpul lagi ke meeting point. Di sana MC nya mulai berkicau-kicau. Gak lupa kami foto dulu dong di booth finisher hehe. Besok paginya jalan udah kayak pinguin ^__^a
A photo posted by Hutami Widyastuti (@hutamiwidyaa) on


Manglayang Trail Running 2015

Setelah 8 bulan absen dari trail run, akhirnya 22 Agustus 2015 kemarin ada lagi event trail run. Lokasinya di Gunung Manglayang. Ada 2 kategori; Half marathon trail run 21k dan short course 10k. Berhubung saya masih cemen, saya ikut yang 10k aja. Hehe.

Event Manglayang Trail Running ini diselenggarakan oleh PMPA PALAWA UNPAD. Karena diselenggarakan oleh Unpad, dan larinya di Gunung Manglayang, maka meeting pointnya adalah di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor.

Kali ini saya dan teman-teman ber7. 6 orang ambil 10k dan 1 orang ambil 21k. Karena lokasinya cukup jauh, di Jatinagor, saya memutuskan untuk nebeng sama mas Alfin dan nginep di kantor. Hehe. Waktu itu lumayan mepet juga sih berangkatnya. Start lari pukul 6:15, kami berangkat dari Setiabudi pukul 5:30 lewat tol Pasteur-Cileunyi. Pas nyampe, ternyata pas mulai banget lari yang half marathon, tanpa pemanasan, mas Alfin akhirnya langsung ikutan lari :D Ontime juga ternyata :D

Kami, para 10k members lari 10 menit kemudian. Saya udah excited karena menunggu-nunggu pemandangan seperti di Jayagiri.  Tidak lupa saya membawa handphone dan mulai menyalakan running+. Setelah mulai lari beberapa saat, kami melewati ladang. Sayangnya ladangnya kering, karena musim kemarau.
gersang gara-gara kemarau
Saya mikirnya "Ohh mungkin belum masuk hutan kali ya, jadi belum ada ijo-ijonya" Tapi sepanjang kami berlari, ternyata hutan rimbun yang saya bayangkan nihil. Hix. Lihat ke depan, gunung Manglayang masih jauh. 10km ga akan nyampe nih buat masuk hutannya. Hehe. Emang sih, saat saya lihat jalur larinya di peta yang diberikan oleh panitia, jalur lari short course 10k emang ga sampai masuk hutan. Tapi ga nyangka bakal sepanas ini sih. Hehehe.
1km pertama

Tracknya gak separah Jayagiri sih, nanjaknya juga ga seberapa. Tapiiiiii kebul dan keringnya itu loooh. Ga ada teduh-teduhnya. Hix.
teteuup... foto dulu! haha

Walaupun jalurnya ga senanjak Jayagiri, tapi tetep aja saya pusing. Hadeeuh belum ilang juga. Kebiasaan lari cuma di jalan lurus, sekalinya mesti ada nanjak-nanjakan saya mual mual pusing juga -__-".  Setelah 5km, nanjaknya habis. Sisanya perjalanannya adalah jalur menurun terus. Tenaga saya dah balik setelah di doping pocarisweat 3gelas hahaha. Saya udah mulai lari terus sampai finish, dan akhirnya tiba di garis finish dengan total waktu 1 jam 48 menit.
finish!

Kemajuanlah yaaa, dari pengalaman trail run pertama. Hahaha. Yaa medannya juga ga se-esktrim 2 trail run sebelumnya sih. Hehehe. Setelah selesai lari, kami ga bisa langsung pulang, karena nunggu mas Alfin yang lari 21km. Yaa gemana mau pulang wong berangkatnya aja nebeng beliau. Hahaha. Sekitar 3 jam kemudian Mas Alfin baru sampe garis finish. Sempet rada khawatir juga sih, Mas Alfun lama banget finishnya, karena pas berangkat sempet bilang kakinya rada sakit. Tapi alhamdulillah finish juga dengan selamat :D
A photo posted by Hutami Widyastuti (@hutamiwidyaa) on
Ga lama Mas Alfin sampe, ternyata ada anak laki-laki yang nyampe garis finish juga! Wooo! Keren bangettt doong! Kira-kira usianya sekitar 10 tahunan, tapi ikut half marathon 21km! *nyumput di pojokkan* Yaaah ntar juga saya bisa lah trail run 21km. Hahaha Aaminn..

So far, segitu aja sih pengalaman trail run saya selama mulai seneng ikutan event lari. Hehehe. Tanggal 19 September besok ada acara trail run lagi, acaranya Unpad juga di gunung Manglayang lagi. Tapi saya absen dulu deh, masih trauma sama track yang kemarin, panas dan gersang! Hahaha

Menurut saya dari ketiga event trail run yang saya ikutin, trail run di Jayagiri adalah yang paling berkesan sih. Karenaaaa... temen-temen yang ikutan banyak, lokasinya adem, pemandangannya bagus, meeting pointnya pun nyaman. Bikin semangat walaupun capeknya bikin jalan kayak pinguin hahaha.


Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

2 comments:

  1. Kabita pisan laaaah sama Run Forest Run, udah mah Ijo, bajunya bagus, banyakan pula T.T

    Kemajuan stamina bisa diliat kalau ada tolak ukurnya emang, tapi engga semena-mena tau tolak ukurnya aja, juga harus ngerasain dulu gimana rasanya aktivitas tersebut, baru deh bisa seenaknya komentar hahaha xD

    kereeeeen makin tangguh vroooh.

    Btw itu Masriyan masih slim laaaah \o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. next timeee... aku kumpulin banyak orang lagi biar seruuuuuuu.. hahhaha

      jadi gimana komentarnya kakak yang udah ikutan trail run 10k? siap untuk half marathon 21k? Hhhiiwww...

      Iya mas riyan masih slim. aku juga. hahahaha

      Delete