Balada Buka Puasa Bersama


Selain shalat terawih, kayaknya buka puasa bersama ini ga boleh absen yah dari jadwal Ramadhan. Rasanya kayak kurang afdol gitu ga sih? Hahha. Ini udah masuk ke pertengahan Ramadhan. Udah berapa jadwal buka puasa bersama kalian? :p

Saya mulai ikut-ikutan buka puasa bersama kayaknya waktu kelas 2 SMP. Waktu itu buka puasa bersama hanya sekedar di aula sekolah, karena alasan keamanan. Yah, namanya juga anak kecil.

Waktu berlalu, umur bertambah, pergaulan meluas, teman-teman semakin banyak, dan jadwal buka puasa bersama pun semakin penuh! Wooo... bikin sakit kepala dan dompet :(

Saat SMK, jadwal bukber ada bermacam-macam; bareng temen-temen sekelas, bareng temen-temen SMP, bareng temen-temen SD, bareng temen-temen ekstrakulikuler, bareng temen-temen les, dan masih banyak lagi! Dateng? Dateng dong! Dengan excited saya jabanin semua jadwal bukber, bahkan di beberapa tempat saya yang jadi koordinator.

Dulu, eksistensi adalah segalanya. Dateng ke setiap undangan buka puasa bersama dengan senang hati, (walaupun dompet menangis). Reunian sama temen-temen yang udah lama gak ketemu. Awal bulan Ramadhan udah sibuk nyusun jadwal bukber, dan group chat mendadak rame! Hahahahaduh..

bukber angkatan SMP 1 tahun 2013
Bahkan gak jarang jadwal buka puasa bersama hampir setiap hari berturut-turut. Rasanya lebih sering berbuka di luar daripada sama keluarga di rumah. Jadwal tarawih ke mesjid berantakan. Duh! Maapin aku, Mah!

Semakin tua, padahal belum tua-tua banget sih 22 tahun mah, tapi saya udah mulai ngerasa capek sama buka bersama di sana sini. Dulu saya semangat inisiatif ngajak buka puasa bersama kalau ada komunitas yang saya naungi belum ada jadwal bukber. Sekarang? Boro-boro! Bahkan sekarang rasanya saya nggak pengen bahas bukber, nunggu diundang aja deh :p 

Saya malah aneh waktu h-7 puasa adik saya udah riweuh ngurusin bukber angkatan SMPnya. Padahal jaman dulu juga saya kayak gitu. Hahaha. 

Hari ke-7 Ramadhan, masih adem ayem aja tuh. Jadwal bukber masih kosong sekosong-kosongnya. Sekaraaaang? Udah mulai banyak! Padahal udah saya batasin. Hahaha.

Yang bikin tambah nyesek, bukber itu makin kesini makin mahal! Dulu awal-awal bukber, buka puasa di luar hanya ngeluarin duit 20 ribu doang. Sekarang? Minimal 50 ribu bro! Makin tua, gaya hidup meningkat. Bukan saya, tapi teman-teman dan lingkungan saya. Otomatis saya juga terbawa arus :(( Dulu bisa makan cuma di KFC, sekarang di hotel! Hix

Ga apa-apalah, momen setahun sekali, yang penting sekarang mah jangan labil lagi sampe ninggalin tarawih apalagi shalat wajibnya! :p Jangan sampe bukber jadi lebih penting daripada ibadahnya kan yah? Nantinya jadinya maksiat bersama. Bheheheh naudzubillah..

Mungkin sekarang saya ngerasa bosen sama balada bukber ini, tapi 5-10 tahun lagi pasti saya bakal kangen dan nunggu banget undangan buka puasa bersama hahaha. Visioner banget anaknya teh.

Kalo dipikir-pikir, rasanya harapan bisa berhemat di bulan Ramadhan itu hanya ilusi belaka. Nyatanya uang jajan di bulan Ramadhan lebih boros daripada bulan-bulan biasa! HIX.

Happy breakfasting everyone! :)

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

6 comments:

  1. Alhamdulillah sudah 0 Bukber dan 0 ajakan bukber.

    Duh ini yang simpatisan Bukber, sekarang mah topik obrolannya juga pasti beda sama bukber-buker yang lampau, dulu mereun ngomongin Kerja/Kuliah, sekarang mereun obrolannya "Eh nyaho teu si Edoh geus kawih siah!" =))

    Teami dibikin point per point tentang hal-hal yang menarik ttg Bukber juga asik tuh!

    Ttg teknis, Label udah bikin ternyata, tinggal benerin text about Me.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alah kamu juga ketua panitia bukber smk! hahaha malah paliing heboooh :p

      Delete
  2. nice, Mi. Makin sini malah makin ingin serius ibadahnya, bukan bukbernya.

    ReplyDelete
  3. Ditunggu postingan soal buka bersama Greeone-nya :)

    ReplyDelete