Be A Part of History (KAA 2015)

19 April 2015
12:15

"Jadi relawan KAA yuk! Hari ini terakhir daftar, kumpul di balkot jam 3" - Dari seorang teman di sebuah grup Line. Ajakan dadakan. Dan saya belum pernah ikutan jadi relawan sebelumnya. Tapi akhirnya saya mutusin buat daftar. Momen 10 taun sekali bok!

Panik, 3 jam sebelum meet up, saya baru daftar sebagai relawan. Setelah chat panjang lebar tanya-tanya gimana cara daftarnya, akhirnya terdaftarlah saya sebagai relawan KAA 2015 untuk formasi Burma (Partisipan Acara). Saya mengajak 2 orang teman saya untuk ikutan juga, tapi ternyata hari itu mereka berdua nggak bisa dateng. 

Sampailah saya di Balai Kota Bandung jam 15:00 ditemenin kang Imam, kebetulan dia ga bisa ikutan jadi relawan, jadi cuma nganter doang. Sedangkan teman saya yang mengajak untuk ikutan juga ternyata beda formasi sama saya, dia milih formasi Pakistan (Kebersihan). Jadilah saya sendirian. Bingung? Iyalah. Gatau mesti kemana dan ngapain, ga ada yang kenal sama sekali, dan manusia di sana banyaaaaaak banget. Saya ga tau formasi Burma kumpul di mana pula. Haha. 
bentukan saya waktu sendirian nyari kelompok :(

Di sana, kita disuruh bikin kelompok yang satu kelompoknya berisi 6 orang. Huft :( The power of SKSD, gabung-gabunglah sama geng cewe berempat. Jumlah kita jadi berlima. Kurang 1 orang lagi, susah banget nyari orang yang sendirian kayak saya. Saya juga ngerasa ga cocok sama mereka karena mereka rempong sendiri, malesin deh. Yaudah akhirnya saya keluar deh, ketemu sama 5 orang yang masih kurang 1 anggota lagi. Daaan.... bergabunglah saya dengan mereka. Orang-orang yang akhirnya jadi teman dan keluarga baru saya :'). Angga, Irfan, Wia, Annisa dan Winda. 

Ternyata, jadi relawan KAA ini lumayan riweuh juga awalnya, karena blah bloh masih ga ngerti alurnya meren ya. hahaha. Jadi tingkatan di dalam relawan ini ada banyak. Ada yang namanya Prabu, Patih, Senopati, Tumenggung dan yang paling bontot adalah Punggawa. Setiap prabu mengepalai  beberapa patih, setiap patih mengepalai beberapa senopati, setiap senopati mengepalai beberapa tumenggung, nah tumenggung ini adalah ketua dari kelompok kecil yang berisi 6 punggawa. Lieur ga? Saya mah lieur pisan awalnya, udah kayak sistem MLM aja, nanaonan ieeu teh. Haha. Supaya semua informasinya rata, semua informasi harus beruntun dari prabu - patih - senopati - tumenggung. 1 senopati punya 6 tumenggung. 1 tumenggung punya 6 punggawa. jadi 1 senopati berisi  orang tumenggung dan 36 punggawa. Gitulah pokoknya. hahahha.

Setiap kelompok senopati punya grup line/whatsapp untuk menyebarkan informasi. Dan harus seperti itu. Karena jobdesk setiap senopati bisa berbeda setiap harinya. Awal-awal emang sempet miss komunikasi karena kelompok lain kok udah dapet jobdesk, sedangkan kita belum. Tapi ternyata emang gitu. Kenapa? Yaa secara anggota formasi Burma adalah yang terbanyak, sekitar 3000an orang yang terdaftar kalo ga salah, ga mungkin semua anggotanya diturunin dalam 1 acara. Jadi semuanya gantian. Gitu. Saya sendiri akhirnya kemana-mana bareng Adam, walaupun kita beda kelompok sih, tapi berhubung sekantor, yaudah bareng terus deh :))

Event pertama yang kelompok saya hadiri adalah acara Harmoni Angklung for the World. Di sana kumpul untuk flashmob. tapi berhubung saya ikutan jadi tim relawan Angklung for the World, saya ga gabung sama mereka. Huhuhu sedih. Mereka juga bantu panitia untuk ngitung 20.000 ribu orang peserta Angklung for the World untuk mecahin rekor Guinness World Records. Kebayang ga siiih 400 relawan ngitung 20.000 pemain angklung. Hahahaha. Salut sama mereka lah.. (Sedih banget ga ikutan sama mereka karena harus standby di tengah lapangan sampe muka gosong :p)

20.000 orang, rapi kan? Hasil karya anak Burma nih :))

Event yang paling ga terlupakan adalah saat AAC 2015. Semua relawan turun untuk acara itu. Lebih dari 3000 relawan di jalanan dengan kostum yang berbeda-beda. Haha. Kebetulan dress code untuk Burma adalah putih. Di situ kebersamaan sesama relawan kerasa banget. Kita bikin brikade biar warga gak nyebrang jalan yang udah di steril-in untuk jalur parade. Pertama kali juga dimarahin bapak-bapak gara-gara dianggap ngehalangin pandangan mereka. Yaa maap sih Pak :(


Berhubung saya ga sempet foto-foto waktu bertugas, terlalu nurut buat jaga barisan brikade nih ah jadi gada foto-fotonya. Hahaha. Ada juga pas udah selesai acara. Semua tim Burma kumpul di Bank Mandiri Asia Afrika. Daaan disanalah foto-fotonya:
Burma!

Selfie, connecting people. Saya ga kenal orang-orang disini. And... Where am I? :))

Senopati Abraham :P
Event terakhir adalah Festival of Nation. Acaranya mulainya sore, tim Burma biasaaa.. ngeramein acara. Dari mulai parade ngerepresentasiin tiap negara Asia Afrika, sampe bikin flashmob. Saya ma Adam udah latian sebelumnya di kantor. Haha pokoknya kita excited bangetlah. Apalagi si Adam, heboh banget sendirian di depan panggung -___-.
Ha Ha Ha Ha
Etss.. Tapi ternyata FON bukan acara terakhir kami! Masih ada acara pembubaran formasi relawan, yang dilaksanain tanggal 3 Mei 2015 kemarin. Acaranya yaaa pembagian sertifikat. Hhiy!

sama si adek bungsu :')

Yeeaay luluusss! Hahaha
Minggu-minggu hectic akhirnya selesaai.. Capek, panas, muka belang, tapi seneng banget! Seneng banget gabung sama tim Burma, kenal sama orang-orang baru. Secara ini pengalaman pertama saya jadi relawan. Sebelumnya saya males ikut-ikutan kayak gini soalnya ga ada temen dan males aja riweuh-riweuh daftarnya. Eh... tapi ternyata kali ini saya sukses bawa diri saya sendiri masuk ke dalam lingkungan baru yang bener-bener belum pernah saya masuki. Ketemu dan berteman sama orang-orang baru tanpa ada satu orang pun yang saya kenal sebelumnya. Saya bangga sama diri saya sendiri, buat nekat ikutan jadi relawan KAA ke 60 ini. Yang konon katanya perayaan besar-besarannya cuma diadain 10 tahun sekali, yang artinya 10 taun kedepan umur saya 32 tahun, (kalo masih ada umurnya), saya udah punya anak kali. Kapan lagi ikutan acara kayak ginian, kan? Hahaha.

Acara KAA udah selesai. Tapi, sampai hari ini, grup Line saya masih ramai. Masih ngobrol sana sini. Saya ga nyangka dalam waktu seminggu kami bisa jadi tim yang kompak, setiap event selalu hadir semua, ga ada yang apatis dan saling komunikasi. Keren banget! Selain dapet pengalaman baru, saya juga dapet temen-temen baru, yang alhamdulillah nyambung sama saya. Hahaha semoga silaturahminya tetep terjaga.. Seneng bangettt bisa gabung dalam tim ini dan bagian dari sejarah KAA ke 60 yang sukses besar ini. Gak nyeseeelll.....

Bandung emang kota yang keren banget. Bisa ngumpulin relawan ribuan orang dalam waktu sekejap. Bikin sebuah keluarga besar baru. Semua anggotanya dengan senang hati menyukseskan rangkaian acara KAA dan malah "maksa" buat dapet job. Hahahaha. Sebagai orang Cimahi yang sehari-harinya beraktivitas di Bandung, saya juga cintaaaa Bandung banget. Pengennya mah pindah KTP jadi orang Bandung, tapi berhubung harga rumah di Bandung mahal bingits, yaudah deh,, gapapah. Yang penting ga nyusahin Bandung, syukur-syukur bisa ikut berkontribusi menjuarakan Bandung Juara :)

Menjadi bagian dari suatu acara spesial, bikin diri kita ngerasa spesial juga, iya ga sih?
sebagian kecil anak-anak BURMA


Hutami Widyastuti

Panggil saja saya AMI, 22 tahun, mahasiswa kelas karyawan yang sehari-hari main di kantor IT paling kece seBandung, seneng banget diajak makan dan jalan-jalan, apalagi kalau gratis.

7 comments:

  1. Ahh bakal kangen bangef itu mah... :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakal kangeen windaaaa :')

      ntar harus rajin kumpul-kumpul yaa winn... jangan pada lupaa hehehehe

      Delete
  2. Iiiiih udah punya foto yang barengan itu laaah...

    Seneng lah liat kelompok senopati kalian bisa kumpul dan pada deket, kelompok kecil saya aja apa kabar sampe sekarang :')

    "Apalagi si Adam, heboh banget sendirian di depan panggung -___-." HAHAHAHAHAHA =)))

    Teh btw kayanya yang paling bontot itu si Ihza deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, belum punya emang kamu? Ga minta sih..

      Seneng dong. kan kamu juga jadi part of us pada akhirnya :p

      Emang heboh banget kan? -__-" sampe ga inget aku kemana kayaknya.

      Ihza beda tumenggung. hahahaha

      Delete
    2. Nanti minta yaaaa, Teh Ami dapet yang Hi-Res ga?

      Modal nebeng, jadi kenal sama temen-temen baru :')

      Delete
    3. belum dapet, itu cuma dari FB. makanya jelek.. mau nunggu yg udah bagus apa yg ada aja foto2nya?

      emmm kitu? ahaha

      Delete
    4. Mau yang resolusinya bagus ah, nunggu ajah.

      Iyaaah nebeng kelompok kecil, sama minjem senopatinya.

      Delete