Mama

Mama adalah segalanya buat saya. Apa pun yang beliau minta, beliau suruh, sebisa mungkin saya turutin, walaupun itu bukan sesuatu yang saya suka.

Mama saya, mungkin seseorang yang punya gambaran perfect tentang anak-anaknya, dan saya adalah "kelinci percobaannya", karena saya adalah anak pertama. Itu semua berjalan sampai saya SMK, dan sekarang saya malah merasa payah. Haha.

Mama saya, mungkin salah seorang mama yang berpikiran kolot, kekeuh sama kata-katanya, tapi lumayan terbuka kalau untuk pergaulan. Mama saya ngizinin saya pulang malem sejak saya kelas 1 SMK, beliau gak pernah recokin saya kalau saya main, beliau juga ga pernah marah kalau saya punya pacar, saya ga perlu sibuk backstreet kayak temen-temen kebanyakan. Saya bisa cerita apa aja sama mama saya. Sejak kecil banget, saya selalu terbuka sama mama. Kayaknya hampir ga ada yang saya sembunyiin.

Lalu semakin tua dan dewasa, saya ngerasa bercermin kalo sama mama saya. Mirip banget. Kelakuannya, plek-plekan, persis. Mama saya ini mungkin ga sabar kayak kebanyakan ibu, ga romantis, pundungan, kadang manja parah, kadang apatis, dan kadang ga mau dengerin pendapat anaknya. Yang kenal banget sama saya, mungkin ngerasain sifat-sifat kayak gitu juga di dalam diri saya. Hhiks.

Pernah ada yang bilang "coba ngomong baik-baik sama mamanya". Entahlah, saya ga pernah berhasil "maksa" mama saya untuk ngikutin permintaan saya. Karena kalo sekalinya saya ngebantah, beliau nangis. Saya bisa apa? Saya ga bisaeun? Mungkin. Karena sifat kami yang sama persis, kalau udah kayak gini ya bakal sama-sama keras. Sama-sama sensitif dan gampang nangis. Ngadepin mama saya itu kayak ngadepin diri saya sendiri. Asli. Resek emang kadang2 hahaha. 

Tapi semakin tua dan dewasa juga saya jadi sadar, sifat-sifat saya ini turun dari siapa? Ya dari benihnya langsung. Hha. Saya kadang ngerasa beberapa sikap mama saya menyebalkan dan seharusnya ga seperti itu. Saya langsung bercermin sama diri saya sendiri "yang kayak gitu tuh nyebelin, saya ga suka. Berarti saya ga boleh kayak gitu". Ato kadang "yaampunn, berarti orang-orang yang ngadepin aku ngerasa kayak gini juga yah" dan seterusnya. Haha.

Bukan, ini bukan berarti saya ngejelek-jelekin mama saya. Malah saya ngeliatnya lucu aja, anak adalah cerminan orang tuanya. Mama saya sadar banget saya nurunin sifat-sifatnya dan kadang marah-marah sama sifat-sifat jelek saya. Hahaha.

Tapi mama saya beruntung banget, dengan sifat-sifatnya yang kadang kayak anak-anak itu, punya suami kayak ayah yang supeeer sabaaar. Ngertiin sifat-sifatnya dan kadang ketawa aja ngeliat mama kalau lagi kayak gitu, lucu katanya. Hahaha. Semoga keberuntungan kayak gitu nurun juga ke saya, punya suaminya sabar banget kayak ayah :D

Berkat ini saya jadi banyak belajar, kalau punya anak nanti, saya harus..... blablablabla. Kalo saya ga pengen anak saya kelakuannya kayak saya, saya yang harus mulai berubah hhehe. 

Makasih ya, Ma. Dalam sisi yang kurang bagusnya pun bisa selalu jadi pelajaran buat saya. Apalagi yang bagus-bagusnya  :D
Mau gimanapun, mama tetep yang terbaik, selalu jadi orang pertama yang saya cari di rumah :)

Sehat-sehat terus ya, Ma 😘



Edisi kebangun tengah malem dan gabisa tidur lagi --"

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

1 comment:

  1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015

    Jangan sampai ketinggalan, ya!

    ReplyDelete