Ayah, Adik, dan Sepedanya


Lupa sejak kapan saat adik laki-laki saya mulai suka sepeda. Seingat saya, semua dimulai lebaran tahun 2014. Adik saya ribut ingin beli sepeda. Uang THR yang dia dapet dia kumpulin buat beli sepeda. Dengan subsidi dari Ayah, akhirnya belilah dia sepeda bekas seharga 2.2jt. Awalnya sangsi, “Beli sepeda mahal paling dipakenya bentar”. Biasalah, teteh-tetehnya sirik. Hahaha.

Setelah adik saya beli sepeda, Ayah saya menyusul. Sepeda butut di rumah dimodifikasi dengan beli sparepart-sparepart tambahan, supaya bisa mengimbangi sepeda anak bungsunya. Mulai saat itu, mereka berdua, Ayah dan adik saya, rajin naik sepeda. Hampir setiap minggu, mereka keluar rumah jam 6 pagi. Mulanya hanya nanjak di sekitar rumah, karena kebetulan daerah tempat tinggal saya di dataran tinggi, banyak tanjakannya. Kemudian menjauh ke daerah Curug Cimahi, sekitar Cisarua, lalu menjauh lagi ke Dago Pakar. Ya, mereka cuma berdua. Such a quality time between father and son :’D

Saat itu juga berbarengan saya mulai giat lari. Ketika saya mulai ikut event lari, adik saya juga nyoba ikutan event fun bike. Ditemani Ayah saya, akhirnya ikutan lah fun bike tersebut. Tapi berbeda ceritanya dari saya yang akhirnya ketagihan ikut event, adik saya justru kapok dan kayaknya kecewa sama event pertamanya itu. Kenapa? Ternyata, (kata adik saya) fun bike itu ga fun. Jaraknya cuma 5 km, dan padet banget sama sepeda-sepeda lain. “Fun apaan, bikin pusing iya, keringetan ga dapet, malah sesek-sesekan sama sepeda lain di jalan” Cerita adik saya waktu saya tanya gimana fun bikenya hari itu? Hahaha.
event fun bike pertama kali

Sejak fun bike yang mengecewakan itu, akhirnya adik saya ga mau ikutan event fun bike-fun bike-an lagi. “Mending sendiri aja ah, ke atas, yang menantang!” Huuu belagu! Hahaha. Setiap saya lari pagi, saya selalu ngajakin bareng, saya lari, dia sepedahan. Hanya beberapa kali kemudian selanjutnya ditolak dengan alasan yang sama kayak event fun bike. Ga asik! Tracknya ga seru buat sepedahan. Iya sih, keliling komplek doang. Bosen dia. Heuu..

Ga sampe di situ, saya selalu ngomel karena dia ga mau ngebiasain sepedahannya. Pengennya langsung jauh, tapi ga mau latihan dikit-dikit. Ga jarang dia langsung sakit abis sepedahan, karena kecepean. Iyalah, jaraknya jauh banget, medannya berat pulak. Hadeeuh.

Ayah saya beberapa kali naik sepeda ke kantornya. Adik saya juga beberapa kali naik sepeda ke sekolah. Keduanya udah jatuh cinta aja gitu sama sepeda. Hampir setiap malem saya lihat mereka berdua, lagi nongkrong di depan komputer sambil buka bukalapak.com, nyari aksesoris-aksesoris sepeda. Dan ya bener aja, adik saya rela ga jajan buat beli barang-barang itu; speedometer, lampu, dan lain-lain yang saya ga ngerti.

Ayah saya juga kelihatan seneng banget naik sepeda. Berat badannya turun, nafasnya engga sesek lagi, badannya lebih seger katanya. Im happy to hear that, Ayah :). Ayah saya gak lagi muda. Usianya udah 53 tahun, di usianya yang segitu, bapak-bapak lain udah pada gendong cucuk, lah ini masih nguyek-nguyek sepeda bareng si bungsu hahaha.

Kadang kasian sama Ayah, usianya udah tua, sedangkan adik saya masih 13. Iya, mereka beda 40 tahun! Adik saya masih semangat ngegowes jauh dan nanjak, sedangkan Ayah dengan susah payah ngikutin adik saya dari belakang. Ga jarang Ayah saya ngedorong sepedanya karena ga kuat lagi ngegowes di jalanan yang nanjak. Kalo pernah ke Tebing Keraton atau Caringin Tilu, mungkin tau tanjakannya kayak apa, horor, yekan?

Ga jarang juga Ayah sakit, kemudian adik saya manyun karena ga ditemenin sepedahan. Sejak saat itu, Ayah saya jadi termotivasi untuk sehat terus. Demi nemenin si adik sepedahan. Kenapa adik saya ga sama temen-temennya? Temen-temennya sepedahan cuma keliling komplek, sedangkan adik saya pengen cari tanjakan. Jadilah dia ga punya partner nanjak. Halah.. Makanya, Ayah ngerasa lebih baik beliau yang nemenin adik saya, lebih aman juga katanya.

Saya seneng banget lihat Ayah saya mulai olahraga lagi, semangat sehat lagi. Karena tahun sebelumnya Ayah sering banget sakit. Saya juga seneng adik saya punya kegiatan positif. Sebagai bentuk dukungan saya untuk hobi mereka, saya (niatnya) beliin adik saya helm sepeda, tapi ga jadi karena akhirnya dompet saya hilang waktu di perjalanan menuju toko helm. Syedih yah. Huhuhu.

Waktu ulang tahun Ayah tahun ini, akhirnya saya beliin sepatu olaharaga buat Ayah, karena sepatu buat sepedahannya udah bladus. Tapi berhari-hari, berminggu-minggu, sepatu yang saya kasih masih rapi di kotaknya. Sedihlah, gila kado dari guweeh ga dipakee :(( Akhirnya saya tanya deh, “Yah, kenapa sepatunya ga dipake?” lalu Ayah jawab “Sayang ah, takut kotor. Ntar aja dipakenya kalo sama temen-temen” What? Hahaha. Asli speachless banget pas denger jawabannya. Hahaha :’)

Tapi setelah dipake sekali, akhirnya dipake terus :") senangnyaaa.. Bahagia banget perasaan, tiap Ayah sepedahan pake sepatu yang saya kasih. Hhiks. Belakangan, Ayah sama adek jadi sering gabung sama klub sepedanya kantor Ayah. Dan yaa.. adik saya jadi satu-satunya bocah di klub tu hahaha. Dago Pakar udah kayak jadi makanan sehari-hari! Ayah yang asalnya ngedorong sepeda, udah bisa ngegowes kesana bareng si adek. Kalo udah gitu, keluar rumah jam 6 pagi, pulang-pulang jam 5 sore. Halah halah..
A photo posted by Hadi Widya Sentosa (@hadiwidyas) on



Dan akhirnyaaaaa adik kecil ganteng ini mau naik sepeda tiap hari! Tiap hari! Ke sekolah! Sekolahnya itu di daerah Cisarua, nanjak banget pokoknya jalannya. Tapi doi ga pernah absen ke sekolah naik sepeda. Kenapa? Karena ada temennya yang sama-sama seneng sepeda, dan mereka berdua naik sepeda bareng ke sekolah. Hahaha. Senangnya.. Mama jadi ga perlu nganter jemput adek lagi ke sekolah. Si bageur si soleh mmuah!
A photo posted by hapsari w lestari (@hapsariwl) on



Ayah juga ga mau kalah. Akhirnya beliau naik sepeda (hampir) tiap hari juga ke kantor. “Pokoknya kalo adek naik sepeda ke sekolah, Ayah juga naik sepeda ke kantor ah. Ntar ga bisa ngimbangin dia kalo sepedahan bareng” kata Ayah di suatu pagi, ngomong ke saya. Aissh.. So sweetnya :”)

Ga ngomel, ga protes sama hobi mereka adalah dukungan paliiiinnggg tulus yang bisa saya kasih. Yaaa selama saya belum punya duit buat ngendorse kebutuhan bersepeda mereka sih. Hahahah. Semoga Ayah dan adik saya selalu dikasih kesehatan supaya bisa olahraga terusss yeaaash! Semangat!
sehat teruss yaa kaliannn :*

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

5 comments:

  1. Gatau kenapa liat judulnya aja udah excited banget buat baca.

    Ternyata baru setahunan ini ya sesepedahan, tapi jadi kuat gitu kalau konsisten, passion banget lah sama sepeda, tapi kok yang event berbanding terbalik gitu ya? harusnya langsung event yang mahal sekalian, karena panitia pasti tau proporsi yang pas buat event sepeda, bukan event yang ecek2 bisa di ikutin banyak orang, modalin gih.

    Quote-quote yang saya suka
    - Berat badannya turun, nafasnya engga sesek lagi, badannya lebih seger katanya. Im happy to hear that, Ayah :)
    - Ga jarang juga Ayah sakit, kemudian adik saya manyun karena ga ditemenin sepedahan. Sejak saat itu, Ayah saya jadi termotivasi untuk sehat terus.

    Aaaah sooooo much quality time between father and son :’D life goal banget.

    Enpiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, baru setaun. Beberapa kali de Hadi minta izin ikutan event trail bike di hutan-hutan gitu. Ga diizininlah sama mama, latihan sepeda belum lama, masih kecil pula. Terlalu bahaya. Hahaa. Sekarang bahkan de Hadi ikut latihan sepeda gitu, ada pelatihnya :'D

      Hahahah ayo dam! Jadi pahmud! Biar ga terlalu tua ntar pas nemenin anaknya hahahaha

      Delete
    2. Nah iya itu, masih terlalu muda, hariwang kalau dilepas sendiri, meskipun De Hadinya pasti berani.

      Sok Teami duluh, nanti saya nyusul lah 1-1,5 taun lagi \o/

      Delete
    3. huahahahah januari kemarin bilang 3 tahunan lagi, sekarang langsung maju jadi 1.5 tahun lagi :))

      Delete
    4. OOT banget lah =))

      Liat rezekinya dulu nanti.

      Delete