Tuesday, October 13, 2015

Ekspektasi Berlebihan Merusak Kebahagiaan

Baca dimana ya, di hipwee deh kayaknya. Aaah.. ini dia artikelnya: 

http://www.hipwee.com/hubungan/jangan-bebani-pacar-dengan-ekspektasi-berlebihan-itu-hanya-akan-merusak-hubungan/

Waktu baca, rasanya "dheg!" :D
Iya, saya orangnya emang rada perfectsionist. Dari perfectsionist, saya selalu ngebayangin sesuatu yang sempurna di pikiran saya, dengan cara saya. Yang berakhir dengan ekspektasi berlebih dan egois. Iya, saya selalu mau sesuatu yang udah saya harapkan sesuai dengan apa yang saya bayangkan, tanpa peduli apa pendapat orang lain, atau cara orang lain. 

Hasilnya apa? Seringnya berantakan. Ya jelas aja, karena saya hidup ga sendirian, situasi dan kondisi ga bisa saya kendalikan. Kalo ada faktor lain yang mengubah ekspektasi saya? Saya bisa apa? Marah seringnya, kesel sendiri. Itu berhubungan sama tujuan-tujuan sendiri. Sama orang lain?

Orang banyak ngehayal dan berkespektasi ini 'sialnya' dipasangkan sama orang yang kalem, tiis dan gak peka luar biasa. Udah kebayang dong yaaa gimana hasilnya. Hahahaha. Jadinya saya yang 'terlihat' dominan, karena segalanya harus seperti yang saya mau. Dannn yaaa, seperti yang udah bisa dibayangkan, saya lebih banyak kecewa karena hasil ekspektasi saya sendiri.

Saya kecewa, kesel, marah, dan akhirnya banyak nuntut ini itu supaya ekspektasi saya terealisasi. Terealisasi engga, berantem iya. Sering terjadi saya marah karena dia ga melakukan hal yang saya inginkan. Jawabannya "Aku mau ngelakuin itu, tapi keduluan sama kamu. jadinya kamu marah". Udah ekspektasinya berlebihan, egois, ga sabaran pula. Serem banget ya? Emang serem banget kalo diinget-inget lagi. Saya seakan ga pernah puas sama apa yang dia lakukan. Saya ga pernah ngerasa bahagia. Saya selalu ngerasa kurang. Yas! Saya terjebak dengan ekspektasi saya sendiri. Bertahun-tahun. Ngeri.


Ekspektasi berlebihan membuat manusia jadi kurang bersyukur, karena pikirannya tertutup sama harapan-harapannya sendiri. Ga mau terbuka sama kejutan-kejutan kecil yang dateng di luar ekspektasinya. Akhirnya jadi ga bahagia sendiri.

Sampai suatu hari saya lupa kapan, pokoknya kayaknya saya tiba-tiba ga banyak ekspektasi aja. Saya ikhlasin aja deh dikasih pasangan yang cuek juga. Saya alihkan pikiran saya ke yang lain, kerjaan, nonton drama korea, dll. Supaya saya ga terlalu fokus sama ekspektasi-ekspektasi saya yang suka tiba-tiba meliar. Hahaha.

Hasilnya? Saya lebih tenang, saya lebih ngerasa bersyukur sama setiap yang saya dapet, sekecil apapun. Karena saat saya  pasrah dan ikhlas, justru disitulah saya ngerasa dapet kejutan yang bahkan ga pernah saya harapkan sama sekali. Banyak hal-hal yang ternyata orang lain berusaha bikin saya seneng tanpa saya harapkan, walaupun dengan hal-hal kecil.  Alhamdulillah...Tinggal lihat dari sudut lain, cari kebahagiaan dari sisi lain, ubah persepsinya. :)


Keep this mood yaa Allah.. saya udah capek kecewa karena keserakahan saya. Saya udah seneng kayak gini.. Semoga jadi manusia yang terus berusaha berubah jadi lebih baikk.... Aamiin..

Always hope, but never expect! Haaaaaaaaaaa....... 


1 comment: