Pengajian Bareng Hijabers Community Bandung

Alhamdulillah, akhirnya kesampean juga ikutan pengajian bareng Hijabers Community Bandung setelah sebelumnya selalu gagal karena bentrok sama jadwal kuliah :D

Jadi ceritanya hari ini saya dateng ke mesjid Al-Ukhuwah buat ikutan pengajian bareng Hijabers Community Bandung. Beberapa hari yang lalu saya lihat posternya, dan ternyata pengisi acaranya (kayaknya) asik; ada Kang Ucay (Ex-Rocket Rockers) dan Aa Gym. Wohoooo!

Siapa yang ga tahu Kang Ucay? Yap, doi adalah mantan vokalis Rocket Rockers. Saya sempet kaget juga waktu denger kabar Kang Ucay keluar dari RR tahun 2013 lalu. Yaa secara saya besar dengan lagu-lagu Rocket Rockers. Eaaaaaa....

Menghilanglah dari kehidupanku,
Enyahlah dari hati yang tlah hancur,
Kehadiran sosokmu kan menyiksaku,
Biarkan disini ku menyendiri~~

Yang bikin lebih kaget adalah pas liat Kang Ucay maju ke depan, booo... beda banget. Hahaha. Jenggotan, pakai kopiah, pake jins digulung semata kaki. Wow! Tapi masih tetep keliatan sih rock and roll nya :D

Ternyata alasan Kang Ucay keluar dari RR jadi tema sharing doi hari ini: Pengalaman Hijrah. Doi nyeritain kegalauan-kegalauannya selama menjadi musisi, kegelisahan-kegelisahannya selama hidup di lingkung entertainer, Tidak dipungkiri, dulu, dunianya dekat sekali dengan maksiat. Namanya Noor Al Kautsar, nama yang Islam banget, tapi hidupnya jauh sekali dengan kehidupan yang Islami. 

Satu meja dengan minuman keras, satu ruangan dengan pengguna narkoba, free sex, sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Islamnya hanya sebatas di atas sajadah, di mesjid saat shalat Jum'at, dan di rumah. Naudzubillah. Serem juga yah ternyata.

Lama kelamaan, mungkin kang Ucay udah dapet hidayah, rasa galau-galau itu muncul.  Doi galau karena udah nulis lagu-lagu galau yang bikin anak-anak muda Indonesia ikutan galau, galau setiap mau manggung karena harus manggung menghibur orang-orang yang mabvk, galau karena penjualan tiket konser mereka sharing sama penjualan minuman keras, galau karena selalu berada di lingkungan orang-orang yang.. yah begitulah :D

Sampai akhirnya di suatu konser di Yogyakarta, hati kecilnya berteriak lebih keras daripada musik hingar bingar disana, berteriak kalau ini udah ga bener, dunianya udah bukan disana, dan akhirnya dia memutuskan "ok, ini konser terakhir gue" bam! keren banget! Sejak saat itulah Kang Ucay keluar dari RR dan memutuskan untuk hijrah.

"Hijrah itu istimewa, tapi istiqomah lebih istimewa lagi. Saat kita mengclaim diri kita untuk hijrah, disaat itu pula Allah menguji kita sampai ke titik 0, saya sakit, usaha saya bangkrut, saya ditipu orang, uang yang telah saya kumpulkan bersama RR selama 13 tahun habis ga bersisa. Saat itulah saya diuji untuk terus berjuang di jalan Allah" - Kang Ucay.

Acara selanjutnya adalah materi dari Aa Gym, tentang perbaikan diri. Yang ini lebih singkat untuk di review :p Ada 5 point utama cara untuk memperbaiki diri.

1.   Tafakur diri
Tulis kejelekan-kejelekan kita, sedetail mungkin, baca berulang kali sampai kita akhirnya sadar bahwa itu salah dan harus diperbaiki.
2.   Harus punya cermin sendiri
Kita suka bercermin, memperbaiki kesalahan sekecil apapun yang ada di wajah kita, tapi kita tidak mau bercermin atas kesalahan yang ada di hati kita. Kita harus malu dengan kejelekan yang ada di hati kita, karena penyakit hati jauh lebih berbahaya daripada peyakit lahir.
3.   Miliki guru atau teman yang lebih berkualitas dari kita
Berteman jangan dengan orang yang senang memuji, karena pujian jauh lebih berbahaya daripada kritikan. Bertemanlah dengan orang-orang yang tidak banyak bicara namun jujur, karena kita harus mau dikritik. Seseorang yang takut dikritik itu karena ia terlalu terlena dengan pujian duniawi.
4.   Manfaatkan orang-orang yang ga suka sama kita
Pernah dengar haters? Iya, haters adalah orang-orang yang ga suka sama kita, sekaligus orang-orang yang sangat perhatian dengan kita. Apa pun yang kita lakukan, sekecil apa pun kesalahan kita, pasti ketahuan oleh mereka. Jadikanlah cibiran-cibiran mereka sebagai bahan evaluasi untuk diri kita sendiri.
5.   Tafakuri yang ada di sekitar kita
Jadikanlah semua yang ada di sekeliling kita sebagai pelajaran. Perbuatan buruk orang lain, kita jadikan sebagai bahan evaluasi agar kita tidak melakukan kesalahan serupa. Jika ada orang yang melakukan hal yang baik, hati kita pasti tergugh untuk melakukan hal yang baik juga.

Yaah, segitu deh. Pengajian ditutup dengan bacaan hamdalah dan pengumuman untuk event-event selanjutnya. Seneng deh, bisa bergabung sama komunitas positif kayak gini. Dapet ilmu baru, dapet cerita baru, Saya seneng aja denger sharing-sharing pengalaman kayak dari Kang Ucay gitu, rasanya lebih real, kalo seseorang udah dikasih hidayah bisah benar-benar hijrah seperti itu. Dan yaa, memang kang Ucay ga tiba-tiba seperti itu, ada proses yang dilewatinya, ada tahapan-tahapan yang dilaluinya hingga bisa sampai seperri sekarang :D

Selain itu, lihat teteh-teteh disana hijab-hijabnya beneran pake hijab panjang yang syar'i, bukan hijab yang dibelit-belit sana sini :p jadi termotivasi terus untuk manjangin jilbab :)
Semoga reviewnya bisa bermanfaat buat yang tadi ga hadir hehe. Sampai ketemu di pengajian berikutnyaaa :)


Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

6 comments:

  1. "Hati kecilnya berteriak lebih keras daripada musik hingar bingar disana."
    Cadas pisan kalimatnya lah.

    Kembali ke titik nol mungkin itu yang aga harus dipersiapkan dari sekarang.

    Btw itu 5 point Aa Gym bisa apal gitu ditulis atau emang inget sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa itu kata-kata dari Kang Ucaynya, hasek yah :))

      Hooh, persiapan mah harus.. yang penting istiqomah cari rezeki yang halal :D

      Ditulislaaaahhh hahahha aku kan anaknya niat bangettt :p

      Delete
  2. cekcek,,,

    aneh di hp gagal trus mau komen teh knapa ya -__-! muter2 trus pas publishnya, jd musti di lptop ini,, dan wayahnya hrs nulis komen lg hahaha pdhl isi komen sblmnya udh lupa isinya apa, tp kira2 kyk berikut ini

    "wow hebat bsa nulis sgni panjangnya, pdhl kmrn smpet hilang mood gara2 draft tulisan ilang wkwkwk..seketika ga mood di magrib, tp selesei traweh berhasil jg gening beresin nulis ulang ini, hebattt.. kyk gitu atuh, km jgn kalah sama mood lg ya, be stronger !!

    ohya btw

    "Siapa yang ga tahu Kang Ucay?"

    *ngacung ☝☝☝*

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHAHAHAHA
      baru komen doang yg ga bisa dipublish,, nah eike?? postingan yang hilaaang! hahahaha

      hehehehe.. hebat kan! namanya self improvement tuuuh huahahah :p
      semangat!

      AH LU MAH GAK GAWL!

      Delete
  3. mksh ukhti,,kbtulan bgt ane kmaren datang'y telat,,review'y manfaat bgt,,:)

    ReplyDelete