Jalan-jalan: Hiking ke Tangkuban Perahu

Yak! Selamat malam minggu!

Hari ini libur, dan waktunya untuk hibernasi, setelah lebih dari 2 bulan ini setiap weekend selalu ada kegiatan dari pagi sampai malem, setiap hari pulang kerja malem juga. Hahaha. Iyaa, sampe diprotes Mama karena menurut beliau saya jarang banget di rumah dan ga punya waktu buat keluarga (?). Hahaha lucu juga sih sampe diprotes kayak gitu. Padahal jaman sekolah lebih parah dari sekarang kayaknya -___-.

Jadi, niat hibernasi hari ini dipersembahkan oleh badan pegel-pegel yang baru kerasa setelah hiking kemarin lusa. Hahaha. Yes! Jadi kemarin untuk pertama kalinya seumur hidup, saya naik gunung, walaupun Gunung Tangkuban Perahu yang ga ada puncaknya itu karena bentuknya trapesium :joy:

Mungkin buat sebagian orang yang baca ini, yang udah sering naik gunung ini itu, cerita saya bakal lebay banget. "Naon sih". Hahaha. Tapi bodo amat deh. Bisa naik gunung Tangkuban Perahu aja udah suatu pencapaian buat saya yang sebelumnya belum pernah hiking sama sekali. Bhueheheh.

Mungkin sempet pada liat di Instagram, beberapa saat lalu, naik gunung lagi hittssss bangettts. Kekinian abislah. Saya? Cuma bisa mencet tombol love aja sebagai tanda suka. Nyahahaha. Saya seneng liatnya, takjub sama pemandangannya, mereka berdiri di atas awan. Aaaahhhhh keren bangetlah! Pengen gak? Pengen, lah! Tapi saya sadar sama fisik dan mental saya sih. Buat saya, naik gunung bukan soal kekinian, selfie di atas awan, eksistensi di media sosial, atau apa lah. Saya juga ga ngerti kenapa orang-orang naik gunung. Sampe sekarang bahkan saya suka bertanya-tanya kenapa orang naik gunung? Padahal capeknya pasti luar biasa. Nikmatin pemandangankah? Bersyukur atas kekuasaan Allah kah? Aaah. Kayaknya yang kedua deh. :D Saya ga ngerti, mungkin emang karena saya bukan "anak gunung" kali yah hehe.

Yang pasti, saya ga mau naik gunung, bukan ga mau ding, saya gak berani. Bukan karena takut kesasar atau longsor atau apa sih. Saya masih belum percaya sama fisik dan mental saya sendiri. Buat saya yang sebelumnya olahraga aja nggak, lari aja sesek napas, main ke kota mulu, lambat dan manja, ga mau ambil resiko buat maksain naik gunung. Selain bakal nyusahin diri sendiri, saya juga bakal nyusahin orang lain. Aaaaah nggak deeh.. Naik gunung buat saya bukan sesuatu yang bisa asal-asalan dilakukan. Kalau suatu saat nanti ada foto saya di puncak gunung, berarti saya udah siap buat naik gunung. Hahaha.

Acara hiking ini udah direncanain lamaaa banget, beberapa tahun sebelumnya. Tapi ga pernah jadi alias wacana only. Hahaha. Tapi kemarin-kemarin waktu lagi chat di group, tiba-tiba aja ada yang ngajakin hiking, dan semua langsung setuju. Oke berangkatlah kita. Emang yah the power of dadakan tuhh.. manjuur asli. Hahhaa.

Tujuan utamanya adalah: Singgasana. Saya ga kebayang singgasana tu kayak gimana, pokoknya saya mah ngikut aja deh.  Yang ikutan hiking hari itu 8 orang termasuk saya. 3 cewe 5 cowo. Janjian jam 7 berangkat jam 8. -____- ini semua gara-gara si princess Nisya yang baru mandi jam 6:58 -__-.

Kita start dari Curug Layung. Bayar tiket masuk ke Curug layung Rp. 5000, dan kita bisa nyimpen motor di sana. Hal paling tercerdas yang saya (kami) lakukan kemarin adalah gak meninggalkan jas hujan di dalam motor. Muehehehe.
check in
Jalur yang dilaluinya sih pohon pinus-curug layung-kebun teh-singgasana. Saya udah parno sih, soalnya pengalaman trail run di Jayagiri bulan Desember lalu, tracknya paraaaah nanjaknya :(( eh tapi yang ini tracknya biasa-biasa aja kalo dibandingin sama pas di Jayagiri kemaren. Hehehe.
Lewat hutan pinus (atau karet sih?) menuju curug layung

selfie dulu, sebelum rambut lepek keujanan
Abis lewat hutan pinus, nyampe deh ke curug Layung, jangan berekspektasi berlebihan sama curug Layung lah, biasa-biasa aja. Soalnyaa......
curugnya kecil -__-!

Kita harus nyebrangin curug layung buat lanjutin perjalanan menuju Tangkuban Perahu. Walaupun curugnya kecil, tapi harus tetep hati-hati, soalnya dasarnya berlumut jadi licin. Arusnya juga lumayan deres.
Buka sepatu mau nyebrang curug, belum tau aja sepatunya bakal keujanan dan becek-becekan :p

eaaa.. riweuh :))
Abis lewat dari Curug Layung, tracknya kebun teh sampe singgasana. Adeeeem bener deeeh pokoknya liat sekeliling ijo semua. Hahaha.
Masuk kebun teh

Masih kebun teh

Ademmm
Jalan menuju singgasana santai banget sih.. dikit-dikit foto, dan jalannya lumayan nanjak. Bikin capek. Haha. Sampai di singgasana sekitar jam 11. Setelah dicari-cari ternyata ga ada foto singgasana itu kayak apa sih. Hahaha udah pada kecapean dan kelaperan semua, jadinya udah lupa buat foto-foto :D Jadi ternyata singgasana itu apa ya? Bukit gitu itu teh? Haha pokoknya lahan kosong gitu lah, katanya biasanya dipake camping disitu. Disana lumayan buat makan siang ma shalat dhuhur :D
istirahat, ada kali 5x berenti :p

ini dia di singgasana. upss.. i'm caught take a selfie >,<

Udah sampe sini ga ke Tangkuban perahu? Kagok! Tinggal sejam lagi. Haha. Perjalanan ke Tangkuban Perahu tinggal lurus terus sih. kanan kiri hutan dan jalanan berbatu. Dannnnn sepanjang perjalanan ke sana hujaan dong! Hahhaa. Untung bawa jas hujan! Jadinya kita tetep jalan walaupun hujan, yaah tapi hati-hatinya jadi lebih ekstra karena jalanannya makin licin. Heuheu.

panjaang
Teteh Nisya udah cape banget, pengen digendong tapi jaim.
Pertama sampe, kabutnya tebeeeel banget asli. Sampe ga keliatan di mana kawahnya? Tapi ga lama kemudian kabutnya ilang daann.... Ini dia
Tangkuban Perahu
Hasek!

Alhamdulillah kabutnya berangsur-angsur hilang dan langit cerah lagi. Yeaaay!
Pardon our face :">
Sampe di atas ngapain sih? Foto, selfie-selfie. Hahaha. Kami ga lama-lama di atas soalnya bau belerangnya menyengat bangettt. Ga bawa masker. Dinginnya mana tahan pula. Hahaha. Yaudah deh.. sekitar 20 menitan di atas, kami turun lagi. Hehehe. Dan kali ini saya ga lupa untuk ngetrack jarak yang ditempuh (Tangkuban perahu-Pos Curug Layung) pake aplikasi lari saya: Nike+

9km aja dong ternyata. Hahaha. Pulang pergi kurang lebih 18km laah. Hahaha. Yang aneh adalah saya ga ngeluh sama sekali hari itu, justru jalan paling depan dan ngebut. Cape iya, tapi ga parah. Ga sesek napas, pusing, apalagi pengen pingsan. Haha. Temen-temen aja pada kaget, karena tiap ikut event lari, saya selalu paling belakang dan paling payah! :joy: Kenapa bisa gitu? Karena..... nanti diceritain di blogpost lain deh. Hahaha. Pokoknya saya senang sama diri saya sendiri hari itu, pencapaian bangettt! Yihaaa...

Kayaknya saya udah mulai ngerti kenapa orang-orang seneng ke gunung. Yang bener-bener ke gunung ya, bukan sekedar check-in doang :joy: Jalan-jalan ke alam kayak gitu bener-bener refreshing banget. Udara seger, no gadget, no signal. Ga ada satu orang pun yang sibuk sama smartphone nya masing-masing. Semua ngobrol, semua cerita. such a quality time gitu ya? Hahaha. Kebersamaan dan tolong menolongpun jalan disana. No modus yah! Hahahhaha. Yang paling penting, banyak yang bisa disyukurin dan diambil hikmahnya selama perjalanan, sekecil apa pun itu :)

Yahh begitulah, sekarang tinggal nikmatin pegel-pegelnya aja deh. Dan jangan lupa, bawa sampahmu turun kembali guys!
Tupperware dan sambel tidak termasuk sampah, fyi :P





- Ami, yang leyeh-leyeh seharian, tapi sekarang lagi panik karena ada tugas yang mesti dikumpulin besok -___-


Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

2 comments:

  1. Bawa sambel? =)))

    Kalau first impression ke Gunung masih fit gitu mah pasti bakal ketagihan, beda ceritanya kalau malah tepar, yang ada kapok, saya kayanya bakal jadi golongan orang kedua.

    View kawahnya asik bangetttt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawaaa hahahaha...

      ahh kamu mah suka meng-underestimate diri sendiri :p padahal kuat hahha...

      asik yaaaaaahhhhh! tapi cuma bentar nikmatinnya :)) bau bangetttt belerangnyaaa...

      Delete