Beneran nih, Taaruf? Ato PHP? Hmmm

Hmm.. Entah kenapa belakangan ini saya seriiinngg banget denger kata "taaruf". Dah pada tau kan taaruf di sini apaan? Iya, kenalan, dan simpelnya, its mean that you get married without pacaran. Keren yah? Menikah tanpa kenal lama sebelumnya. Ga ngerti kenapa orang-orang di sekitar saya obrolannya tuh jadi sekitar  taaruf, nikah, dan sejenisnya. Bukan faktor umur kan yah? 

Dulu, waktu belajar agama Islam pas SD apa SMP ya, yang ngajarin kalo pacaran itu ga boleh. Yang bener itu taaruf! Dulu saya mikir "what? emangnya bisa gitu ya?" eh tapi belakangan ini saya sering denger kasus kayak gitu dan bener adanya loh. Mereka yang kenal cuma beberapa minggu, lalu memutuskan untuk menikah. Saya mah takjub aja dengernya .__. Super sekali..

Saya hidup di lingkungan yang pengetahuan ilmu agamanya biasa-biasa saja, Saya ikutan pesantren cuma waktu bulan Ramadhan doang di mesjid, dan di sekolah. Sampai SMP, saya ya gitu-gitu aja. Bandel engga, alim engga. Ya biasa-biasa ajalah pokoknya. Boro-boro paham taaruf -__-a

Sampai ketika saya masuk SMK, SMK 1 Cimahi, yang ternyata penduduknyaaaa alim-alim banget bok! Aslinyaa! Nah di sinilah, saya jadi lumayan alim hehhee. Kebanyakan cewek-cewek di SMK 1 (biasanya disebut STM, jadi yaudahlah yah sebut STM aja, kagok euy hehe), abis lulus langsung nkah. Ada yang nikah sama pacarnya yang udah lama banget pacaran dari sekolah, ada juga yang....... taaruf.

Tahun 2012, saya kebagian presentasi soal taaruf waktu mata kuliah agama. Biar total presentasinya, saya beli buku soal taaruf. Penasaran juga soalnya soal taaruf, makanya seniat itu saya sampe beli bukunya haha.

Setelah baca bukunya, oooww.. jadi gitu, taaruf tuh! Okay! Thats cool! Tapi sepertinya saya mah belum bisa kayak gitu. Mentoring ga pernah,(pernah deng waktu kelas 1 SMK, karena wajib) apalagi punya mentor. Hahaha. Pake kerudung aja baru belajar. Aaaakkk saya masih banyak banget kekurangannya. Di pikiran saya, cewek-cewek yang berhasil nikah dengan jalan taaruf itu ya cewek-cewek berhijab panjang, nogkorongnya di mesjid, dan berkeliarannya di sekitar DT :D Jodohnya pun ga jauh-jauh dari sesama santri. Yah, emang jodoh mah cermin kita, gimana kita bersikap, seperti itulah jodoh kita. Tjiee..

Saya respek banget sama orang-orang yang nikah dengan taaruf. Karena keberaniannya mantep banget! Memutuskan untuk menikah sama sesorang yang baru dikenalnya untuk ngabisin waktu bareng-bareng sampe mati. Aaakk.. Keren kan? Kerenlaah! Ga semua orang sanggup kak!

Tapi ada yang aneh belakangan ini. Banyak laki-laki yang gampang banget bilang "kita taarufan aja ya" ato "aku mah ga mau pacar-pacaran, pengen langsung nikah aja, tapi nanti kalo aku udah lulus kuliah" "kamu mau kan nunggu aku 2 taun lagi?" Heh?! Are you kidding meh, bro??!

Ga salah sih (kayaknya) kalo harus tunggu-tungguan gitu. Setau saya, saat-saat saling tunggu itu dipake laki-laki dan perempuannya  untuk sama-sama memantaskan diri. Nyiapin diri buat berumah tangga. Gila luw, mau nikah sama laki-laki yang ga kenal, trus luw gabisa apa-apa? Gabisa masak? Gabisa bersih-bersih? Ga bisa bangun pagi? Trus laki-lakinya kan ga cuma bisa cari duit, tapi harus mendalami agama biar bisa didik istrinya. Jadi suami tanggung jawabnya gede banget kels! Hahaha. Btw, saya udah sotoy banget belum sih?

Tulisan ini dibikin gara-gara kesel aja denger temen saya sampe kayak yang trauma gitu, gara-gara diharkosin kayak gitu. Dia diajak taarufan sama 3 cowok! Tapi ya gitu, taaruf "tunggu aku ya". Hmmm. Saat dia percaya dan mau nunggu si cowok sampe beberapa tahun lagi, belum sebulan komit, eeh si cowok itu ketauan punya pacar. Apaaaa sih?! Lalu cowok yang lainnya juga gitu, pacaran sama cewek lain. Temen saya ini jelas perempuan baik-baik, cantik pula. Dan mereka mau nikah sama temen saya yang berharga ini, tapi pengen pacaran juga sama cewek-cewek cantik. Eerrh kan sebel. 

Iya emang ga semua laki-laki kayak gitu. Itu sih yang kejadian di sekitar saya aja. Jadi buat cowok-cowok yang emang berniat taaruf, pelajari dulu lah bener-bener. Jangan asal ngomong doang ke ceweknya. Apa bedanya sama Harkos dan Pemberi Harapan Palsu a.k.a PHP kalo gitu kan? Hzzz. Kalo mau juga, langsung bilang ke Bapaknya, ya gak sih? HHiiyyy...

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

1 comment:

  1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

    Jangan sampai ketinggalan, ya!

    ReplyDelete