Lari: Sehat Atau Kekinian?

Saya ga tahu persisnya sejak kapan olahraga lari ini jadi hits banget. Soalnya saya ga ngikutin perkembangannya sih, simply karena saya ga suka lari. Jadi saya ga peduli. Done. Hahaha.

Temen-temen yang temenan saya di path, twitter, atau facebook mungkin udah pada tau belakangan ini saya sering ngeshare track lari saya. Iya, saya mulai lari, even i hate it, so much :D

Sebenernya udah lama banget pengen nulis soal ini. Saya mulai lari sekitar pertengahan 2013. Bersama tiga orang teman saya, hari Minggu pagi kami lari di sebuah daerah bernama lapang tembak. Haha. Tracknya lurus doang, jadi larinya bolak-balik. Waktu itu larinya masih belang beton banget. Paling sebulan cuma dua kali. Ato bahkan sebulan sekali hehe.

Waktu itu saya ngerasa jadi lebih gendut. Ya saya nyadar sih, semenjak lulus SMK, badan saya engga pernah olahraga sama sekali. Waktu SMK sih masih mending ada olahraga seminggu sekali, dan lari kampus 2.4km (kalo ga salah) 3 minggu sekali. Pokoknya, berat badan saya naik terus uncontrolly. Gak sopan. Zzz.

Dan kebetulan, waktu itu di kantor Mas Alfin lagi semangat-semangatnya lari. Hampir setiap kesempatan ngebahas soal kesehatan, dan lari. Berasa di doktrin abis-abisan lah pokoknya. Haha. Saya orangnya kalo ada yang ngebahas terus gitu tuh, suka ngerasa secara ga langsung nyuruh saya buat ikut ngelakuin juga. Semakin sering diomongin, makin panas deh. Haha yaudah, akhirnya ngajak temen buat lari, dan alhamdulillah pada mau juga. Dari situlah saya mulai lari, walau belang beton.

Lari pertama saya, saya lupa kapan, kira-kira bulan Juni 2013, waktu itu kuliah lagi liburan semester, jadi saya bisa lari saat weekend. Gimana waktu pertama kali saya lari? Parah! Pokoknya parah. Baru beberapa ratus meter, saya udah ngerasa mual dan pusing. Pucet? Pasti! Awal-awal lari paling jauh cuma 1km, itu pun dengan beberapa kali berenti dan jalan. Itu ga bertahan lama, karena keburu puasa, akhirnya kami udahan deh. Haha

Berdasarkan aplikasi Nike+ saya, saya mulai lari lagi tanggal 5 Januari. Ciee, mengawali awal tahun yang lebih baik gitu ceritanya :p. Pertama kali lari lagi setelah absen selama berbulan-bulan. Saya cuma bisa lari 0.9km, pdengan waktu rata-rata 12'23''/km hahaha. Lama banget kan! Jalan itu mah! :))

Setelah itu, saya absen lagi beberapa bulan. Dan ketika mulai lari lagi, saya memutuskan untuk lari di sekitar komplek rumah saja. Soalnya kalo cuma ke brigif seminggu sekali dan hari minggu, jatohnya saya malah jajan, bukan olahraga. Hahahaha. Kebetulan jam kerja saya juga ga sepagi orang-orang, jadi saya nyempetin waktu untuk lari dulu sebelum kerja.

Lumayan lah, lari pagi keliling komplek, setelah belasan tahun ga pernah jalan-jalan sekitar komplek. Siapa tau ketemu mantan kecengan jaman SD yekan? Tapi sayangnya ga pernah ketemu euy hahaha. Bisa dibilang lari saya kali ini lari saya paling konsisten dibanding sebelum-sebelumnya dan titik awal "lari beneran" saya :D

Suatu hari, saya diminta tolong Mas Alfin buat ngambil race kitnya di salah satu kafe, waktu itu ada event lari Run City Light kalo ga salah. Wow. Dari situ saya mulai tertarik tuh, pengen ikutan tapi telat tau. Yaudah deh, lapur. Dan minggu depannya, ternyata Mas Alfin ikutan Jakarta Marathon 2014. Meeeh, tambah ngerasa tertantang! Halah.

Bulan Oktober 2014, akhirnya saya ikutan event lari di Tahura. It was my first epic running event ever :D. Di postingan lain aja deh saya ceritainnya. Pokoknya, setelah event itu, saya mulai makin rajin lari pagi. Karena ternyata beberapa bulan selanjutnya ada event lari lagi, saya harus ngelatih diri saya lagi biar ga cupu-cupu amat. Hahaha.

Niat diet dengan lari udah ilang. Saya ga peduli deh, soalnya waktu itu pernah berat badan saya tetep naik walopun lari jalan terus. Yaudahlah ya, yang penting sehat :D. Dan yang paling penting, kemampuan lari saya dikit-dikit meningkat. Saya ga pusing/mual lagi. Saya juga udah bisa ngatur nafas selama lari, nggak ngos-ngosan parah. Asalnya, saya lari 1 km aja udah mau pingsan, sekarang bisa lari 5 km. Dulu rata-rata lari saya 12 menit/km, sekarang saya bisa 8-7 menit/km. Mungkin emang belum memenuhi standar, tapi untuk saya yang pernah benci banget sama lari, ya itu udah pencapaian buat saya.

Saya sendiri juga ga nyangka bisa kayak gitu. Waktu saya liat-liat lagi history di Nike+, saya kaget juga. Woh! Ternyata ada perubahan! Hahaha. Rasanya saya lari biasa-biasa aja, sama seperti biasa, Tapi karena kebiasaan, tanpa saya sadari ada peningkatan dalam diri saya.

Untuk memotivasi diri sendiri, saya pengen menghadiahi diri sendiri juga. Kalo saya naik level di Nike+, saya pengen beli sepatu lari, yang rada mahalan dikit :p. Eeh, sebelum targetnya tercapai, udah ada yang ngasih sepatu lari duluan. Haha.

Yang paling bikin seneng, ternyata lingkungan saya ikut ngedukung, temen-temen saya, keluarga juga. Mereka nemenin saya lari kalo Minggu sore, ikutan event bareng-bareng, dikasih voucher belanja sama Mas Alfin karena udah konseisten lari, dikasih kado sepatu lari waktu ulang tahun sama Kang Imam, dan terakhir dikasih tumbler sama Adam, dia ga tahan liat saya tiap abis lari beli Aqua botol. Nimbun sampah katanya! Haha. Seneeeeng bangetlaaah! Bikin semangat teruus.. Makasih yaaa semuanyaaa :) Kalo ada yang mau ngasih running gear diterima dengan senang hati loh :')

A photo posted by Hutami Widyastuti (@hutamiwidyaa) on



Setiap saya abis lari, hasilnya (hampir) selalu saya share di medsos saya. Mungkin ada ajaaa yang nyinyirin saya; sombonglah, pencitraan lah, kekinianlah. Saya masa bodo aja sih. Tapi saya ga suka aja kalo disebut kekinian. Secara saya anaknya anti mainstream, (halah, sok luw!) hahaa. Saya juga mulai lari bukan karena lari lagi hits waktu itu, bahkan sampai hari ini. Tapi karena "dipaksa" sama Mas Alfin (pada awalnya) :'))) Tapi sekarang saya suka kok. Haha

Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, apa salahnya kekinian kalo bisa ngajak orang lain jadi ikut sehat. Semenjak saya share-share lari saya di medsos, banyak temen-temen saya nge-add Nike+ saya. Berarti banyak yang terpacu untuk ikutan lari juga kan? Yaa walopun pertama-pertama doang munculnya, lalu ilang. Ga masalah sih, saya juga dulu kayak gitu. Tapi lama-lama konsisten itu muncul sih. Perasaan ga enak kalo ga lari, ngerasa minder liat temen-temen di Nike+ udah banyak kilometernya. Haha.

Jadi, ga apa-apa kekinian untuk hal positif, seengganya bukan kekinian yang ngotorin gunung, ato tempat-tempat instagramable yang sekarang makin rusak sama orang-orang gaul tidak bertanggung jawab. Haha. Mending lari kan, sehat iya, kekinian iya. Gaul udahlah! :))

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

1 comment:

  1. Kayanya tiap lari, selalu kepikiran banget buat nulis blogpost tentang ini ya? saking banyaknya jadi banyak yang lupa ketika ide baru dateng, terus sekalinya nulis emosi, semuanya keluar, ditumpahkan begitu saja dalam satu blogpost tanpa ada belas kasih. xD

    Jagain tuh tutup tumblrnya bisi ngacelng.

    ReplyDelete