Lifetime Achievement


Life time achievement. Pencapaian hidup. Bisa dikatain sebagai cita-cita ga sih? Cita-cita kamu apa? Waktu kecil cita-cita saya pingin jadi pramugari, terus gedean dikit pengen jadi penyiar radio, terus gedean dikit lagi pengen jadi wanita karir yang kerja di kantor-kantor guedeee... Plin plan yah? Dari kecil ga jelas mau kemana hidupnye. Terus sekarang mau jadi apa? Kalo saya bilang mau jadi ibu yang baik, salah gak?

Menurut saya sih, enggak. Emangnya jadi ibu yang baik itu gampang? Banyak drama "Ih sekolah lama-lama akhirnya jadi ibu rumah tangga doang, ga sayang ilmu dan waktuny?" Hello siapapun yang bilang kayak gitu, emangnya sekolah tinggi buat ijazah doang? Emangnya ilmu cuma kepake di kantor doang? Ya enggak, lah.. Buat menciptakan anak-anak yang pintar dan cerdas juga! Cailah bahasamu nak. Ok, saya ga akan perpanjang tentang ini :p

Katakanlah life time achievement saya jadi ibu yang baik buat anak-anak saya, dan pastinya, achievement itu baru bisa di unlock saat saya udah berhasil ngedidik anak-anak saya sampaaaiiii gatau deh kapan hahaha :)) Tu juga kalo dikasih umur panjang. Aamiin..

Selama proses menuju pencapaian terbesar dalam hidup, kadang kita saya suka lupa sama hal-hal kecil yang saya lalui selama ngejalanin hidup. Padahal sebenernya, kalo dipikir-pikir, pencapaian-pencapaian kecil itulah yang bakal menuntun kita menuju mimpi kita. Karena semua butuh proses bukan? Semua butuh improvement.

Sebelumnya saya ga pernah sadar sama apa yang udah saya lakukan, sama perubahan yang terjadi sama diri saya sendiri atau lingkungan saya. Yaah... saya lewati aja tanpa makna. Mungkin karena itu saya sering merasa gak puas sama diri saya sendiri. Padahal sebenernya, kalo aja saya lebih peka sama diri saya sendiri, lebih menghargai usaha sendiri, ternyata banyak juga hal yang udah bisa saya lalui. Yah goal-goal kecil yang nggak disadari gitu deh.

Saya bikin draft tulisan ini, tepat setelah saya ngobrol tentang life achievement sama temen. Dia kirim link yang isinya kalo ga salah tentang pengalaman ospek si penulis, yang ternyata itu jadi pencapaian buat si penulisnya. Yah.. dari situ mata saya lebih terbuka sama yang namanya achievement.

Pencapaian bukan hanya sekedar "saya berhasil masuk universitas ini" atau "saya berhasil masuk jurusan favorite" atau "saya keterima kerja di perusahan ini". Itu jelaaas pencapaian yang luar biasa yang bener-bener patut disyukuri. Tapi pernah gak sih ngelakuin hal kecil yang sebelumnya kita ga pernah lakuin? atau pernah kita lakuin tapi selalu gagal dan akhirnya berhasil?

Saya benci lari, sangat benci, bencii banget! Tapi akhirnya saya berhasil suka sama lari sampai tiap event lari dikejar! Gimana bisa? Nanti saya tulis kapan-kapan, entah kenapa ga jadi terus nulis tentang yang satu itu. Haha.

Saya ga bisa bikin mie+telur (dengan telur tetep bulat sempurna) sampai akhirnya kemarin berhasil! Yeashh! Ga penting yah :))


Saya orang yang moody-an parah. Kalo udah ga mood yaudah aja berantakan, tapi kemarin berhasil ngembaliin mood dengan cepat waktu kehilangan draft blogpost. Saya masukin dalam kategori life achievement karena langka banget! Hahaha.

Tulisan ini mungkin ga penting, bahkan terkesan riya yah? Pamer? Sombong? Biar! Saya nulis ini buat diri saya sendiri, kalau berguna buat orang lain yaa bonus lah :p Saya nulis ini sebagai selfnote aja sih, supaya saya bisa lebih bersyukur, bisa evaluasi, bisa lebih menghargai diri sendiri, supaya bisa ngejalanin hidup dengan lebih bermakna, bisa lebih menyemangati diri sendiri untuk terus berubah jadi lebih baik, dan ga mandang rendah diri sendiri alias ga merod! Hahaha. 

Menurut saya, perubahan-perubahan kecil kayak ginilah yang bakal ngebantu saya buat mencapai mimpi-mimpi besar saya nanti. Karena ga ada sesuatu yang instan. 
Terlalu banyak hal-hal besar di depan sana yang kita sedang kita kejar, sampai lupa sama hal kecil yang kita capai hari ini, yah? Yuk, diinget-inget, biar kita lebih bersyukur sama Allah, karena telah diberi kesempatan untuk berbuat baik dan berusaha untuk jadi manusia yg lebih baik! Cheers!

Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

2 comments:

  1. Dont underestimate yourself and other people \o/
    Karena hidup banyak rasa.

    Btw itu pengalaman ospek si penulis siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeaash! bener beuut...


      Gatau, lupa aku juga. hahahaha

      Delete